Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa: Literatur Review

Authors

  • Ayu Lestari Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar
  • Putri Nanda Sari Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Project Based Learning, Prestasi Belajar

Abstract

Project based learning merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang berokus pada peserta didik (student center). Project based learning diklaim dapat meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan kreatifitas,  meningkatkan sikap ilmiah, dan meningkatkan kemampuan belajar kooperatif serta kolaboratif.  Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah narrative literatur review, yakni review yang dilakukan oleh penulis secara komprehensif terhadap suatu topik dengan cara mencari artikel yang relevan dengan topik efektifitas project based learning dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Studi literatur dilakukan pada artikel yang telah terpublish pada jurnal nasional, jurnal nasional terindeks sinta,  jurnal internasional terindeks pada basis data internasional seperti google scholar, taylor and francis, jurnal internasional bereputasi scopus, teindeks IEEE Explore, dan SPIE dengan durasi sejak di publikasikan 12 tahun terakhir. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan dengan narative literatur review, terdapat peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Adapun kesamaan kendala yang dialami dalam penerapan PjBL relatif sama yaitu pemilihan topik proyek yang tepat, manajemen waktu, dan pendampingan dari dosen secara profesional. Terlepas dari kendala tersebut, artikel hasil review dapat ditarik kesimpulan bahwa project based learning merupakan model pembelajaran yang efektif digunakan dalam upaya meningkatkan prestasi mahasiswa.

Abstract views: 56 , PDF downloads: 36

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldabbus, Shaban. 2018. “Project-Based Learning: Implementation & Challenges.” International Journal of Education, Learning and Development 6(3):71–79.

Alfarisi, Muhammad Fahmi. 2019. “Pengaruh Karakter Serta Keprofesionalan Dosen Dalam Proses Perkuliahan Guna Menjadikan Mahasiswa Yang Cerdas Dan Kritis.” ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA 2(2):97–103.

Almulla, Mohammed Abdullatif. 2020. “The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning.” Sage Open 10(3):2158244020938702.

Asni, Enkarmila, and M. Yulis Hamidy. 2017. “Manfaat Dan Hambatan Problem-Based Learning (PBL) Menurut Perspektif Mahasiswa Baru Di Fakultas Kedokteran Universitas Riau.” Jurnal Ilmu Kedokteran (Journal of Medical Science) 4(2):95–101.

Bell, Stephanie. 2010. “Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future.” The Clearing House 83(2):39–43.

Dewi, Ratna. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Cakrawala Pedagogik 4(1):112–20.

Farida, Anisatul, and Siti Suprihatiningsih. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Metode Numerik.” Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah 20(1):1–7.

Febianti, Yopi Nisa. 2018. “Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward and Punishment Yang Positif.” Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 6(2):93–102.

Gary, Kevin. 2015. “Project-Based Learning.” Computer 48(9):98–100.

Hartono, Deni Puji, and Siti Asiyah. 2019. “PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran PJBL Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Heo, Saem. 2022. “Teacher Scaffolding and Immersion Language Learning of Refugee-Background Students in an Elementary Immersion Classroom.” Linguistics and Education 101055.

Jusita, Martina Lona. 2019. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 4(2):90–95.

Khan, Shana Sanam. 2020. “A Narrative Literature Review of the Identity Negotiation of Bilingual Students Who Are Labelled ESL.” Interchange 51(4):361–83.

Kokotsaki, Dimitra, Victoria Menzies, and Andy Wiggins. 2016. “Project-Based Learning: A Review of the Literature.” Improving Schools 19(3):267–77.

Nasution, Torkis, Ambiyar Ambiyar, and Wakhinuddin Wakhinuddin. 2022. “Model Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Perguruan Tinggi.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 20(1):152–65.

Rais, Muh. 2010. “Model Project Based-Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 43(3).

Roessingh, Hetty, and Wendy Chambers. 2011. “Project-Based Learning and Pedagogy in Teacher Preparation: Staking out the Theoretical Mid-Ground.” International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 23(1):60–71.

Sholihah, Fatihatun Nikmatus, and Novia Ayu Pertiwi. 2019. “Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Dasar-Dasar Sains.” Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan 4(02):68–74.

Susanta, Agus, and Edi Susanto. 2020. “Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Jurnal Theorems 5(1):61–68.

Widana, I. Nengah Suka, and Ni Nyoman Parmithi. 2022. “Resetting Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” Pp. 76–88 in SEMBIO: Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi. Vol. 1.

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Lestari, A., & Nanda Sari, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa: Literatur Review . Innovation, Quality Education, and Profesional Teach Journal, 1(1), 16–22. Retrieved from https://journal.diginus.id/Inquire/article/view/511