Pelatihan Praktikum Digital untuk Employbilty Skill Siswa SMK

Authors

  • Amiruddin Amiruddin
  • Fiskia Rera Baharuddin
  • Muhammad Hasim
  • Rafsanjani Supardi Universitas Negeri Makassar
  • Wirawan Setialaksana

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v3i1.608

Keywords:

Employability skills, Pembelajaran digital, Pendidikan vokasi

Abstract

Pendidikan kejuruan memiliki peran strategis dalam menyiapkan lulusan yang tidak hanya menguasai keterampilan teknis, tetapi juga memiliki employability skills yang relevan dengan dunia kerja modern. Kegiatan ini membahas pelaksanaan program inovasi pembelajaran berbasis media digital di SMKN 10 Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan employability skills siswa. Program ini dilaksanakan dalam lima tahap: identifikasi kebutuhan pembelajaran, pengembangan media dan prosedur praktikum digital, pelatihan guru dan siswa, implementasi pembelajaran, serta evaluasi untuk menilai peningkatan employability skills.Hasil pelaksanaan program menunjukkan bahwa penggunaan media digital dalam praktikum dapat memperkuat pemahaman teknis sekaligus mengembangkan keterampilan penting seperti komunikasi, kerja tim, inisiatif, kedisiplinan, dan pemecahan masalah. Program ini juga berdampak positif terhadap kapasitas guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif serta meningkatkan motivasi dan kemandirian siswa. Temuan ini mendukung pembelajaran digital praktikum sebagai pendekatan yang relevan dan efektif untuk pendidikan vokasi di era industri 4.0 dan society 5.0. Artikel ini merekomendasikan penguatan infrastruktur digital, peningkatan kompetensi guru, dan replikasi model serupa di SMK lain untuk mempercepat transformasi pendidikan kejuruan yang adaptif dan berkelanjutan.

Abstract views: 150 , PDF downloads: 109

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ginusti, G. N, 2023, The implementation of digital technology in online Project-based Learning during pandemic: EFL students’ perspectives. J-SHMIC: Journal of English for Academic, 10(1), 13-25.

Hartanto, C. F. B., Rusdarti, R., & Abdurrahman, A, 2019, Tantangan pendidikan vokasi di era revolusi industri 4.0 dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 163-171).

Jatmiko, A., & Gunadi, G, 2023, Competency of science vocational teachers in the industrial revolution 4.0 era. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11592-11602.

Nhleko, Y., & Van der Westhuizen, T, 2021, Curriculum alignment: The perspectives of university students on the impact of Industry 4.0 on entrepreneurship education within higher education. In European Conference on innovation and entrepreneurship (pp. 642-XXX), Academic Conferences International Limited.

Prabowo, S. Y., Susuila, I. W., Muhaji, M., Rijanto, T., Munoto, M., & Nurlaela, L, 2020, Student readiness vocational high school toward industrial revolution 4.0, International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(3).

Pratomo, I. W. P., & Wahanisa, R, 2021, Pemanfaatan teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes masa pandemi covid-19: Utilization of learning Management System (LMS) technology at Unnes during the covid-19 pandemic. In Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang (Vol. 7, No. 2, pp. 547-560).

Sudyana, D. K., & Surawati, N. M., 2021,. Analisis penerapan literasi digital dalam menciptakan kemandirian belajar siswa hindu di masa pandemi covid 19. Widyanatya, 3(1), 1-6.

Downloads

Published

2025-02-22

How to Cite

Amiruddin, A., Baharuddin, F. R., Muhammad Hasim, Supardi, R., & Wirawan Setialaksana. (2025). Pelatihan Praktikum Digital untuk Employbilty Skill Siswa SMK. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v3i1.608