Analisis Dampak Literasi Artificial Intelligence terhadap Perubahan Norma Dan Etika Akademik Mahasiswa

Authors

  • Haris Haris Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ridha Darwis Universitas Negeri Makassar
  • Arsyanda Universitas Negeri Makassar
  • M. Rahmat Wahyudi JY Universitas Negeri Makassar
  • M. Ilham Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i1.200

Keywords:

Akademik Mahasiswa, Era Digital, Etika Akademik, Kecerdasan Buatan, Literasi AI

Abstract

Dalam era digital yang berkembang pesat, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi unsur kunci dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam lingkungan akademik. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana literasi AI mempengaruhi norma dan etika akademik mahasiswa, khususnya di Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak pengetahuan AI pada norma sosial, etika, dan perilaku akademik mahasiswa. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan pendekatan desain longitudinal sectional, menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari 74 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan literasi AI berkorelasi dengan perubahan signifikan dalam norma dan etika akademik, menekankan pentingnya pemahaman AI yang komprehensif dalam konteks akademis. Penelitian ini menyajikan perspektif baru mengenai pentingnya literasi AI dalam membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk menghadapi berbagai tantangan dan memanfaatkan peluang di zaman teknologi yang dinamis.

Abstract views: 4766 , PDF downloads: 5051

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Minaswati, “ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan,” Pros. Semin. Nas. Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, vol. 42, no. 4, pp. 192–199, 2023, [Online]. Available: https://badanpenerbit.org/index.php/MATEANDRAU/article/view/221

D. Manongga, U. Rahardja, I. Sembiring, N. Lutfiani, and A. B. Yadila, “Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan,” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 3, no. 2, pp. 41–55, 2022, doi: 10.34306/abdi.v3i2.792.

Nurlailah, “Analisis Literasi Digital Dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Berbasisi Web,” Res. Dev. J. Educ., vol. 8, no. 1, p. 210, 2022.

S. M. Soraya, Kurjono, and I. Muhammad, “Analisis Bibliometrik: Penelitian Literasi Digital dan Hasil Belajar pada Database Scopus (2009-2023),” EDUKASIA J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 387–398, 2023.

Supangat, M. Z. bin Saringat, and R. Koesdijarto, “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa,” Konf. Nas. Ilmu Komput., pp. 270–279, 2021, [Online]. Available: https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/64

N. U. Kasmayanti, V. Setyaningrum, and D. S. Atmaja, “Pengembangan Bahan Ajar Chatbot Berbasis Artifical Intelligence pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 294–307, 2023, doi: 10.31004/edukatif.v5i1.4694.

E. Nurjanah, A. Rusmana, and A. Yanto, “Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources,” Lentera Pustaka J. Kaji. Ilmu Perpustakaan, Inf. dan Kearsipan, vol. 3, no. 2, p. 117, 2017, doi: 10.14710/lenpust.v3i2.16737.

E. N. Sihombing and M. Y. Adi Syaputra, “Implementasi Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembentukan Peraturan Daerah,” J. Ilm. Kebijak. Huk., vol. 14, no. 3, p. 419, 2020, doi: 10.30641/kebijakan.2020.v14.419-434.

H. Putra and N. Ulfa Walmi, “Penerapan Prediksi Produksi Padi Menggunakan Artificial Neural Network Algoritma Backpropagation,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 100–107, 2020, doi: 10.25077/teknosi.v6i2.2020.100-107.

D. Daniaty, B. Firmansyah, A. Ardiansyah, and T. Efendi, “Analisis Bibliometrik pada Penerapan Artificial Intelligence di Smart Manufacturing,” Semin. Nas. Off. Stat., vol. 2022, no. 1, pp. 491–506, 2022, doi: 10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1120.

S. . Pratiwi, D.E., Utami, T.M., Korneliya, B, Rafiadzkay, M.Z., & Aini, “Journal of Education and,” J. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 30–36, 2021.

N. A. Solihat and S. Arnasik, “Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi,” Oikos J. Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. 2, no. 1, pp. 141–152, 2018.

B. Lund, “The questionnaire method in systems research: an overview of sample sizes, response rates and statistical approaches utilized in studies,” VINE J. Inf. Knowl. Manag. Syst., vol. 53, no. 1, pp. 1–10, 2023, doi: 10.1108/VJIKMS-08-2020-0156.

B. Wang, P. L. P. Rau, and T. Yuan, “Measuring user competence in using artificial intelligence: validity and reliability of artificial intelligence literacy scale,” Behav. Inf. Technol., vol. 42, no. 9, pp. 1324–1337, 2023, doi: 10.1080/0144929X.2022.2072768.

J. F. Hair, M. Sarstedt, L. Hopkins, and V. G. Kuppelwieser, “Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research,” Eur. Bus. Rev., vol. 26, no. 2, pp. 106–121, 2014, doi: 10.1108/EBR-10-2013-0128.

Luh Putu Ary Sri Tjahyanti and Dkk, “Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Komputerdan Teknol. Sains(KOMTEKS), vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2022.

R. Alief and E. Nurmiati, “Penerapan Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi Pada Efisiensi Manajemen Pengetahuan,” J. Masy. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 59–69, 2022, doi: 10.14710/jmasif.13.1.43760.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(2), 194-208.

Fathahillah, F., Fakhri, M. M., & Ahmar, A. S. (2023). Analysis of Artificial Intelligence Literacy in the Blended Learning Model in Higher Education. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 566-575.

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Haris, H., Muhammad Ridha Darwis, Arsyanda, M. Rahmat Wahyudi JY, & M. Ilham. (2024). Analisis Dampak Literasi Artificial Intelligence terhadap Perubahan Norma Dan Etika Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(1), 66–77. https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i1.200

Issue

Section

Articles