Pengaruh Cisco Packet Tracer terhadap Pemahaman Konsep Jaringan Komputer di SMK Telkom Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i3.635Keywords:
Cisco Packet Tracer, Understanding Network Concepts, Computer Network EngineeringAbstract
This study aims to evaluate the effect of using a Network Simulation Tool on students' understanding of computer network concepts in Grade XI at SMK Telkom Makassar. The research method used was quantitative with a pre-experimental design. The research subjects consisted of 32 students who were given materials on IP Address, Routing, and Subnetting, followed by a pre-test before practicing with the Network Simulation Tool, and a post-test afterward. The results showed an increase in the students' average scores from 23.87 in the pre-test to 35.22 in the post-test. Data distribution was found to be normal based on the Kolmogorov-Smirnov test, with significance values of 0.139 for the pre-test and 0.114 for the post-test (both > 0.05). The Paired Sample T-Test showed a significance value of 0.000 (< 0.05), indicating a significant difference in students’ understanding before and after the intervention. In detail, there was an increase in understanding in the following domains: Routing Static & Dynamic by 18.44%, IP Address & Subnetting by 25.53%, Routing Static in Cisco Packet Tracer by 48.05%, Subnetting (calculation & configuration) by 29.68%, and Routing & Connection (troubleshooting) by 10.94%.
Abstract views: 137
,
PDF downloads: 120
Downloads
References
Adiguna, M. A., & Widagdo, B. W. (2023). Implementasi logika fuzzy pada pengaruh penggunaan aplikasi simulasi Alat simulasi Jaringan terhadap gairah belajar mahasiswa. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 12(1), 19–28.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188.
Anriansyah, R., & others. (2022). Analisis pengembangan modul praktikum jaringan komputer berbasis graphical network simulator 3 (gns3) dan efektivitas penggunaannya terhadap hasil belajar siswa di SMKN 2 Sinabang. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Ardiansah, F., Nugraha, F. K., & Azka, M. A. A. (2023). Fiber to the desk menggunakan aplikasi Alat simulasi Jaringan. Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 15–21.
Aristya, I. S., & Hastuti, I. F. (2023). Pengaruh bahan ajar keterampilan berbicara awal untuk mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2), 279–287.
Asrulla, A., Risnita, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.
Astuti, I. K. (2020). Jaringan komputer. Universitas Mitra Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/p6ytb
Aswan, N. (2022). 3.3 Tahap-tahap penelitian kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan, 24.
Cahyaningtyas, A. D., & Rohmiyati, Y. (2019). Pengaruh pendidikan pemakai terhadap library anxiety pada pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Tegal. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 511–520.
Chirzah, D., & Shururi, A. F. (2024). Perancangan topologi jaringan lab komputer di SDIT Salsabila 5 purworejo menggunakan Alat simulasi Jaringan. Holistik Analisis Nexus, 1(7), 226–230.
Disastra, D. (2022). Pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(2), 55–66.
Dwiyanti, I. N. W. (2023). Efektivitas pembelajaran Alat simulasi Jaringan pada mata pembelajaran teknologi jaringan luas kelas XI SMK. Universitas PGRI Semarang.
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46.
FATIMAH, S. N. U. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran jaringan dasar untuk siswa kelas XI TKJ di SMK Tunas Teknologi Bekasi. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Febrina, W., Sari, F., & others. (2022). Peningkatan keterampilan siswa jurusan teknik kimia smk taruna persada dumai berbasis teknologi informasi. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 3(1), 47–52.
Ferdiansa, R. A., Miyono, N., Reffiane, F., & Suprihatin, G. (2023). Penerapan model problem base learning berbantu “canva” terhadap hasil elajar siswa kelas II SDN Gajahmungkur 04. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 12099–12110.
Figna, H. P., Lubis, A. H. A. S., Bahri, S., Priyatna, R. D., & Fatimah, A. E. (2023). Meningkatkan hasil belajar siswa SMK melalui model project based learning dengan media Alat simulasi Jaringan. Indonesian Journal of Education And Computer Science, 1(1), 8–15.
Hakim, L., & Razaqi, R. S. (2019). Pengaruh penggunaan aplikasi Alat simulasi Jaringan terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X TKJ1 pada mata pelajaran komputer jaringan dasar di SMK Negeri 1 Kendit Situbondo. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 39–53.
Halmi, A. A., Yahya, M., & Anandari, D. R. (2025). Penerapan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection & Extension) pada siswa kelas X TKJ SMK Telkom Makassar. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 3(01), 126–134.
Hutabri, E., Fauzi, R., Pratiwi, M. P., & Putri, A. D. (2024). Penguatan kapasitas siswa SMK melalui workshop pembangunan jaringan komputer. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 6, 406–412.
Idris, N. (2023). Modul statistik 1. Ekonomi, Fakultas Jayabaya, Universitas, 1–50. https://repo.jayabaya.ac.id/3587/
ISA, M. J. A. L. (2022). Efektivitas family development session (FDS) program keluarga harapan (PKH) dalam ipaya menurunkan angka stunting pada anak. Universitas Panca Marga.
