Evaluasi Pembelajaran Berbasis Industri di SMK Negeri Makassar Menggunakan Model CIPP
Studi Kasus di SMK Negeri Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.574Keywords:
Evaluasi, Pembelajaran Berbasis Industri, SMK, ImplementasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pembelajaran berbasis industri di tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kota Makassar, yaitu SMK Negeri 2 Makassar, SMK Negeri 7 Makassar, dan SMK Negeri 10 Makassar. Evaluasi dilakukan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk menilai efektivitas program berdasarkan latar belakang pelaksanaan, sumber daya yang digunakan, proses pembelajaran, serta hasil yang dicapai. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini difokuskan pada program pembelajaran di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), guna menilai kesesuaian antara materi ajar dengan kebutuhan industri, serta mengevaluasi motivasi dan kesadaran siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang konstruktif bagi perbaikan program pembelajaran berbasis industri di masa mendatang, sekaligus mendukung keselarasan antara pendidikan vokasi dan kebutuhan dunia industri di Kota Makassar.
Abstract views: 92
,
PDF downloads: 80
Downloads
References
Adellia, Y. & Prajawinanti, A., (2021). Implementasi model evaluasi CIPP pada pelaksanaan program kelompok belajar TBM leshutama era pandemi covid-19, Jurnal Ilmiah Ilmu perpustakaan dan informasi, Pustaka Karya, 9(2), 71-83.
Arif, M. T. (2019). Penelitian evaluasi pendidikan. Jurnal pendidikan agama islam, 2(2), 67-75.
Arikunto, S. (1990). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.
Arsyad Azhar. (2014). Media pembelajaran. Cet-17. Jakarta: PT Grafindo.
Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82.
Djamarah. Syaiful Bahri (2010). Strategi belajar mengajar, perencanaan pembelajaran. Cet-4. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model CIPP (Context, Input, Process Dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 37–53.
Fadillah, M. (2014). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran di satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Haris Mudjiman. (2009). Belajar mandiri (Self-Motivated Learning). UNS Pres. Surakarta.
Idrus, M. (2019). Evaluasi program pembelajaran: Pendekatan dan aplikasi dalam pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Kadek, N. (2017). Efektivitas pelaksanaan program manajemen sekolah menggunakan cipp pada tiga smk pariwisata. Media Edukasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 74–86.
Limas Dodi, (2015). Metodologi penelitian ,Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Lexy J. Moleong, (2012), metode penelitian kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchith, M. D. (2008). Manajemen Pembelajaran: Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Islam. Semarang: Walisongo Press.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu model evaluasi program pendidikan. At-Ta’dib, 6(1). 203-213
Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2017). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata, (2012). Metode penelitian pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noviana, I. & Susilo, K. D., (2023). Evaluasi pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata budaya di desa sendang kecamatan sendang kabupaten tulungagung. Jurnal Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Budaya, 197-207.
Pradhana, S. K. A., & Roesminingsih, E. (2020). Implementasi model CIPP pada pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 898-907.
Suarga, I. M. (2019). Evaluasi pembelajaran: Konsep, pendekatan, dan aplikasinya dalam pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutiana, D. (2014). Pembelajaran berbasis industri. Bandung: Alfabeta.
Supriyati, Y., & Muqorobin. (2021). Mixed model CIPP dan kickpatrick sebagai pendekatan evaluasi program pengembangan kompetensi guru berbasis kebutuhan peningkatan kemampuan asessement literasi-numerasi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 203-222.
Syaodih, N. (2019). Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Westri, A. D. (2016). Pembelajaran berbasis industri dalam kurikulum merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Ed-1.Jakarta: Prenadamedia Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nursuci Khaerunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id