Analisis Penggunaan Sistem Laboratorium SIMLAB Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)
Keywords:
Technology Acceptance Model (TAM), PTIK, Penggunaan MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan mahasiswa PTIK FT UNM dalam Penggunaan Sistem Laboratarium di JTIK FT UNM dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang berfokus pada penggunaan pengguna yang mencangkup 5 aspek diantaranya: usefulness, ease of use, behavioral intention to use, Actual system us, dan Security. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 65 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar angkatan 2019, dan 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan teknik uji kecenderungan untuk mendeskripsikan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan mahasiswa PTIK FT UNM dari aspek kemanfaatan (usefulness) dalam pemanfaatan Sistem Laboratorium di jurusan TIK FT UNM berada pada kategori cukup puas dengan persentase sebesar 52.31%, penggunaan mahasiswa terhadap Sistem Laboratorium jurusan TIK FT UNM dari aspek Kemudahan (Ease Of Use) dalam pemanfaatan Sistem Laboratorium jurusan TIK FT UNM berada pada kategori puas dengan persentase sebesar 47.69%, penggunaan mahasiswa PTIK FT UNM dari aspek Minat Prilaku Pengguna (Behavioral Intention to Use) dalam pemanfaatan Sistem Laboratorium jurusan TIK FT UNM berada pada kategori cukup puas dengan persentase sebesar 41.54%, penggunaan mahasiswa PTIK FT UNM dari aspek Pengguna Nyata dari Sistem (Actual System Use) dalam pemanfaatan aplikasi jurusan TIK FT UNM berada pada kategori puas dengan persentase sebesar 69.23%, dan penggunaan mahasiswa PTIK FT UNM dari aspek Keamanan (Security) dalam pemanfaatan Sistem Laboratorium jurusan TIK FT UNM berada pada kategori cukup puas dengan persentase sebesar 49.23%.
Abstract views: 47
,
PDF downloads: 51
Downloads
References
Alsaffar, R., Alfayly, A., & Ali, N. (2022). Extended Technology Acceptance Model for Multimedia-Based Learning in Higher Education. International Journal of Information and Education Technology. https://doi.org/10.18178/ijiet.2022.12.12.1754
Alnagrat, A. J. A., Ahmed, K. M. S., Alkhallas, M. I., Almakhzoom, O. A., Idrus, S. Z., & Che Ismail, R. (2023). Virtual laboratory learning experience in engineering: An extended technology acceptance model (TAM). 2023 IEEE 3rd International Maghreb Meeting of the Conference on Sciences and Techniques of Automatic Control and Computer Engineering (MI-STA), 474-479. https://doi.org/10.1109/MI-STA57575.2023.10169123
Granić, A., & Marangunic, N. (2019). Technology acceptance model in educational context: A systematic literature review. Br. J. Educ. Technol., 50(6), 2572-2593. https://doi.org/10.1111/BJET.12864
Kemp, A., Palmer, E., Strelan, P., & Thompson, H. (2024). Testing a novel extended educational technology acceptance model using student attitudes towards virtual classrooms. Br. J. Educ. Technol., 55, 2110-2131. https://doi.org/10.1111/bjet.13440
Modeong, M., & Palilingan, V. R. (2018). Utilization of multimedia laboratory: An acceptance analysis using TAM. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306, 012082. https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012082
Rhee, S., & Im, S. (2018). Analysis on Pre-Service Physics Teachers' Acceptance of a Microcomputer-Based Laboratory (MBL) Based on the Technology Acceptance Model. 68, 217-224. https://doi.org/10.3938/npsm.68.217
Surendran, P. (2012). Technology Acceptance Model: A Survey of Literature. International Journal of Business and Social Research, 2(4), 175-178. https://doi.org/10.18533/IJBSR.V2I4.161
Yanto, D. T. P., Sukardi, S., Kabatiah, M., Zaswita, H., & Candra, O. (2023). Analysis of factors affecting vocational students' intentions to use a virtual laboratory based on the technology acceptance model. Int. J. Interact. Mob. Technol., 17(12), 94-111. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i12.38627
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akhsan Mahmudi, Alimuddin Sa'ban Miru, Irwansyah Suwahyu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email: fajarb@diginus.id