Analisis Dampak ChatGPT pada Model Blended Learning dalam Pendidikan Teknik: Studi Kasus dalam Matematika

Authors

  • La Ode Lisbar Universitas Negeri Makassar
  • Fatur Rahman Universitas Negeri Makassar
  • Sri Rahayu Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i3.207

Keywords:

Blended Learning, ChatGPT, Pendidikan Teknik

Abstract

Penelitian ini menyoroti kebutuhan mendesak akan integrasi ChatGPT dalam model blended learning di pendidikan teknik, khususnya dalam pembelajaran matematika. Menghadapi tantangan kurikulum modern, penerapan ChatGPT menjadi krusial dalam memberikan dampak signifikan pada peningkatan kualitas pembelajaran matematika serta menandai pergeseran penting dalam bidang teknologi pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan wawasan tentang bagaimana integrasi teknologi bahasa alami seperti ChatGPT dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan rancangan cross-sectional dan melibatkan pengumpulan data melalui survei dan analisis data menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menggunakan ChatGPT untuk tujuan akademis, namun keandalan ChatGPT dalam melakukan perhitungan numerik masih menjadi perdebatan. Penelitian ini menyoroti kelebihan dan kekurangan ChatGPT dalam pembelajaran matematika, serta menekankan pentingnya menerapkan pemikiran komputasi serta berpikir kritis ketika menggunakan ChatGPT. Penelitian ini merujuk pada interaksi ChatGPT dengan mahasiswa serta dampaknya dalam pendidikan. Dengan demikian, artikel ini dapat memberikan gambaran tentang pemanfaatan ChatGPT dalam aspek pendidikan.

Abstract views: 310 , PDF downloads: 197

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bryan, A., & Volchenkova, K. N. (2016). Blended learning: Definition, models, implications for higher education. Pedagogical Education, 16(2), 12-19. https://doi.org/10.14529/ped160204

Fatwa, A., Djuniadi, D., & Djuniadi, D. (2016). Strategi blended learning untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat mata pelajaran matematika. SmartComp: Jurnal Teknologi Informatika, 5(1), 67-78. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v5i1.311

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106-121. https://doi.org/10.1108/ebr-10-2013-0128

Layn, M. R., Setyo, A. A., & Musaad, F. (2022). Analisis hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran matematika secara blended learning saat pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 130-140. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1100

Lo, C. K. (2023). What is the impact of ChatGPT on education? A rapid review of the literature. Education Sciences, 13(4), 123-136. https://doi.org/10.3390/educsci13040410

Lund, B. D. (2021). The questionnaire method in systems research: An overview of sample sizes, response rates, and statistical approaches utilized in studies. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 51(4), 89-99. https://doi.org/10.1108/vjikms-08-2020-0156

Marr, B. (2020). What is GPT-3 and why is it revolutionizing artificial intelligence? Archives of Applied Science Research, 12(2), 89-101.

Murcahyanto, H. (2023). Penerapan media Chat GPT pada pembelajaran manajemen pendidikan terhadap kemandirian mahasiswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(1), 123-135. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i1.14073

Mustafa, M. (2023). Aktivitas siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan berpikir komputasi berbantuan Chat-GPT. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 79-89. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3469

Pratiwi, I. R., & Silalahi, P. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika model blended learning berbasis MOODLE. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 89-102. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3240

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: Media komik dalam pembelajaran matematika. Jurnal Matematika, 3(1), 89-99. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 45-57. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069

Sánchez-Ruiz, L. M., Moll-López, S., Nuñez-Pérez, A., Moraño-Fernández, J. A., & Vega-Fleitas, E. (2023). ChatGPT challenges blended learning methodologies in engineering education: A case study in mathematics. Applied Sciences, 13(10), 6039. https://doi.org/10.3390/app13106039

Sezgin, E., Sirrianni, J., & Linwood, S. L. (2021). Operationalizing GPT-3 in healthcare: An outlook of compliance, trust, and access for pretrained large AI linguistic models. JMIR Preprints. https://doi.org/10.2196/preprints.32875

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 54-67. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi penggunaan ChatGPT dalam penulisan artikel pendidikan matematika. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2), 123-134. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.252

Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., Ilham, S. R., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan peluang penggunaan aplikasi Chat GPT dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis dimensi 5.0. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 98-110. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226

Zeb, A., Khan, M., Hussain, S., Ahmad, M., & Khan, R. (2019). Pre-operative anxiety in patients at tertiary care hospital Peshawar Pakistan. South Asian Research Journal of Nursing and Healthcare, 1(1), 13-20. https://doi.org/10.36346/sarjnhc.2019.v01i01.004

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

La Ode Lisbar, Fatur Rahman, & Sri Rahayu. (2024). Analisis Dampak ChatGPT pada Model Blended Learning dalam Pendidikan Teknik: Studi Kasus dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(3), 149–159. https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i3.207

Issue

Section

Articles