Program Perencanaan SDN Krembung 1 Guna Meningkatkan Prestasi Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i1.534Keywords:
Perencanaan Pendidikan, Asesmen Diagnostik, Program P5, Prestasi Siswa, Kerjasama EksternalAbstract
Penelitian ini mengkaji program perencanaan pendidikan yang diterapkan di SDN Krembung 1 di Sidoarjo. Tujuan dari perencanaan pendidikan ini ialah untuk meningkatkan prestasi para peserta didik, baik dibidang akademik maupun non-akdemik, serta mengembangkan kualitas guru pengajar. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, dengan melakukan kajian Pustaka dan observasi langsung dengan mewawancari kepala sekolah serta guru-guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Krembung 1 telah Menyusun rencana jangka Panjang menengah (3-5 tahun) yang berfokus pada dua program utama. Pertama, Asesmen Diagnostik, yang membantu guru memahami kemampuan awal siswa dan menyesuaikan metode pembelajaran. Kedua, program P5 yang bertujuan mengembangkan karakter siswa sesuai nilai-nilai Pancasila. Untuk meningkatkan prestasi akademik, sekolah menerapkan strategi motivasi dan metode pembelajaran yang menarik. Sedangkan untuk prestasi non-akademik, sekolah menyediakan kegiatan ekstrakulikuler yang disesuaikan dengan minat dan bakat siswa. Penelitian ini juga mengungkapkan pentingnya Kerjasama dengan pihak luar sekolah seperti LSM, Puskesmas, dan Kepolisian dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kerjasama ini mencakup pengembangan perpustakaan, penyuluhan Kesehatan, dan pencegahan kekerasan disekolah. Selain itu, sekolah juga focus pada pengembangan kompetensi guru melalui pelatihan dan Program Pengembangan Koprofesian Berkelanjutan (PKB). Strategi ini bertujuan meningkatkan kualitas pengajaran dan memastikan guru selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan. Perencanaan pendidikan yang komperhensif dan adaptif terhadao perubahan zaman, didukung oleh Kerjasama dengan berbagai pihak, dan pengembangan kompetensi guru dapat memberikan konstrubusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi siswa di SDN Krembung 1.
Abstract views: 102
,
PDF downloads: 66
Downloads
References
Agustina, N., & Susanto, R. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo. Jl. Udayana Kampus Tengah, 0362, 27213. http://pti.undiksha.ac.id/senapati
Ali, H., Istianingsih Sastrodiharjo, & Farhan Saputra. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior: Beban Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi (Studi Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 83–93. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.16
Annisa Intan Maharani, Istiharoh Istiharoh, & Pramasheila Arinda Putri. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153
Azmi Agustina, lu, Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., Syarif Hidayatullah, U., & Masyithoh Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur. Jip, 2(6), 903–913.
Cebakan, E., Laterit, N., Daerah, D. I., Bull, T., Timur, H., Model, S., Eksplorasi, P., Nikel, C., & Pujobroto, A. (2023). Perencanaan. 1, 88–99.
Mandasari, S. D., & Supriyadi, S. (2024). Analisis Sikap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Model Kooperatif Learning. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 200–207. https://doi.org/10.24176/re.v14i2.12446
Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah, 4(1), 16–32. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Pitri, A., Ali, H., & Anwar Us, K. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Islam: Paradigma, Berpikir Kesisteman Dan Kebijakan Pemerintah (Literature Review Manajemen Pendidikan). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(1), 23–40. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i1.854
Sari, K. P., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Kebijakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.110
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azizatur Rohmah, Andhika Pramudya, Galih Rachmad Pratama, Likfatmawati Maslakah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id