Integrasi Teori dan Praktik dalam Pendidikan Agama Islam: Membangun Akhlak dan Kecerdasan Spiritual

Authors

  • Irwansyah Suwahyu Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.634

Keywords:

Integrasi Teori dan Praktik, Pendidikana Agama Islam, Akhlak, Kecerdasan Spiritual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi teori dan praktik dalam pendidikan agama Islam sebagai upaya membangun akhlak dan kecerdasan spiritual peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan library research, penelitian ini mengkaji berbagai literatur primer dan sekunder yang relevan dengan pendidikan agama Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa teori pendidikan agama Islam memberikan kerangka konseptual yang mendalam, namun tanpa praktik yang kontekstual, teori tersebut berisiko menjadi pemahaman yang bersifat kognitif semata. Sebaliknya, praktik pendidikan agama Islam yang tidak dibarengi pemahaman teoretis dapat melahirkan ritualisme tanpa makna spiritual. Integrasi teori dan praktik diperlukan untuk memastikan bahwa pendidikan agama Islam tidak hanya mentransmisikan pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai agama dalam perilaku sehari-hari. Pendidikan akhlak menjadi fondasi penting yang harus dibina melalui pembiasaan, keteladanan, dan aktivitas nyata yang relevan dengan kehidupan peserta didik. Selain itu, pendidikan agama Islam memiliki peran strategis dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik, yang sangat diperlukan di era modern yang kompleks.

Abstract views: 468 , PDF downloads: 577

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Y., & Nurjannah, S. (2016). Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Al-Hikmah, 13(1), 1-17.

Amin, R. M., Nadrah, & Ahmad, L. O. (2021). Guru dalam Perspektif Islam. Bacaka’: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 88-95.

Azis, R. (2019). Hakikat Dan Prinsip Metode Pembelajaran PAI. JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 292-300.

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Budiyanti, N., & Ruswandi, U. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 131-146.

Baginda, M. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Imiah Iqra', 10(2), 1-12.

Dafiki, A., & Siswanto. (2022). Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman Dalam Modernisasi Pendidikan Islam (Studi Analisis di Madrasah Aliyah Al-Djufri Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan). Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 250-266.

Damanik, M. Z., & Nurmawan, R. H. (2025). Klasifikasi Metode Pembelajaran PAI. AT-TARBIYAH: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Dona, R., Puspa, P., Rahmayanti, & Arifmiboy. (2024). Evaluasi Pembelajaran PAI: Tinjauan Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik di SDIT Cahaya Hati Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 43041-43052.

Febriyoli, E., Arief, A., & Rehani. (2025). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Yang Relevan Dengan Tantangan Zaman. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(1), 165-169.

Firdaus, M. F., & Fadhir, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Digital Untuk Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional “Menjadi Mahasiswa Yang Unggul Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 (pp. 109-113). Yogyakarta: UAD.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 17(2), 79-90.

Hanafi, Y. (2021). MENDESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN MODERASI BERAGAMA UNTUK MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG TOLERAN DAN MULTIKULTURAL. Retrieved from Repository Universitas Negeri Malang: https://repository.um.ac.id/1193/

Handayani, S. (2019). Kecerdasan Spiritual Dan Prestasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Godean). G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 292-306.

Huda, M., & Suwahyu, I. (2024). Peran Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 2(2), 53-61.

Ilyas, Y. (2012). Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI.

Indriyani, M. (2012). Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam: Sebuah Upaya Membangun Kesadaran Multikultural Untuk Mereduksi Terorisme Dan Radikalisme Islam. Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Jauhari, M. N. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Religius. Jurnal Paradigma, 14(1).

Korompot, S., & Korompot, t. S. (2020). Pemaknaan Peserta Didik Tentang Kecerdasan Spiritual. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 159-168.

Lingga, S. (2025). Metode Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Islam: Menyiapkan Guru PAI Menghadapi Tantangan Abad 21. JURNAL EDUKATIF, 3(1), 107-111.

Rahman, T. N., Supraha, W., & Ahmad. (2022). Peningkatan Kecerdasan Spiritual Islam Perspektif Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah dalam Kitab Al Tuhfah al-‘Iroqiyyah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 397-408.

Sholahudin, T., Abid, I., Ikhwanudin, M., Arrizky, M. N., & Al-Ghozali, U. M. (2025). Evaluasi Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Tinjauan Terhadap Ayat Al-Qur'an dalam Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 165-171.

Suwahyu, I., & Fakhri, M. M. (2022). Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 836-842.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Suwahyu, I. (2025). Integrasi Teori dan Praktik dalam Pendidikan Agama Islam: Membangun Akhlak dan Kecerdasan Spiritual. Jurnal Pendidikan Terapan, 3(2), 84–92. https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.634

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)