Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Dengan Konsep Flipped Classroom Di Masa Endemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.61255/itej.v1i1.42Keywords:
Covid-19, Pembelajaran Campuran, Kelas Terbalik, Kepuasan MahasiswaAbstract
Pandemi Covid-19 masih melanda hingga saat sekarang dan belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Hal ini memberikan dampak pada semua sektor kehidupan manusia termasuk bidang pendidikan. Sebelumnya Pemerintah sudah menetapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh namun di tahun 2021 bulan Juli pembelajaran tatap muka sudah diperbolehkan bagi sekolah yang sudah memenuhi kriteria untuk melakukan proses pembelajaran secara offline. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran dengan konsep Flipped Classroom di masa endemi covid-19 di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Saat ini para pendidik juga kian berinovasi untuk menerapkan model pembelajaran ini dengan metode campuran (blended) antara tatap muka dan daring. Model Blended Learning yang cocok untuk lebih mengaktifkan peserta didik dimasa endemi ini dengan pembelajaran secara daring, yaitu penggunaan Blended Learning model flipped classroom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif atas metode survei yang dibagikan kepada mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer.
Abstract views: 364
,
PDF downloads: 458
Downloads
References
Aji, R.H.S. (2020) ‘Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran’’, Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), pp. 395–402.
Bariroh, V. and Setiawan, A.C. (2021) ‘Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran’.
Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1
Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.
Fahlevi, M.R. (2022) ‘Kajian Project Based Blended Learning (PjB2L) Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi Dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka (2022’, Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), pp. 230–249.
Fajar B, M., Hastuti, Saputra, M. F., Syafdwi, W. I., Sari, P. N., & Fardan, M. (2023). eran Flipped ClassroomDalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 28-35.
Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.
Fakhri, M. M., Awalia, R., Safi’i, J. A., B, M. A., Gunawan, N. N., & Fadhilatunisa, D. (2023). HUBUNGAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN KEPUASAN DAN KECEMASAN BELAJAR ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 53-62.
Fakhrunnisa, N., Putri, R. H., Edy, M. R., Armiana, Zainab, & Juharman, M. (2023). GamificationSebagai Strategi Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 63-68.
Irawan, A. and Komara, E.F. (2017) ‘Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung’, Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(2), pp. 123–134.
Isma, A., AdityahAlamsyahSyarif, AwaliahFitriNurAnanda, RadhaHasdaHalfis, Juharman, M., & Fakhri, M. M. (2023). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DANHASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 11-16.
Jayusman, I. and Shavab, O.A.K. (2020) ‘Studi deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah’, Jurnal Artefak, 7(1), pp. 13–20.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Novriansyah, & Ibrahim. (2021). Meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran flipped clasroom. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(1), 8-18. doi:http://dx.doi.org/10.36706/altius.v10i1.13575
Oktifa, N. (2022) ‘Strategi Pembelajaran Flipped Classroom’. Available at: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/strategi-pembelajaran-flipped-classroom.
Papilaya, J.O. and Huliselan, N. (2016) ‘Identifikasi gaya belajar mahasiswa’’, Jurnal Psikologi Undip, 15(1), pp. 56–63.
Sugiyono (2017) Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Tabbu, M. A., Hasriyanti, Mukhtar, N. A., Sulaiman, M. N., & Rosidah. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Blended Learning Berbasis LMS Moodle. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 78-86.
Utaminingtyas, S. and Evitasari, A.D. (2021) ‘Pendampingan Belajar Blended Learning dengan Model Flipped Classroom Dimasa Pandemi Untuk Siswa Sekolah Dasar’, DEDIKASI: Community Service Reports, 4(1).
Widyasari, N.F. (2022a) ‘Strategi Pelaksanaan Tatap Muka (Pembelajaran Luring) Pasca Pandemi Covid-19’, Journal of Instructional and Development Researches, 2(4), pp. 153–161.
Widyasari, N.F. (2022b) ‘Strategi Pelaksanaan Tatap Muka (Pembelajaran Luring) Pasca Pandemi Covid-19’’, Journal of Instructional and Development Researches, 2(4), pp. 153–161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asis Nojeng, Ana Sulistiana Alwi, Alfatira Nur Aisah, Zyair Muzyaitir, Muhammad Fardan, Deliya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Email: itej.diginus@gmail.com