Efikasi Diri Siswa EFL Indonesia Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Tahun Penerapan PBI 2017 1.2)
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i2.173Keywords:
Siswa EFL, Self Efficacy, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak efikasi diri terhadap prestasi belajar dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) di Indonesia, dengan fokus pada enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017 PBI 1.2 di UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara tingkat efikasi diri dan prestasi belajar mahasiswa. Siswa dengan indeks prestasi tinggi cenderung memiliki efikasi diri yang tinggi, tercermin dalam kepercayaan diri mereka saat menjawab pertanyaan dan dalam pemahaman akan sumber-sumber efikasi diri, seperti pengalaman dan kondisi fisiologis. Di sisi lain, mahasiswa dengan indeks prestasi sedang juga memiliki tingkat efikasi diri yang tinggi, terutama dalam konteks kepercayaan diri saat menjawab pertanyaan, meskipun sumber efikasi diri mereka mungkin berbeda. Penelitian ini merekomendasikan upaya untuk meningkatkan efikasi diri mahasiswa sebagai aspek penting dalam mengatasi tantangan akademik di perguruan tinggi.
Abstract views: 204
,
PDF downloads: 206
Downloads
References
Bandura, A. (1993).Kemanjuran Diri yang Dirasakan dalam Pengembangan dan Fungsi Kognitif: Cambridge Pers Universitas
Bandura, A. (1994).Efikasi Diri: Cambridge University Press
Bandura, A. (1997).Self-Efikasi dalam Mengubah Masyarakat: Cambridge University Press. Bandura, A. (1986).Fondasi pemikiran dan tindakan sosial:Sebuah teori kognitif sosial. Englewood Tebing, NJ: Prentice-Hall.
Bandura, A. (1989). Sebuah teori tindakan kognitif sosial. Dalam JP Forgas & MJ Innes (Eds.), Kemajuan terbaru dalam psikologi sosial:Perspektif internasional (hlm. 127-138). Belanda Utara, Belanda: Elsevier.
Bandura, A. (1997). Efikasi Diri:Latihan kontrol. New York,NY: WH Freeman/Times Buku/ Henry Holt & Co.
Bandura, A. (2006). Panduan Membangun Efikasi Diri Guru.Remaja dan Pendidikan: Keyakinan Efikasi Diri Remaja, 324-335.
Buriel, R., Perez, W., De Ment, TL, Chavez, DV & Moran, VR (1998).Hubungan dari perantara bahasa untuk kinerja akademik, bikulturalisme, dan kemanjuran diri di kalangan remaja Latino.Jurnal Ilmu Perilaku Hispanik,20, 283-297.
Chemers, MM, Hu, LT, dan Garcia, BF (2001). Efikasi diri akademik dan pertamakinerja dan penyesuaian siswa tahun perguruan tinggi.Jurnal Psikologi Pendidikan 93(1): 55– 64.
Collins, SJ & Bissell, KL (2004).Keyakinan dan kompetensi di kalangan mahasiswa perguruan tinggi komunitas: Kemanjuran diri dan kinerja dalam tata bahasa. Jurnal Penelitian & Praktek Community College, 28(8), 663-675.
Davis, P. (2008)Evaluasi formatif program TRIO layanan dukungan siswa untuk berpenghasilan rendah dan self-efficacy siswa terikat perguruan tinggi generasi pertama di Butte-Glenn Community College District (Disertasi doktoral, University of Southern California). Diperoleh dari Disertasi & Tesis: A&I.
Dornyei, Z. (2005).Psikologi Perbedaan Individu Pembelajar Bahasa dalam Akuisisi Bahasa Kedua. New Jersey: Penerbit Lawrence Erlbaum Assiciates
Gardner, H. (1991).The Unschooled Mind: Hoe Children Think dan Bagaimana Sekolah Harus Mengajar.Baru York.
Gay, LR, Mills, GE, & Peter, WA (2006).Penelitian Pendidikan: Kompetensi Analisis dan Aplikasi(8 edisi). AMERIKA SERIKAT.
Hampton, N. (1998).Sumber skala efikasi diri akademik: Penilaian. Rehabilitasi Buletin Konseling, 41(4), 260
Kent, G., & Gibbons, R. (1987). Self-Efikasi dan Pengendalian Kognisi Cemas.Jurnal Terapi Perilaku dan Psikiatri Eksperimental, 7(18), 33-40
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Surianto Mappangara, Heriyanto Ali, Darmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id