Pengembangan Metode Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa New Normal
DOI:
https://doi.org/10.61255/itej.v1i1.43Keywords:
Pembelajaran Campuran, Alternatif, Normal BaruAbstract
World Health Organization (WHO) resmi menetapkan penyakit novel corona virus dengan sebutan Corona virus Disease (COVID-19). Wabah virus corona juga sudah masuk ke Indonesia pada awal maret 2020. Virus corona masih terus menyebar di Indonesia hingga saat ini tercatat 132.816 kasus terkonfirmasi positif diantaranya 5.968 meninggal. Pandemi COVID-19 mempengaruhi berbagai bidang kehidupan termasuk pendidikan. Blended Learning merupakan solusi pembelajaran diera digital karena akan meningkatkan keterampilan soft skill bagi siswa/mahasiswa. Media yang digunakan pada model blended learning ini adalah media elektronik (e-learning). Salah satu jenis penerapan dari pembelajaran elektronik (e-learning) adalah pembelajaran berbasis web yang bisa diakses melalui jaringan internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pengembangan metode Blended Learning sebagai alternatif pembelajaran di Universitas Negeri Makassar di Masa New Normal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Universitas Negeri Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dengan jumlah responden 106 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning berjalan “Baik”.


Downloads
References
Andika Isma, Syarif, A. A., Nur Ananda, A. F., Halfis, R. H., Muh. Juharman, & M. Miftach Fakhri. (2023). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 11–16. Retrieved from https://journal.diginus.id/index.php/JUPITER/article/view/5.
Baso, F., Safanah, N. A., Faruq, A. F., Ansya, A., & AM, A. M. (2023). Evaluasi Sistem Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model UTAUT Pada Universitas Negeri Makassar. JUPITER: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 36-45. Retrieved from https://journal.diginus.id/index.php/JUPITER/article/view/4
Bahar, M. M., Nurwahid, M. S., Putra, S. A., Parenreng, J. M., Wahid, A., & Irmawati, I. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Berbasis Web Pada Universitas Negeri Makassar. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 2(1), 1-6.
Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1
Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.
Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.
Irwansyah Suwahyu, Rasid, N. F., Muttaqia, Gobel, Y. A. H., & Adistia, A. Z. (2023). Blended Learning Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 1–10. Retrieved from https://journal.diginus.id/index.php/JUPITER/article/view/9
Iyus Jayusman, O. A. (2020). STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Artefak.
Maulida, U. (2020). Konsep Blended Learning Berbasis Edmodo Di Era New Normal. Dirasah, 121-136.
Pamungkas, I. A. (2020). BLENDED LEARNING SEBAGAI PEMBELAJARAN ALTERNATIF DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19. 1-7.
Purnama, M. N. (2020). Blended Learning Sebagai Sarana Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Era New Normal. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 106-121.
Rohana, S. S. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. At-Ta'Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 48.
Tabbu, M. A., Hasriyanti, Mukhtar, N. A., Sulaiman, M. N., & Rosidah. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Blended Learning Berbasis LMS Moodle. JUPITER: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 78-86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ansarullah S. Tabbu, Ahmad Miftahurrahman Anwar, Kristian Unga, Rahmadani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.