Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Sinkron dan Asinkron dengan Pendekatan UTAUT
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i2.222Keywords:
Pembelajaran blended, Ketahanan pembelajaran, Lingkungan akademik, Metode penelitian kuantitatifAbstract
Tujuan penelitian adalah bagaimana meningkatkan ketahanan pembelajaran di lingkungan akademik konvensional dan menggali potensi manfaat dari penerapan pembelajaran ini. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan desain longitudinal, artikel ini mengumpulkan data dari mahasiswa Universitas Negeri Makassar sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran blended dan online memiliki tingkat ketahanan yang memadai di lingkungan akademik konvensional. Meskipun demikian, faktor-faktor seperti kualitas materi pembelajaran, interaksi antara dosen dan mahasiswa, serta dukungan teknologi tetap berpengaruh signifikan terhadap ketahanan pembelajaran. Artikel ini merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk memperluas cakupan dan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang memengaruhi ketahanan pembelajaran blended dan online. Dalam konteks pandemi COVID-19, penelitian lebih lanjut juga harus mempertimbangkan dampaknya terhadap pembelajaran kombinasi dan daring. Artikel ini memberikan dasar bagi praktisi, pengambil kebijakan, dan peneliti untuk memahami peran teknologi dalam pendidikan tinggi, dengan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di lingkungan akademik konvensional.
Abstract views: 270
,
PDF downloads: 209
Downloads
References
A. Ali, R. M. I. Khan, and A. Alouraini, “A Comparative Study on the Impact of Online and Blended Learning,” SAGE Open, vol. 13, no. 1, p. 21582440231154417, Jan. 2023, doi: 10.1177/21582440231154417.
A. Zeb, . H., M. Ali, R. Baig, and S. Rahman, “Pre-Operative Anxiety in Patients at Tertiary Care Hospital Peshawar Pakistan,” South Asian Res. J. Nurs. Healthc., vol. 01, no. 01, pp. 26–30, Sep. 2019, doi: 10.36346/sarjnhc.2019.v01i01.004.
A. Hernawan, T. Lestari, and E. Permatasari, “Studi Evaluasi Pembelajaran Daring Dan Pengaruhnya Pada Resiliensi Akademik Mahasiswa Dalam Masa Pandemi Covid 19,” EduHumaniora J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 13, pp. 104–111, Aug. 2021, doi: 10.17509/eh.v13i2.35304.
B. Lund, “The questionnaire method in systems research: an overview of sample sizes, response rates and statistical approaches utilized in studies,” VINE J. Inf. Knowl. Manag. Syst., vol. 53, no. 1, pp. 1–10, Jan. 2021, doi: 10.1108/VJIKMS-08-2020-0156.
D. H. Simbolon, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Moodle Sebagai Sarana Pendukung Blended Learning Mahasiswa,” J. Rev. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 5, no. 1, pp. 60–67, Jun. 2022, doi: 10.31004/jrpp.v5i1.4671.
D. Y. Amalia and J. Julia, “Transisi Pendidikan Era New Normal: Analisis Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, Art. no. 2, Feb. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2171.
Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.
Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(2), 194-208.
F. Hapsari, M. Herawati, and D. Shahreza, “Faktor-faktor Minat Belajar Siswa menggunakan Model Blended Learning Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh,” J. Educ., vol. 5, no. 3, Art. no. 3, Feb. 2023.
Fakhri, M. M., Wahid, A., Fadhilatunisa, D., Surianto, D. F., & Hidayat, A. (2022). PENGARUH MODEL BLENDED PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 670-684.
Fathahillah, F., Fakhri, M. M., & Ahmar, A. S. (2023). Analysis of Artificial Intelligence Literacy in the Blended Learning Model in Higher Education. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 566-575.
Fakhri, M. M., Ahmar, A. S., Isma, A., & Fadhilatunisa, D. (2024). Exploring Generative AI Tools Frequency: Impacts on Attitude, Satisfaction, and Competency in Achieving Higher Education Learning Goals. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 4(1).
H. Helsa and K. R. Lidiawati, “Online Learning During Covid 19 Pandemic: How Self-Regulated Learning Strategies Affect Student Engagement?,” Psibernetika, vol. 14, no. 1, Art. no. 1, May 2021, doi: 10.30813/psibernetika.v14i1.2570.
I. E. Sipahutar, “Edukasi dengan Media Komik terhadap Efikasi Diri Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Usia Sekolah,” J. Gema Keperawatan, vol. 13, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2020, doi: 10.33992/jgk.v13i2.1318.
J. F. Hair Jr, M. Sarstedt, L. Hopkins, and V. G. Kuppelwieser, “Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research,” Eur. Bus. Rev., vol. 26, no. 2, pp. 106–121, Jan. 2014, doi: 10.1108/EBR-10-2013-0128.
M. C. Sáiz-Manzanares, M.-C. Escolar-Llamazares, and Á. Arnaiz González, “Effectiveness of Blended Learning in Nursing Education,” Int. J. Environ. Res. Public. Health, vol. 17, no. 5, p. 1589, Mar. 2020, doi: 10.3390/ijerph17051589.
M. W. Solomo, “Academic, Personal, and Administrative Support in an Online Learning of State Universities and Colleges in Camarines Sur, Philippines,” J. Adv. Res. Soc. Sci., vol. 5, no. 4, Art. no. 4, Oct. 2022, doi: 10.33422/jarss.v5i4.743.
M. I. Muttaqien and T. Sylviana, “Pembelajaran E-Learning dalam Model Pembelajaran Blended Learning: Tinjauan Literatur Sistematis,” Jan. 2021.
N. Al-Kahtani, A. Almurayh, A. V. Subbarayalu, T. Sebastian, H. Alkahtani, and D. Aljabri, “Sustaining blended and online learning during the normal and new normal conditions in a Saudi higher education institution: health science students’ perspectives,” Heliyon, vol. 8, no. 10, p. e10898, Oct. 2022, doi: 10.1016/j.heliyon.2022.e10898.
S. Pokhrel and R. Chhetri, “A Literature Review on Impact of COVID-19 Pandemic on Teaching and Learning,” High. Educ. Future, vol. 8, no. 1, pp. 133–141, Jan. 2021, doi: 10.1177/2347631120983481.
S. Alam, H. F. Albozeidi, B. O. S. Al-Hawamdeh, and F. Ahmad, “Practice and Principle of Blended Learning in ESL/EFL Pedagogy: Strategies, Techniques and Challenges,” Int. J. Emerg. Technol. Learn. IJET, vol. 17, no. 11, Art. no. 11, Jun. 2022, doi: 10.3991/ijet.v17i11.29901.
T. Agustini and Z. Zaharuddin, “Implementasi Metode Pembelajaran Blended Learning Di Ra Miftahul Huda Pada Masa Pandemic Covid-19,” Gold. Age J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2021, doi: 10.29313/ga:jpaud.v5i2.8512.
U. H. Pasaribu, R. H. B. Ginting, V. Oktaviana, S. R. K. Manik, and V. O. Nabutaek, “Peran Teknologi dalam Pembelajaran daring di Masa Pandemi,” Arus J. Pendidik., vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Aug. 2022, doi: 10.57250/ajup.v2i2.63.
Z. J. Zhang and Y. Xu, “Strengths and Drawbacks of Blended Learning for Second Language Learning,” J. Contemp. Educ. Res., vol. 6, no. 10, Art. no. 10, Oct. 2022, doi: 10.26689/jcer.v6i10.4422.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sitti Hasbiah, Hajar Dewantara, Muhammad Alief Nur Hidayah Rani, Alya Olivia, Muh. Galang Nusantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id