Analisis Pembelajaran Online di Media E-learning menggunakan Model Extended TAM
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i1.213Keywords:
E-learning, Model ekstensi teknologi, Literasi teknologi, Kepuasan pengguna, Keberhasilan pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan model eksistensi teknologi dalam E-Learning, mempertimbangkan kualitas model, implementasi, dan kepuasan pengguna.Tujuan penelitian adalah mengevaluasi keberhasilan model eksistensi teknologi dalam E-Learning serta menyelidiki dampak literasi teknologi mahasiswa terhadap efektivitasnya. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer angkatan 2022. Dengan menggunakan Google Form, 62 mahasiswa menjadi sampel yang bersedia mengisi kuesioner. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan model eksistensi teknologi E-Learning. Implikasinya dapat berkontribusi pada pengembangan model yang lebih efektif, peningkatan literasi teknologi mahasiswa, dan peningkatan kepuasan pengguna dalam lingkungan pembelajaran online. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memperkuat relevansi E-Learning di era digital, tetapi juga mengarah pada peningkatan kualitas pembelajaran online dengan melibatkan faktor-faktor kunci yang memengaruhi keberhasilannya.
Abstract views: 179
,
PDF downloads: 188
Downloads
References
T. Ardhian, K. H. Najib, E. R. Nofrida, dan Trisniawati, “Penerimaan Teknologi E-Learning SiPeDar Dengan Menggunakan Technology of Acceptance Model (TAM),” JP2SD, vol. 10, no. 2, hlm. 134–144, Sep 2022, doi: 10.22219/jp2sd.v10i2.22314.
Y. A. Abdilah, W.-Y. Hwang, dan U. Hariyanti, “Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Ubiquitous Geometry dalam Konteks Otentik dengan Experience API,” hlm. 7, Des 2018, doi: 10.15294/kreano.v9i2.15104.
R. Nurochman, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 5 TUALANG,” hlm. 1–255, 2021.
W. T. Suminar, “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA,” hlm. 1–199, Apr 2011.
D. Sugandini dan Y. Istanto, “MODEL KESUKSESAN E-LEARNING PADA PERGURUAN TINGGI,” Jan 126M.
M. S. Satria, “INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN JUNI 2020,” hlm. 1–128, Jun 2020.
M. Jahiri dan I. I. D. Yusuf, “Penerapan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Metode Research and Development,” vol. 8, no. 2, 2023.
B. Husain dan M. Basri, “Pembelajaran e-Learning Di Masa Pandemi,” Open Science Framework, preprint, Jun 2021. doi: 10.31219/osf.io/rb4p3.
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta dan S. Mania, “OBSERVASI SEBAGAI ALAT EVALUASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN,” lp, vol. 11, no. 2, hlm. 220–233, Des 2008, doi: 10.24252/lp.2008v11n2a7.
J. Qudsi dan A. Anggrawan, “Evaluasi Produk Pembelajaran Multimedia (Pelin) Evaluation Of Learning Multimedia Product (Pelin),” Matrik, vol. 16, no. 1, hlm. 87, Jul 2017, doi: 10.30812/matrik.v16i1.22.
I. Irwan, “Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar,” IQRO, vol. 1, no. 1, hlm. 43–54, Sep 2018, doi: 10.24256/iqro.v1i1.312.
D. Sekarini, “Faktor Penerimaan Pengguna pada E-Learning dari Perspektif Siswa Sekolah Dasar Berbasis UTAUT Model,” JATISI, vol. 8, no. 4, hlm. 1693–1709, Des 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i4.1257.
M. Hasanuddin dan H. Herdianto, “Sistem Monitoring dan Deteksi Dini Pencemaran Udara Berbasis Internet Of Things (IOT),” JoSYC, vol. 4, no. 4, hlm. 976–984, Agu 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i4.4034.
A. Faroqi, E. P. Hadisantoso, D. K. Halim, dan M. Sanjaya WS, “Edisi Juli 2016 Volume X No. 2,” vol. 10, no. 2, hlm. 33–48, 2016.
A. F. Daru, “INTEGRASI CMS DAN LMS UNTUK MEMBANGUN WEB BERBASIS E-LEARNING DENGAN SINGLE LOGIN,” JT, vol. 11, no. 1, hlm. 23, Jul 2013, doi: 10.26623/transformatika.v11i1.77.
S. H. Bariah dan S. M. Sidik, “PENERAPAN KONTEN E-LEARNING BERBASIS SCORM UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN,” vol. 5, no. Nomor 1, Mar 2019.
Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.
Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(2), 194-208.
Fakhri, M. M., Wahid, A., Fadhilatunisa, D., Surianto, D. F., & Hidayat, A. (2022). PENGARUH MODEL BLENDED PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 670-684.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Baso Intang Sappaile, Nuridayanti, Fauzan G, Suci Nabila Lumalan, Andi Fatir Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id