Identifikasi Tingkat Penerimaan Model Blended Learning di Pendidikan Tinggi dengan Model TAM

Authors

  • Munir Tubagus Institut Agama Islam Negeri Manado
  • Haimah Haimah Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH. Bengkulu
  • Muh. Dzaky Baridwan Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Imran Hidayat Hamzah Universitas Negeri Makassar
  • Khairi Athallah Dafi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i1.217

Keywords:

BLAS, Blended Learning, Metode Pembelajaran, Pendidikan Tinggi Jarak Jauh, Validasi Skala Penerimaan

Abstract

Dalam era digital yang semakin maju, metode pembelajaran blended learning telah menjadi sorotan utama dalam dunia pendidikan. Untuk memastikan penerapannya yang efektif, penting untuk memahami penerimaan mahasiswa terhadap pendekatan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi skala penerimaan blended learning dalam pendidikan tinggi jarak jauh. Dengan menggunakan metode pengembangan skala penerimaan dan analisis data yang terkumpul, penelitian ini menunjukkan validitas dan reliabilitas yang tinggi dari skala penerimaan yang dikembangkan. Hasil analisis juga mengungkapkan bahwa mahasiswa secara umum merespon blended learning secara positif, meskipun ada beberapa aspek yang cenderung netral. Temuan ini memberikan wawasan berharga tentang penerimaan mahasiswa terhadap pembelajaran terpadu dalam pendidikan tinggi jarak jauh. Skala penerimaan yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur tingkat penerimaan mahasiswa terhadap metode pembelajaran ini. Penelitian ini memberikan landasan kuat bagi institusi pendidikan untuk mengembangkan strategi dan kebijakan yang lebih efektif dalam menerapkan pendekatan terpadu, sehingga meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dalam era digital yang terus berkembang.

Abstract views: 189 , PDF downloads: 184

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Al Aish, A., & Love, S. (2013). Factors Influencing Students’ Acceptance of M-Learning: An Investigation in Higher Education. The International Review of Research in Open and Distance Learning, 14, 83–107. https://doi.org/10.19173/irrodl.v14i5.1631

Akub, R. Y. (2021). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS PURWAKARTA.

Anthony, B., Kamaludin, A., Romli, A., Raffei, A. F. M., Phon, D. N. A. L. E., Abdullah, A., & Ming, G. L. (2022). Blended Learning Adoption and Implementation in Higher Education: A Theoretical and Systematic Review. Technology, Knowledge and Learning, 27(2), 531–578. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09477-z

Azizi, S. M., Roozbahani, N., & Khatony, A. (2020). Factors affecting the acceptance of blended learning in medical education: Application of UTAUT2 model. BMC Medical Education, 20(1), 367. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02302-2

Bervell, B., Umar, I. N., Kumar, J. A., Asante Somuah, B., & Arkorful, V. (2021). Blended Learning Acceptance Scale (BLAS) in Distance Higher Education: Toward an Initial Development and Validation. SAGE Open, 11(3), 215824402110400. https://doi.org/10.1177/21582440211040073

Blended learning in higher education: Trends and capabilities | Education and Information Technologies. (n.d.). Retrieved November 28, 2023, from https://link.springer.com/article/10.1007/s10639-019-09886-3

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: The new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 3. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5

Earl_R.Earl_R._Babbie_Babbie_The_Basics_of_SocBookZZ.org_.pdf. (n.d.). Retrieved November 29, 2023, from https://nareswari.web.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/8668/2017/10/Earl_R.Earl_R._Babbie_Babbie_The_Basics_of_SocBookZZ.org_.pdf

Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(2), 194-208.

Fathahillah, F., Fakhri, M. M., & Ahmar, A. S. (2023). Analysis of Artificial Intelligence Literacy in the Blended Learning Model in Higher Education. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 566-575.

Fink, A. (2016). How to Conduct Surveys: A Step-by-Step Guide. Sixth Edition. In SAGE Publications Ltd (CA). SAGE Publications.

International Journal of Educational Technology in Higher Education. (n.d.). SpringerOpen. Retrieved November 28, 2023, from https://educationaltechnologyjournal.springeropen.com/blhe

JURNAL PASCASARJANA UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASLIYAH. (n.d.). Retrieved November 28, 2023, from http://jurnal.pascaumnaw.ac.id/

Khair, M. H. (n.d.). TESIS Disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat Magister Program Studi Magister Psikologi Peminatan Psikologi Pendidikan.

Nikolopoulou, K., & Zacharis, G. (2023). Blended Learning in a Higher Education Context: Exploring University Students’ Learning Behavior. Education Sciences, 13(5), Article 5. https://doi.org/10.3390/educsci13050514

Pradana, F., Rachmadi, A., & Bachtiar, F. A. (2015). Penilaian Faktor Penerimaan Teknologi Blended learning di PTIIK Universitas Brawijaya dengan Metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(1), 49. https://doi.org/10.25126/jtiik.201521130

Sang, G., Wang, K., Li, S., Xi, J., & Yang, D. (2023). Effort expectancy mediate the relationship between instructors’ digital competence and their work engagement: Evidence from universities in China. Educational Technology Research and Development, 71(1), 99–115. https://doi.org/10.1007/s11423-023-10205-4

Usman, U. (2019). KOMUNIKASI PENDIDIKAN BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR. Jurnal

Jurnalisa, 4(1). https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626

Widyasari, L., & Rafsanjani, M. (2021). Apakah Penerapan Blended Learning Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh? EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3, 854–864. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.453

Yin, B., & Yuan, C.-H. (2021). Precision Teaching and Learning Performance in a Blended Learning Environment. Frontiers in Psychology, 12, 631125. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.631125

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Munir Tubagus, Haimah, H., Muh. Dzaky Baridwan, Muhammad Imran Hidayat Hamzah, & Khairi Athallah Dafi. (2024). Identifikasi Tingkat Penerimaan Model Blended Learning di Pendidikan Tinggi dengan Model TAM. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(1), 51–65. https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i1.217

Issue

Section

Articles