Pengaruh Depresi, Efikasi Diri, dan Pengelolaan Sumber Daya pada Keterlibatan dalam Pembelajaran Berbasis Campuran Selama Pandemi COVID-19

Authors

  • Ahmad Shofi Mubarok Universitas Selamat Sri
  • Yayuk Chayatun Machsunah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Andika Isma Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Abi Faturohman Universitas Negeri Makassar
  • Fauziah Rahmasari Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i1.206

Keywords:

Depresi, Efikasi Diri, Keterlibatan Siswa, Manajemen Waktu, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh depresi, efikasi diri, dan manajemen sumber daya pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis campuran selama pandemi COVID-19. Dengan mengumpulkan data dari 65 responden menggunakan kuesioner, penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa mengalami tingkat depresi yang perlu mendapat perhatian serius, terutama terkait dengan kelelahan dan pemikiran tentang kematian. Hasil analisis data mengindikasikan peran krusial depresi, efikasi diri, manajemen waktu, dan keterlibatan siswa dalam konteks pembelajaran pandemi. Oleh karena itu, rekomendasi disampaikan untuk mengimplementasikan layanan konseling online dan panduan akademik guna mendukung kesejahteraan mental siswa. Selain itu, strategi manajemen waktu yang ditingkatkan dan interaksi guru-siswa yang lebih baik diharapkan dapat meningkatkan efikasi diri dan keterlibatan siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih positif dan adaptif di tengah tantangan pandemi. Penelitian ini tidak hanya memberikan wawasan mendalam bagi pendidik dan praktisi pendidikan, tetapi juga berpotensi memberikan kontribusi pada kemajuan pendidikan dan inovasi di masa mendatang.

Abstract views: 198 , PDF downloads: 158

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Permata, “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN TARBIYAH FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU TAHUN 202”.

M. Mastura and R. Santaria, “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa,” J. Studi Guru Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 289–295, Aug. 2020, doi: 10.30605/jsgp.3.2.2020.293.

B. Sari, B. A. Saadati, and M. Sadli, “PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NURUL IJTIHAD PUJUT LOMBOK TENGAH,” vol. 1, 2019.

M. Siahaan, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” no. 1, 2020.

A. Kahfi, “DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK,” vol. 4, no. 1, 2021.

A. Widyasari, M. R. Widiastono, D. Sandika, and Y. Tanjung, “Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19”.

O. Ivan and I. P. P. Adi, “Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid – 19,” Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, vol. 11, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2023, doi: 10.23887/jiku.v11i1.57397.

“DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA | Satya Widya.” Accessed: Nov. 16, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/4988

I. Mulyani, D. Wanda, and N. Agustini, “Dampak Situasi Pandemi COVID-19 terhadap Tumbuh Kembang Anak,” JOTING, vol. 3, no. 2, pp. 578–590, Oct. 2021, doi: 10.31539/joting.v3i2.2737.

M. Syofian and N. Gazali, “Kajian literatur: Dampak covid-19 terhadap pendidikan jasmani,” JOPE, vol. 3, no. 2, p. 93, Jul. 2021, doi: 10.31258/jope.3.2.93-102.

“Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran | UNICEF Indonesia.” Accessed: Nov. 16, 2023. [Online]. Available: https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-proses-pembelajaran

“VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems | Emerald Insight.” Accessed: Nov. 16, 2023. [Online]. Available: https://www.emerald.com/insight/publication/issn/2059-5891

A. Zeb, . H., M. Ali, R. Baig, and S. Rahman, “Pre-Operative Anxiety in Patients at Tertiary Care Hospital Peshawar Pakistan,” SARJNHC, vol. 01, no. 01, pp. 26–30, Sep. 2019, doi: 10.36346/sarjnhc.2019.v01i01.004.

M. Sarstedt, C. M. Ringle, and J. F. Hair, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling,” in Handbook of Market Research, C. Homburg, M. Klarmann, and A. Vomberg, Eds., Cham: Springer International Publishing, 2022, pp. 587–632. doi: 10.1007/978-3-319-57413-4_15.

H. Heo, C. J. Bonk, and M. Y. Doo, “Influences of depression, self-efficacy, and resource management on learning engagement in blended learning during COVID-19,” The Internet and Higher Education, vol. 54, p. 100856, Jun. 2022, doi: 10.1016/j.iheduc.2022.100856.

Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 23(2), 194-208.

Fathahillah, F., Fakhri, M. M., & Ahmar, A. S. (2023). Analysis of Artificial Intelligence Literacy in the Blended Learning Model in Higher Education. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 566-575.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Ahmad Shofi Mubarok, Yayuk Chayatun Machsunah, Andika Isma, Muh. Abi Faturohman, & Fauziah Rahmasari. (2024). Pengaruh Depresi, Efikasi Diri, dan Pengelolaan Sumber Daya pada Keterlibatan dalam Pembelajaran Berbasis Campuran Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i1.206

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)