Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Pengantar Teknologi Informasi

Authors

  • Fitrah Amaliyah Ramadhani Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
  • Sanatang Sanatang Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
  • Dwi Rezky Anandari Sulaiman Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Abstract

Jurusan TIK Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Mariso telah menerapkan penggunaan Macromedia Flash untuk membuat media pembelajaran interaktif pada mata kuliah Pengenalan Teknologi Informasi. Bahan ajar ini telah dirancang dengan kriteria valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), khususnya dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Selain itu, modul dibuat dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi langsung, wawancara terstruktur, angket yang dirancang dengan cermat, dan pemeriksaan dokumen terkait secara menyeluruh. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari pakar materi, pakar media, pakar instrumen, dan 24 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Mariso. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi yang diberikan oleh pakar media dan pakar materi untuk menilai kelayakan media pembelajaran, serta survei responden siswa untuk mengevaluasi kepraktisan media pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini layak untuk dilakukan. Hasil tersebut diperoleh dari proses validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu, media pembelajaran Macromedia Flash 8 mendapat tanggapan sangat baik dari responden, yaitu dikategorikan sangat praktis.

Abstract views: 11 , PDF downloads: 5

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Hasan, Milawati, Darodjat, H. Khairani, and T. Tahrim, Media Pembelajaran. 2021.

Nurrita, “Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa,” Misykat, vol. 03, pp. 171–187, 2018.

P. K. P. Singh and H. Hashim, “Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners,” Creat. Educ., vol. 11, no. 03, pp. 262–274, 2020, doi: 10.4236/ce.2020.113020.

M. S. M. Rahmi, M. A. Budiman, and A. Widyaningrum, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku,” Int. J. Elem. Educ., vol. 3, no. 2, p. 178, 2019, doi: 10.23887/ijee.v3i2.18524.

M. I. Fakhri, S. Bektiarso, and ) Supeno, “Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, dan Tumbukan Kelas X SMA,” J. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 3, pp. 271–277, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/8599

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Amaliyah Ramadhani, F., Sanatang, S., & Rezky Anandari Sulaiman, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Pengantar Teknologi Informasi. Innovation, Quality Education, and Profesional Teach Journal, 1(1), 10–15. Retrieved from https://journal.diginus.id/Inquire/article/view/510