About the Journal

Fokus dan Ruang Lingkup

Journal of Economics, Entreprenurship, Management Business and Accounting (JEEMBA) mencakup bidang ekonomi dan keuangan, manajemen bisnis dan akuntansi khususnya bidang akuntansi, manajemen, pasar modal, hukum bisnis, perpajakan, sistem informasi, serta bidang ekonomi dan keuangan lainnya. JEEMBA adalah sebuah jurnal nasional elektronik yang menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel review dari kontributor, dan berita teknologi terbaru terkait manajemen, akuntansi dan ekonomi.

Jurnal ini mencakup artikel penelitian asli, artikel ulasan, dan komunikasi singkat, termasuk:

  • Akuntansi keuangan
  • Akuntansi sektor publik
  • Auditing
  • Perpajakan
  • Sistem informasi akuntansi
  • Manajemen keuangan, 
  • Manajemen Pemasaran, 
  • Manajemen Sumber Daya Manusia, 
  • Perilaku Organisasi,
  • Tata kelola perusahaan, 
  • Manajemen Strategis, 
  • Manajemen operasi, 
  • Kebijakan publik, 
  • Manajemen akunting, 
  • Pendidikan Manajemen, 
  • Manajemen Syariah, 
  • Manajemen Pariwisata,
  • Manajemen Hijau,
  • Kewiraswastaan

Frekuensi Penerbitan

JEEMBA diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu setiap bulan Januari, Mei dan September.

Etika Publikasi

Journal of Economics, Entrepreneurship, Management Business and Accounting (JEEMBA) diterbitkan oleh Sakura Digital Nusantara yang terbit pertama kali pada bulan Januari tahun 2023, berkiprah dalam bidang ekonomi, entrepreneurship, manajemen dan akuntansi khususnya bidang akuntansi manajemen pasar modal, hukum bisnis, perpajakan, sistem informasi serta bidang ekonomi dan keuangan lainnya. JEEMBA diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu setiap bulan Januari dan Juli. Artikel yang dipublikasikan dalam JEEMBA dapat berupa Artikel Penelitian maupun artikel konseptual (Non penelitian).

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah JEEMBA yaitu pengelola, editor bagian, reviewer dan penulis (author). Inti kode etik publikasi ilmiah mencakup tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu:

1.  Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam
     pengelolaan publikasi

2.  Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak
     sebagai pengarang

3.  Kejujuran, yakni bebas dari plagiarisme dalam publikasi.

 

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit  Jurnal JEEMBA bertanggungjawab menerbitkan naskah yang setelah melalui proses  editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan  aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Penerbit  Jurnal JEEMBA bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan Mitra bebestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal JEEMBA bertanggungjawab menjaga privasi  dan kebebasan editorial.

 

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor Jurnal JEEMBA bertanggungjawab dalam memutuskan naskah yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada kebijakan editorial bagian. Selain itu, editor bertanggung jawab untuk mendeteksi plagiarisme.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, team editor berasaskan pada asas kesamaan perilaku dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasikan naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan atau ideoligi politik dari penulis.
  3. Editorial dan tim editor tidak akan memberitahukan kepada penulis tentang siapa yang menelaah kelayakan terbit dan sebaliknya nya (blind review).
  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh peneliti editor untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

 

Tanggung Jawab Reviewer

  1. Reviewer membantu editor bagian dalam membuat keputusan editorial terhadap artikel yang masuk
  2. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi artikel  yang ditelaahnya.
  3. Telaah artikel  dilakukan secara blind review dan obyektif dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  4. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi artikel yang ditelaahnya.
  5. Reviewer harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari artikel yang ditelaahnya untuk kepentingan sendiri,

 

Tanggung Jawab Editor Bagian

  1. Editor bagian bertanggungjawab terhadap kutipan, referansi, atas artikel  yang ditelaahnya setelah adanya saran atau masukan dari reviewer
  2. Editor bagian bertanggungjawanb untuk mengoreksi apakah yang disarankan oleh reviewer sudah dikerjakan
  3. Editor bagian bertanggungjawab untuk mengoreksi artikel apakah sudah sesuai dengan kebijakan jurnal JEEMBA.

 

Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis menyajikan artikel  penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
  2. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
  3. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel  yang telah ditulis.
  4. Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi

 

Open Access Policy

Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Manfaat akses terbuka bagi penulis, antara lain:

  • Akses gratis untuk semua pengguna di seluruh dunia
  • Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka
  • Peningkatan visibilitas dan jumlah pembaca
  • Publikasi cepat
  • Tidak ada kendala spasial

Karya/artikel dalam jurnal ini terikat dengan  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 

Proses Peer Review

Setiap artikel yang masuk ke redaksi akan diseleksi melalui proses Review Awal oleh Dewan Redaksi. Kemudian artikel akan dikirim ke Mitra Bebestari/peer reviewer dan akan masuk seleksi selanjutnya melalui Blind Preview Process. Setelah itu, artikel akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi. Proses ini memakan waktu sebulan untuk waktu maksimum. Dalam setiap naskah, Mitra Bebestari/peer reviewer akan dinilai dari aspek substansi dan teknis.

Mitra Bebestari atau peer reviewer yang bekerja sama dengan JEEMBA adalah para ahli di bidang ekonomi, entreprenurship, manajemen bisnis dan akuntansi. Mereka berpengalaman dalam pengelolaan dan publikasi jurnal bergengsi yang tersebar di dalam dan luar negeri. Semua naskah yang dikirimkan dibaca oleh staf redaksi. Naskah yang dievaluasi oleh editor tidak sesuai dengan kriteria jurnal akan segera ditolak tanpa tinjauan eksternal. Naskah yang dinilai berpotensi menarik bagi pembaca kami dikirim ke tinjauan sejawat buta. Editor kemudian mengambil keputusan berdasarkan rekomendasi reviewer dari beberapa kemungkinan : ditolak, diperlukan revisi, atau diterima. Editor memiliki hak untuk memutuskan manuskrip mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Proses Peninjauan : Editor memiliki hak untuk memutuskan manuskrip mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Proses Peninjauan : Editor memiliki hak untuk memutuskan manuskrip mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Proses Peninjauan :

  1. Penulis mengirimkan naskah
  2. Evaluasi Editor (beberapa naskah ditolak atau dikembalikan sebelum proses review)
  3. Tinjauan rekan buta 
  4. Keputusan Redaktur
  5. Konfirmasi kepada penulis