Analisis Dampak ChatGPT pada Model Blended Learning dalam Pendidikan Teknik: Studi Kasus dalam Matematika
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i3.207Keywords:
Blended Learning, ChatGPT, Pendidikan TeknikAbstract
Penelitian ini menyoroti kebutuhan mendesak akan integrasi ChatGPT dalam model blended learning di pendidikan teknik, khususnya dalam pembelajaran matematika. Menghadapi tantangan kurikulum modern, penerapan ChatGPT menjadi krusial dalam memberikan dampak signifikan pada peningkatan kualitas pembelajaran matematika serta menandai pergeseran penting dalam bidang teknologi pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan wawasan tentang bagaimana integrasi teknologi bahasa alami seperti ChatGPT dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan rancangan cross-sectional dan melibatkan pengumpulan data melalui survei dan analisis data menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menggunakan ChatGPT untuk tujuan akademis, namun keandalan ChatGPT dalam melakukan perhitungan numerik masih menjadi perdebatan. Penelitian ini menyoroti kelebihan dan kekurangan ChatGPT dalam pembelajaran matematika, serta menekankan pentingnya menerapkan pemikiran komputasi serta berpikir kritis ketika menggunakan ChatGPT. Penelitian ini merujuk pada interaksi ChatGPT dengan mahasiswa serta dampaknya dalam pendidikan. Dengan demikian, artikel ini dapat memberikan gambaran tentang pemanfaatan ChatGPT dalam aspek pendidikan.
Downloads
References
Bryan, A., & Volchenkova, K. N. (2016). Blended learning: Definition, models, implications for higher education. Pedagogical Education, 16(2), 12-19. https://doi.org/10.14529/ped160204
Fatwa, A., Djuniadi, D., & Djuniadi, D. (2016). Strategi blended learning untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan persamaan dan fungsi kuadrat mata pelajaran matematika. SmartComp: Jurnal Teknologi Informatika, 5(1), 67-78. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v5i1.311
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106-121. https://doi.org/10.1108/ebr-10-2013-0128
Layn, M. R., Setyo, A. A., & Musaad, F. (2022). Analisis hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran matematika secara blended learning saat pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 130-140. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1100
Lo, C. K. (2023). What is the impact of ChatGPT on education? A rapid review of the literature. Education Sciences, 13(4), 123-136. https://doi.org/10.3390/educsci13040410
Lund, B. D. (2021). The questionnaire method in systems research: An overview of sample sizes, response rates, and statistical approaches utilized in studies. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 51(4), 89-99. https://doi.org/10.1108/vjikms-08-2020-0156
Marr, B. (2020). What is GPT-3 and why is it revolutionizing artificial intelligence? Archives of Applied Science Research, 12(2), 89-101.
Murcahyanto, H. (2023). Penerapan media Chat GPT pada pembelajaran manajemen pendidikan terhadap kemandirian mahasiswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(1), 123-135. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i1.14073
Mustafa, M. (2023). Aktivitas siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan berpikir komputasi berbantuan Chat-GPT. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 79-89. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3469
Pratiwi, I. R., & Silalahi, P. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika model blended learning berbasis MOODLE. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 89-102. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3240
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: Media komik dalam pembelajaran matematika. Jurnal Matematika, 3(1), 89-99. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 45-57. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069
Sánchez-Ruiz, L. M., Moll-López, S., Nuñez-Pérez, A., Moraño-Fernández, J. A., & Vega-Fleitas, E. (2023). ChatGPT challenges blended learning methodologies in engineering education: A case study in mathematics. Applied Sciences, 13(10), 6039. https://doi.org/10.3390/app13106039
Sezgin, E., Sirrianni, J., & Linwood, S. L. (2021). Operationalizing GPT-3 in healthcare: An outlook of compliance, trust, and access for pretrained large AI linguistic models. JMIR Preprints. https://doi.org/10.2196/preprints.32875
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 54-67. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi penggunaan ChatGPT dalam penulisan artikel pendidikan matematika. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2), 123-134. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.252
Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., Ilham, S. R., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan peluang penggunaan aplikasi Chat GPT dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis dimensi 5.0. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 98-110. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226
Zeb, A., Khan, M., Hussain, S., Ahmad, M., & Khan, R. (2019). Pre-operative anxiety in patients at tertiary care hospital Peshawar Pakistan. South Asian Research Journal of Nursing and Healthcare, 1(1), 13-20. https://doi.org/10.36346/sarjnhc.2019.v01i01.004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 La Ode Lisbar, Fatur Rahman, Sri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.