Islami, I. P. (2021). Pengaruh electronic commerce (E-Commerce) terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kecamatan Bekasi Utara. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Jaya, H., Manguling, I. S. W., & others. (2024). Efektivitas model blended learning menggunakan Alat simulasi Jaringan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 7 Makassar. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(04), 898–905.
Jumyati, J., Nur’ariyani, S., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Landasan yuridis pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8296–8301.
Katili, M. R., Yassin, R. M. T., & others. (2022). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12.
Khairunnisa, U. R., Dewi, N. K., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh metode berdongeng menggunakan media wayang terhadap keterampilan menyimak siswa kelas II SDN 32 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 942–951.
Kurniawan, A., Ihwayudin, I., & Permata, R. A. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ssegitiga berdasarkan prosedur polya. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1), 127–136.
Lesmana Sari, E. (2019). Penerapan model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (air) berbantukan media video terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 1 Jatiwaras. Universitas Siliwangi.
Ling, D. J. M. (2022). Analisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, debt to equity ratio (der) dan earning per share (eps) terhadap nilai perusahaan indeks lq-45 yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2016-2018.
Lutfianto, A. R. N. Q. (2019). Analisis risiko dan rencana aksi mitigasi pada rantai pasok dengan metode house of risk studi kasus: ikm industri handuk aditex bangun cipta. Universitas Islam Indonesia.
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Martias, L. D. (2021). Statistika deskriptif sebagai kumpulan informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40–59.
Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., Untari, R. S., & others. (2023). Metodologi penelitian pendidikan (prosedur penelitian, subyek penelitian, dan pengembangan teknik pengumpulan data). Umsida Press, 1–64.
Pamungkas, A., Wahyono, G. B., & Kurniawan, M. Y. (2022). Pengaruh perilaku inovatif, iklim kerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai pada bri cabang mojokerto. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 10(1).
Pelealu, R. R. A. A., Wonggo, D., & Kembuan, O. (2020). Perancangan dan implementasi jaringan komputer SMK Negeri 1 Tahuna. JOINTER: Journal of Informatics Engineering, 1(01), 5–11.
Pratama, F. P. (2021). Pengaruh retribusi parkir kendaraan dan fasilitas yang diberikan terhadap kepuasan pelanggan di bandar udara internasional Ahmad Yani Semarang. STTKD Sekolah Tinggi Teknologi KeDirgantaraan.
Prayitno, A. R., & Nu, M. P. (2024). Penerapan PBL untuk meningkatkan pemahaman siswa menggunakan cisco paket tracer di SMK 3 Makassar. Journal of Computers, Informatics, and Vocational Education, 35–39.
Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif alfabeta.
Purwantika, S. D. (2023). Analisis pemahaman kognitif siswa terhadap mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Kediri. IAIN Kediri.
Puspita, A. E. (2021). Pengaruh Kemampuan Membaca dan ketekunan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa kelas i di MIN 3 Ponorogo.
Puspita, N. (2019). Penerapan model pembelajaran role playing dengan menggunakan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa (studi eksperimen pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS MAN 3 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019. Universitas Siliwangi.
Reza, M. F., & Sanjaya, B. (2022). Systematic literature review: Analisis penggunaan aplikasi Alat simulasi Jaringan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1).
Riyadi, M., & Riyani, I. (2023). Efektivitas model project based learning dengan media cisco pakcet tracer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XI (TKJ) SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. JUPENTI, 2(1), 45–53.
Rohmah, A. Q. L. M. D., Cholilah, C., Kusmiyati, K., Muhajir, M., & others. (2024). Media trainer kit to improve students’ independence and understanding in practical learning. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(2), 333–343.
Salsabila, A., & Sutabri, T. (2024). Analisis pembelajaran teknologi jaringan untuk mengetahui simulasi jaringan dengan menggunakan switch dan router di aplikasi Alat simulasi Jaringan. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(3), 91–97.
Saputria, O., & Kartikasaria, R. D. (2021). Analisis efektivitas penggunaan aplikasi simulator Alat simulasi Jaringan pada mahasiswa teknik informatika di Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Sari, N., & Wi, P. (2022). Pengaruh leverage, ukuran perusahaan, stuktur modal, dan profitabilitas terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa efek Indonesia (Bei) periode 2018--2021. Global Accounting, 1(3), 87–95.
Satria, D., Erfida, E., Wiroto, N., Marbun, N. J., & Lidyawati, L. (2024). Pelatihan jaringan komputer menggunakan aplikasi Alat simulasi Jaringan di SMK Budi Dharma Kota Dumai. Ahsana: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 58–63.
Satria, H. (2021). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderating. Cash, 4(2), 134–144.
Suleman, O. (2022). Bab 3 komponen jaringan komputer. Teknologi Jaringan Nirkabel, 22.
Susanto, H. P., D, S. I. A., & Mulyani, E. (2023). Penskoran yang fair pada tes matematika pilihan ganda menggunakan item response theory ( fair scoring on multiple choice mathematics tests using item response theory ). 8(September), 157–172.
Sutisna, I. (2020). Statistika penelitian.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis penelitian kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102.
Yusniyanti, E. (2017). Analisa puncak banjir dengan metode MAF (studi kasus sungai krueng keureuto). Jurnal Einstein, Vol. 5 No.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 A. Alfatira Nur Aisah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id