Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Pemrograman di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Authors

  • Reka Anggraini Universitas Negeri Makassar
  • Satria Gunawan Zain Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Mukhlisah Abdal Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Motivasi Belajar Pemrograman , Mixed Method, Analisis Faktor, Triangulasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pemrograman di jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan desain Sequential Explanatory. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 645 mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer angkatan 2019 dan 2020. Sampel dalam penelitian kuantitatif berjumlah 87 orang, sedangkan subjek dalam penelitian kualitatif terdiri dari 5 orang yang masing-masing memiliki keahlian di bidang pemrograman. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan teknik analisis faktor. Sedangkan  analisis data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk meningkatkan validitas hasil. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat 7 variabel yang dikelompokkan menjadi dua faktor utama. Faktor pertama adalah faktor intrinsik atau faktor ambisi personal dengan persentase pengaruh sebesar 59,244%, yang meliputi variabel hasrat dan keinginan untuk berhasil, harapan dan cita-cita masa depan, relevansi pembelajaran dengan kebutuhan, serta keyakinan terhadap kemampuan diri. Faktor kedua adalah faktor ekstrinsik atau faktor daya tarik pembelajaran dengan persentase pengaruh sebesar 16,766%, yang meliputi variabel penghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam belajar, dan lingkungan belajar yang kondusif. Hasil kuantitatif ini didukung oleh data kualitatif yang menyatakan bahwa semua faktor tersebut mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa kuliah pemrograman di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Triangulasi sumber dan teknik dalam analisis kualitatif memastikan bahwa temuan ini memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi.

Abstract views: 248 , PDF downloads: 245

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atma, Bagas, Adi, Fatun Fatimah Azahra, & Ali Mustadi. 2021. “Teaching style, learning motivation, and learning achievement: do they have significant and positive relationships?” Jurnal prima edukasia 9(1).

Cudney, Elizabeth a., & Julie M. Ezzell. 2017. “Evaluating the impact of teaching methods on student motivation.” Journal of stem education innovation and research 18(1): 32–50.

Darmadi. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Widiarti, Endah. 2018. “Pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X ilmu-ilmu sosial di SMA Negeri 2 Banguntapan.” Jurnal pendidikan ekonomi 7(4), 298-

Wijaya, Gilar Tyas Sandi. 2020. “Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai kantor imigrasi kelas I TPI Yogyakarta.” Journal of administration and international development 1(1): 67–80.

Williams, Kaylene C., & Caroline C. Williams. 2011. “Five key ingredients for improving student motivation.” Research in higher education journal 11: 1–23.

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Anggraini, R., Gunawan Zain, S., & Mukhlisah Abdal, N. (2024). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Pemrograman di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Innovation, Quality Education, and Profesional Teach Journal, 1(1), 1–9. Retrieved from https://journal.diginus.id/Inquire/article/view/507