Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Akuntansi: Studi Kasus di SMKN 3 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.572Keywords:
Kurikulum Merdeka, Akuntansi, Pembelajaran Berbasis Proyek, Tantangan ImplementasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran akuntansi di SMKN 3 Pinrang, dengan fokus pada efektivitas, relevansi, tantangan, dan dampaknya terhadap karakter dan motivasi belajar siswa. Kurikulum Merdeka diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi dan kreativitas siswa, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tuntutan dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada guru akuntansi untuk memahami persepsi dan tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memungkinkan guru untuk mengajar secara fleksibel, namun menghadapi tantangan dalam hal sumber daya dan pemahaman konsep kurikulum yang baru. Selain itu, kolaborasi antar guru dalam merancang materi dan penilaian dinilai penting untuk menghindari tumpang tindih dan memaksimalkan pemahaman siswa. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan mengenai peningkatan kualitas pendidikan akuntansi di SMK melalui implementasi Kurikulum Merdeka yang adaptif.
Abstract views: 208
,
PDF downloads: 152
Downloads
References
Amalia, D., & Wijaya, H. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 12, 45-63.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Bungawati. (2022). Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan, 31(3), 381-388.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fitriani, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK. Jurnal Pendidikan Kejuruan, 8(1), 112-120.
Flick, U. (2018). An introduction to qualitative research (6th ed.). SAGE Publications.
Hidayati, N., & Yuliana, R. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Kejuruan: Perspektif dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(2), 45-56.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). “Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka.” Lembaga Di SMK PGRI Wonoasri. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21, 62-70.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.
Kurniawati, S., & Sari, D. (2021). Kurikulum Merdeka dan Tantangan Pendidikan Akuntansi di Era Digital. Jurnal Akuntansi Pendidikan, 4(3), 45-60.
Maulida, N., & Arifin, Z. (2023). Literasi Digital dalam Kurikulum Merdeka: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10, 33-50.
Mujab, S., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5, 1538-1545.
Mulyasa, E. (2021). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods (4th ed.). SAGE Publications.
Permendikbud No. 21 Tahun 2022. Standar Penilaian Pendidikan pada Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan.
Prasetyo. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Kejuruan.” Jurnal Pendidikan Vokasi, 14, 45-52.
Pratama, A. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Kasus di SMK di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kejuruan, 7(4), 132-145.
Sari, AP, & Rahmawati, L. (2022). Efektivitas Pembelajaran BerEfektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8, 115-130.
Sari, M., & Suyanto, S. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 95-108.
Sari, M., & Widi A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 21, no. 2 pp 113-123.
Sasmitha, W., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK PGRI Wonoasri. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21(2), 62-70.
Spradley, J. P. (2016). Participant observation. Waveland Press.
Sugiyono. (2021). "Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D."
Suyanto, S. (2022). Mendesain Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan yang Lebih Fleksibel dan Responsif. Jakarta: Kencana.
Wicaksono, Adi M, et al. (2025). Curriculum Implementation in Accounting Major at SMK Pajajaran Bandung. Hipkin Journal of Educational Research, vol 2, no.1, pp. 1-22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Utami, Dwi Utami, Ambarwati Akib, Nurul Chalisa Majiding, Adriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id