Persepsi Mahasiswa Terhadap Learning Management System Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Universitas Negeri Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61255/itej.v1i1.45Keywords:
Learning Management System, Motivasi Belajar, Revolusi Industri 4.0Abstract
Era revolusi industri 4.0 adalah era dimana hampir seluruh hal dikendalikan oleh teknologi termasuk pada ranah pendidikan. Dampak era revolusi industri 4.0 pada ranah pendidikan merupakan bukti semakin banyaknya media pembelajaran berbasis teknologi yang memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi bahkan tanpa bertatap muka. Media pembelajaran berbasis teknologi ini memudahkan proses pembelajaran menurut segi efektivitas & efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar mahasiswa dalam penerapan e-learning seperti Learning Management System (LMS) sebagai media pembelajarannya. Jenis penelitan yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik kuisioner atau angket melalui google form. Berdasarkan pada analisis data angket yang diperoleh terhadap 117 mahasiswa dari 27 jurusan menunjukkan bahwa penggunaan LMS mahasiswa Universitas Negeri Makassar dalam meningkatkan motivasi belajar berjalan “netral”. Dimana mahasiswa merasa e-learning dapat meningkatkan motivasi dan dorongan dalam belajar mahasiswa di kondisi tertentu, namun juga dapat berdampak sebaliknya.
Abstract views: 466
,
PDF downloads: 667
Downloads
References
Anggraeni, S. R., & Kusuma, W. A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengguna Learning Management System Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Metode User Persona. Technologia: Jurnal Ilmiah, 12(3), 182. https://doi.org/10.31602/tji.v12i3.5182
Asrori, & Fachrurrozie. (2011). Penggunaan E-Learning Ilmo Untuk. Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VI(1), 1–14.
Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1
Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.
Fajar B, M., Hastuti, Saputra, M. F., Syafdwi, W. I., Sari, P. N., & Fardan, M. (2023). Peran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 26-35.
Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.
Fakhri, M. M., Awalia, R., Safi’i, J. A., B, M. A., Gunawan, N. N., & Fadhilatunisa, D. (2023). HUBUNGAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN KEPUASAN DAN KECEMASAN BELAJAR ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 53-62.
Fathoni. (2015). Implementasi e-learning sebagai komplemen dan blanded learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada matakuliah enterprise resources planning. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 7(1), 744–752. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hasfera, D., & Fadli, M. (2019). Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Shaut Al-Maktabah, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.15548/shaut.v11i1.131
Hidayat, W., Najafi, A. M., Ramlan, F., Ra’pak, F. T., Leo, M. A., & Baso, F. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Gamification Berbasis Online Terhadap Pencapaian Kompetensi MahasiswaUniversitas Negeri Makassar. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 17-27.
Isma, A., Adityah Alamsyah Syarif, Awaliah Fitri Nur Ananda, Radha Hasda Halfis, Juharman, M., & Fakhri, M. M. (2023). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DANHASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 11-16.
Kasim, N. N. M., & Khalid, F. (2016). Choosing the right learning management system (LMS) for the higher education institution context: A systematic review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(6), 55–61. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i06.5644
Margiati, B. Y., Setyawan, D., & Noor, F. M. (2019). ProBank : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan ISSN : 2579-5597 ( online ) ProBank : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan ISSN : 2579-5597 ( online ). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 4(2), 36–44.
Munir, M. (2010). Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 109–119. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.222
Qowaid, Q., Junaedi, D., Romli, M., & Primarni, A. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Implementasi Perkuliahan E-Learning Selama Pandemi Covid-19: Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(2), 114–141. https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i2.144
Rizaldy, D., Imanuel, K. D., & Huda, S. (2018). Metode Pembelajaran Blended Learning Sebagai Solusi dalam Menghadapi Reposisi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Dan Teknologi, 270–276. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4136
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. Biodik, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590
Saputra, A., & Susiana, S. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Learning Management System (LMS): Pengaruh Lokasi, Perangkat dan Analisis Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 81-92. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3591
Suwahyu, I., Rasid, N. F., Muttaqia, Gobel, Y. A., & Adistia, A. Z. (2023). Blended Learning Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 1-10.
Tabbu, M. A., Hasriyanti, Mukhtar, N. A., Sulaiman, M. N., & Rosidah. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Blended Learning Berbasis LMS Moodle. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 78-86.
Vhalery, R., Nur Alfilail, S., & Robbani, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Pembelajaran Online “Google Classroom” Pada Minat Dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1). https://doi.org/10.37010/int.v2i1.271
Yodha, S. A. (2019). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN E-LEARNINGDALAMMATA KULIAH MANAJEMEN SISTEM INFORMASIMAHASISWA JURUSANTEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 2(3), 181–187.
Yuanita, Ardi, M., Muis P, A., & Sari, P. N. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGETAHUAN KETEKNIKAN TERHADAP KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 ENREKANG. Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 46-52.
Zapata-Cuervo, N., Montes-Guerra, M. I., Shin, H. H., Jeong, M., & Cho, M. H. (2021). Students’ Psychological Perceptions Toward Online Learning Engagement and Outcomes during the COVID-19 Pandemic: A Comparative Analysis of Students in Three Different Countries. Journal of Hospitality and Tourism Education, 00(00), 1–15. https://doi.org/10.1080/10963758.2021.1907195
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN DARING SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37-45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hartini Ramli, Murniati, Nur Inayah Idil, Noer’ Ain, Putri Nanda Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Email: itej.diginus@gmail.com