Aplikasi E-Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMKN 2 Makassar pada Mata pelajaran Informatika

Authors

  • Angriani Nur Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan
  • Syamsurijal Syamsurijal Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan
  • Alimuddin Sa’ban Miru Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan

Keywords:

E-Learning, Moodle, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Informatika dengan penggunaan media pembelajaran berbasis moodle pada kelas X TKJ 1 di SMKN 2 Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 sebanyak 35 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang setiap siklus dalam penelitian meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur penguasaan materi, panduan observasi dan skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar Informatika. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi e-learning berbasis moodle dapat meningkatkan motivasi belajar Informatika. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Informatika saat kondisi awal termasuk dalam kategori sedang dan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis moodle pada siklus I rata-rata skor motivasi belajar Informatika meningkat mencapai kategori tinggi. Setelah dilakukan perbaikan disetiap indikator pada setiap langkah dalam pembelajaran penggunaan media pembelajaran berbasis moodle rata-rata skor motivasi belajar Informatika pada siklus II kembali mengalami peningkatan sehingga mencapai kategori sangat tinggi. Serta hasil tes penguasaan materi Informatika dalam kondisi awal termasuk dalam kategori kurang setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil tes penguasaan materi meningkat sehingga mencapai kategori baik sekali. Perbaikan oleh guru dilakukan pada tahap selanjutnya untuk meningkatkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa sehingga hasil tes penguasaan materi siklus II mencapai kategori baik sekali.

Abstract views: 12 , PDF downloads: 14

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–14.

Septy Nurfadhillah, M. P. A. P. G. S. D. U. M. T. T. (2021). Media Pembelajaran, Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Nur, A., Syamsurijal, S., & Sa’ban Miru, A. (2024). Aplikasi E-Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMKN 2 Makassar pada Mata pelajaran Informatika. Innovation, Quality Education, and Profesional Teach Journal, 1(1), 30–40. Retrieved from https://journal.diginus.id/Inquire/article/view/512