Strategi Penyusunan Soal Penilaian Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa

Authors

  • Rifana Saputri UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Harisatunisa UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.571

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Penilaian Harian, Penyusunan Soal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan strategi penyusunan soal dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga. Bentuk tes dalam penelitian ini adalah penilaian harian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penyusunan soal penilaian harian di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga diantaranya penyusunan dilakukan oleh guru PAI-BP, pengambilan kata kunci dari tujuan pembelajaran, penulisan soal berdasarkan kata kunci, koordinasi dengan guru mata pelajaran lain, koordinasi antara penyusun dan korektor, serta pertimbangan capaian kognitif dalam menentukan jenis soal. Dengan penerapan strategi penyusunan soal, butir soal yang dihasilkan mengukur kemampuan kognitif yang relatif bertingkat mulai dari mengingat, memahami, dan mengaplikasikan.

Abstract views: 97 , PDF downloads: 100

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2020). Kemampuan Mahasiswa Dalam Penyusunan Soal Pilihan Ganda. Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 4 (1), 4. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v4i1.19403

Basuni, A., Sofian Hadi, M., Muhammadiyah Jakarta, U., & Correspondence Author, I. (2023). Evaluasi Keefektifan Pemanfaatan Papan Tulis Interaktif dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas Satu SD. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2790–2798. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26094

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2018). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. https://gtk.dikdasmen.go.id/read-news/undang-undang-republik-indonesia-nomor-14-tahun-2005-tentang-guru-dan-dosen

Fibra, N. P., & Indrawadi, J. (2021). Kendala-Kendala dalam Penyusunan dan Pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar: Studi pada Guru PPKn di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Journal of Education, Cultural and Politics, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.13

Hasibuan, I. M. (2024). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 6(3).

Jannati, F. S., Sholekhah, V. P. N., & Sufanti, M. (2022). Analisis Banding Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional: Studi Kasus Terkait Soal Dan Konten. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(1), 349. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.411

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. 2.

Mutiara, Z. (2024). Pembuatan Kisi-Kisi Untuk Mengevaluasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama.

Nurhayani Nurhayani, Fadillah Ramadhani Asiri, Rianti Simarmata, & Yisawinur Barella. (2024). Strategi Belajar Mengajar. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 255–266. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2644

Nurjanah, S. (2021). Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013. 04.

Nurmayanti, I., & Basid, A. (2021). Efektivitas Instrumen Uji Soal HOTS dan Budaya Pengambilan Nilai Ulangan Harian Pada Madrasah. Penamas, 34(2), 335–352. https://doi.org/10.31330/penamas.v34i2.516

Program for International Student Assessment. (2022). PISA Results 2022. 3. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-results-2022-volume-iii-factsheets_041a90f1-en/indonesia_a7090b49-en.html

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139–148. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649

Rahmawati, I., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2021). Analisis Kesesuaian Soal Penilaian Tengah Semester IPA dengan Kaidah Penyusunan Soal pada Aspek Bahasa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3636–3646. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.975

Rumondor, P., & Maslukiyah, N. (2019). Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kompetensi Kognitif dan Kepribadian Siswa di MTs Negeri 1 Bongkudai. 3(1).

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Ulum, U. A., & Anriani, N. (2023). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Perencanaan dan Hasil Evaluasi di Kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Pandeglang. Jurnal Darma Agung, 31(1), 984. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3076

Novianti, D., & Bani, S. (2023). Pengembangan instrumen tes berbasis higher order thinking skills (hots) untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hukum newton. Jurnal ikatan alumni fisika. https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i3.32668

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) (PISA). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Setiawan, J., Sudrajat, A., Aman, & Kumalasari, D. (2021). Development of higher order thinking skill assessment instruments in learning Indonesian history. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 545–552. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20796

Downloads

Published

2025-05-13

How to Cite

Rifana Saputri, & Harisatunisa. (2025). Strategi Penyusunan Soal Penilaian Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Terapan, 3(2), 75–83. https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.571

Issue

Section

Articles