Analisis Pengetahuan Mahasiswa tentang Penggunaan Chatbot Berbasis AI Pada Proses Pembelajaran

Authors

  • Ilma Wulansari Hasdiansa Universitas Negeri Makassar
  • Hajar Dewantara Universitas Negeri Makassar
  • Adam Ramadhan Universitas Negeri Makassar
  • Akmar Akilah Kautsar Universitas Negeri Makassar
  • Al Maududi Bahmar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i2.205

Keywords:

Aspek Pengetahuan, Akuisisi Pengetahuan, Chatbot Berbasis AI, Era Digital, Manajemen Pengetahuan

Abstract

Penelitian ini mendetailkan peran penting aspek pengetahuan dan akuisisi pengetahuan dalam meningkatkan efektivitas penggunaan ChatBot oleh mahasiswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 90% dalam konteks pembelajaran, ChatBot yang didesain khusus perlu menyajikan informasi yang akurat dan relevan guna memperkaya pemahaman mahasiswa. Faktor-faktor seperti konfirmasi ekspektasi, tingkat kepuasan, dan manajemen pengetahuan juga terbukti memiliki dampak signifikan terhadap penggunaan ChatBot secara berkelanjutan. Metode penelitian yang mendukung abstrak ini mencakup metode kuantitatif seperti survei dan analisis statistik untuk mengukur tingkat kepuasan dan konfirmasi ekspektasi pengguna terhadap ChatBot. Rekomendasi dari studi ini mencakup perbaikan desain ChatBot untuk memenuhi harapan pengguna, serta optimalisasi peran ChatBot dalam manajemen materi kuliah di lingkungan universitas. Analisis ini memberikan kontribusi penting bagi pengembang, desainer, penyedia layanan, dan instruktur untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas ChatBot dalam mendukung proses pembelajaran mahasiswa.

Abstract views: 1263 , PDF downloads: 1066

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamopoulou, E., & Moussiades, L. (2020). Chatbots: History, technology, and applications. Machine Learning with Applications, 2, 100006. https://doi.org/10.1016/j.mlwa.2020.100006

Al-Sharafi, M. A., Al-Emran, M., Iranmanesh, M., Al-Qaysi, N., Iahad, N. A., & Arpaci, I. (2023). Understanding the impact of knowledge management factors on the sustainable use of AI-based chatbots for educational purposes using a hybrid SEM-ANN approach. Interactive Learning Environments, 31(10), 7491–7510. https://doi.org/10.1080/10494820.2022.2075014

Arfah Sahabudin. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus : Mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.63

Aziz, N. J. A., Wahid, N. N., & Rosidah, E. (2024). PERSEPSI KEPUASAN DAN MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PENCATATAN INFORMASI KEUANGAN (SIAPIK) Nur Jannah Abdi Aziz 1 , Nisa Noor Wahid 1 , dan Euis Rosidah 1 1. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 25(3), 1–13.

Dokukina, I., & Gumanova, J. (2020). The rise of chatbots-new personal assistants in foreign language learning. Procedia Computer Science, 169, 542–546. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.02.212

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). Pengaruh Blended Learning Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93–106. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.35345

Fakhri, M. M., Ahmar, A. S., Isma, A., & Fadhilatunisa, D. (2024). Exploring Generative AI Tools Frequency: Impacts on Attitude, Satisfaction, and Competency in Achieving Higher Education Learning Goals. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 4(1).

Fakhri, M. M., Wahid, A., Fadhilatunisa, D., Surianto, D. F., Fajar B, M., & Hidayat, A. (2022). Pengaruh Model Blended Problem Based Learning Berbasis Lms Moodle Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 670–684. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.501

Fathahillah, F., Fakhri, M. M., & Ahmar, A. S. (2023). Analysis of Artificial Intelligence Literacy in the Blended Learning Model in Higher Education. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 566–575. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline2049

Isma, A., Arifah, F. N., Zikry, A., Bitrayoga, M., Mardiani, E., Makassar, U. N., Patria, S. B., Lahat, U. S., & Nasional, U. (2024). Optimizing Academic Information Delivery : A Hybrid AI Chatbot Model. 7(1), 40–46.

Kunci, K. (n.d.). The Effectiveness of Artificial Intelligence (AI) in Answering Higher Order Thinking Skill (HOTS) Questions (Vol. 6, Issue 1).

Okonkwo, C. W., & Ade-Ibijola, A. (2021). Chatbots applications in education: A systematic review. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2, 100033. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100033

Putri Dwima Ernis, & Padli Pirdaus. (2022). Dampak Teknologi Artificial Intelligence Pada Profesi Akuntansi. In EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi (Vol. 2, Issue 1, pp. 131–137). https://doi.org/10.56799/ekoma.v2i1.1154

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(01), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In C. Homburg, M. Klarmann, & A. Vomberg (Eds.), Handbook of Market Research (pp. 587–632). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57413-4_15

Sediono, M., & Kusumadewi, S. (2022). Analisis User Acceptance Pada Aplikasi Layanan Kesehatan Online di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 203–218. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1463

Sediyono, E., Hasibuan, Z. A., Setyawan, I., Purnama Harahap, E., & Darmawan, A. (2022). Analisa Sistematis Manajemen Pengetahuan Digital Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan di Universitas. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 28–40. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.790

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Subiyantoro, S., Ekosusilo, M., Kharisma Putra, H., & Fauziyah, S. (2023). Analisis Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Penggunaan Chatbot Artificial Intelligence dalam Pendidikan Tinggi Analysis of Teachers’ and Students’ Perceptions of Using Artificial Intelligence Chatbots in Higher Education. In Cognitive Development Journal (Vol. 1, Issue 1, pp. 1234–5678).

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Zeb, A., . H., Ali, M., Baig, R., & Rahman, S. (2019). Pre-Operative Anxiety in Patients at Tertiary Care Hospital Peshawar Pakistan. South Asian Research Journal of Nursing and Healthcare, 01(01), 26–30. https://doi.org/10.36346/sarjnhc.2019.v01i01.004

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Ilma Wulansari Hasdiansa, Hajar Dewantara, Adam Ramadhan, Akmar Akilah Kautsar, & Al Maududi Bahmar. (2024). Analisis Pengetahuan Mahasiswa tentang Penggunaan Chatbot Berbasis AI Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(2), 133–142. https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i2.205

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)