Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Karpet Huruf Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB – C YPPLB Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i3.544Keywords:
Kemampuan Membaca, Metode Bermain Karpet, Tunagrahita RinganAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada kompetensi Membaca Permulaan Murid Tunagrahita ringan di kelas dasar II SLB – C YPPLB Makassar . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar melalui penerapan metode bermain karpet huruf. Berdasar pada masalah, maka tujuan yang diteliti untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar dengan penerapan metode bermain karpet huruf. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah penggunaan metode bermain karpet huruf pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar II SLB – C YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, adapun responden dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB – C YPPLB Makassar yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai kategori yang mulanya gagal menjadi kategori sangat baik pada hasil kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB – C YPPLB Makassar. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB – C YPPLB Makassar dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode bermain karpet huruf.
Abstract views: 76
,
PDF downloads: 52
Downloads
References
Amin, Moh. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Depdikbud.
Abdurrahman, M. 1996. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan belajar. Jakarta: Depdikbud,Dirjen Pendidikan Tinggi, Proyek Tenaga Guru.
Astati. 1995. Terapi Okupasi, Bermain, Dan Musik Untuk Anak Tunagrahita. Jakarta: Depdikbud.
Arifin. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
--------------. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Dalwadi. 2002. Pengaruh penerapan metode suku kata dalam pengajaran membaca permulaan bagi murid tunagrahita ringan. Skripsi PLB FIP UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Dekdikbud. 2004. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan.
--------------. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Effendi, Moh. 2005. Pengantar Psikopedagogik Anak Yang Berkelainan. Malang: Bumi Aksara
Gie, T.L. 1998. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta : PUBIB.
Hidayatullah, F. M. 2008. Mendidik Anak Dengan Bermain. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press
Iskandarwassid & Sunendar, 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurhadi. Senduk. 2003. Menulis Cepat dan Efektif. Malang; CV. Sinar Baru Padang.
Poerwadarminta, W. J. S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, N. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohmatika, R.2006. Meningkatkan Kemampuan Permulaan Dengan Menggunakan Media Karton Berlubang. Bandung. Skripsi Sarjana PLB FIP UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sinring, Abdullah dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: FIP UNM.
Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahsa. Bandung: Angkasa.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas dan Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta. Visimedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rini Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id