Analisis Kemampuan AI Commerce Mahasiswa dengan pendekatan TAM
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i2.216Keywords:
Artificial intelligence, Ecommerce, Technology Acceptance Model (TAM)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model penerimaan teknologi kecerdasan buatan dalam konteks e-commerce oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Dengan menggunakan Teknologi Acceptance Model (TAM) sebagai kerangka teoritis, penelitian ini menganalisis model penerimaan teknologi kecerdasan buatan dalam konteks e-commerce oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain longitudinal, data dikumpulkan melalui lembar kuesioner atau angket, sebanyak 63 partisipan sebagai responden. Dalam mengolah data, penelitian ini menerapkan analisis deskriptif, termasuk rata-rata, median, modus, jumlah, nilai maksimum, dan nilai minimum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi positif terhadap kegunaan kecerdasan buatan (AI) dalam e-commerce adalah indikator utama penerimaan teknologi. Temuan ini memberikan landasan untuk pengembangan strategi bisnis yang cerdas dan efisien di era e-commerce yang semakin terhubung, dengan fokus pada meningkatkan persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan AI serta membangun sikap positif terhadap penggunaannya. Ini membantu perusahaan e-commerce memahami dan mengoptimalkan peran positif AI untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.


Downloads
References
Adhi, Mahendra Nugroho, M. s. (2009). Model penerimaan. J. Pendidik. Akunt. Indones, VII(2), 1–12.
Aditia, Hanafi, M., Pratama, M. R. A., & Sidik, R. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence: Analisis Terhadap Keuangan, Loyalitas Pelanggan, Pengalaman Konsumen, dan Minat Beli. In JRIIN: Jurnal Riset Informatika dan Inovasi (Vol. 01, Issue 01, pp. 1–4). https://journal.mediapublikasi.id/index.php/jriin
Ardyanto Denni, S. H. dan R. (2015). Pengaruuh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. In Water Research (Vol. 22, Issue 3, pp. 263–301).
Azizah, F. D., Nur, A. N., & Putra, A. H. P. K. (2022). Impulsive Buying Behavior: Implementation of IT on Technology Acceptance Model on E-Commerce Purchase Decisions. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 2(1), 58–72. https://doi.org/10.52970/grmapb.v2i1.173
Batmetan, J. R. (2018). Evaluasi Model Penerimaan pada E-Commerce Menggunakan Metode TAM. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/aswx9.
Bawack, R. E., Wamba, S. F., Carillo, K. D. A., & Akter, S. (2022). Artificial intelligence in E-Commerce: a bibliometric study and literature review. Electronic Markets, 32(1), 297–338. https://doi.org/10.1007/s12525-022-00537-z
Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., Rosidah, Radhiah, & Jannah Raodahtul. (2022). Analisis Aplikasi Pajak (E-Filling Dan E-Billing) Berbasis Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 1(1), 100–120. https://doi.org/10.24252/jiap.v8i1.28714
Fakhri, M. M., Isma, A., Hidayat, W., Ahmar, A. S., & Surianto, D. F. (2024). Digital Literacy Training and Introduction to Artificial Intelligence Ethics to Realize Digital Literate Teachers. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1).
Lestari, I. T., & Widyastuti, W. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia). In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 7, pp. 1–2).
Machmud, M. T., Utami, N. M., Fakhri, M. M., & Mayasari, M. (2023). Analyzing University Students Ill-Structured Problem Solving Ability in Indonesian Educational. Indonesian Journal of Educational Studies (IJES), 26(1), 77–85. https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/47334
Nurhayati, N. (2017). BELANJA “ONLINE” SEBAGAI CARA BELANJA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kajian Budaya Di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh). Aceh Anthropological Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.29103/aaj.v1i2.1140
Setyawan, A. R. T. (2022). Implementasi artificial intelligence marketing pada E-commerce : personalisasi konten rekomendasi serta dampaknya terhadap purchase intention. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5385–5392.
https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.2039
Setyoparwati, I. (2019). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Konsumenterhadap Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Di Indonesia. In Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)| (Vol. 3, Issue 3, pp. 111–119).
sutisna, N., & sutrisna. (n.d.). Implementasi Sistem Informasi dalam Mendukung Perilaku Pembelian Terhadap Keputusan PembelianE-Commerce. J. Mentari Manaj. Pendidik. Dan Teknol. Inf.
Utami, A. R. H. (n.d.). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN. In KEAMANAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-COMMERCE,” (Vol. 01).
Wang, C., Ahmad, S. F., Bani Ahmad Ayassrah, A. Y. A., Awwad, E. M., Irshad, M., Ali, Y. A., Al-Razgan, M., Khan, Y., & Han, H. (2023). An empirical evaluation of technology acceptance model for Artificial Intelligence in E-commerce. Heliyon, 9(8), 18349. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18349
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fajriani Azis, Nur Annafiah, Della Fadhilatunisa, A.M Yusran Mazidan, Salomo Benny Junian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.