Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Blended Learning Berbasis LMS Moodle
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i1.3Keywords:
Blended Learning, LMS MoodleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa jurusan teknik informatika dan komputer Universitas Negeri Makassar mengenai efektivitas model pembelajaran berbasis blended learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan lembar kuesioner digunakan oleh peneliti sebagai instrumen pengumpulan data. Data dikumpulkan menggunakan platform Google Form. Ada 10 pernyataan dalam kuesioner, data kuesioner ditampilkan pada rentang 1 sampai 4 dari yang tidak setuju hingga sangat setuju. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar sebanyak 50 orang. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran campuran atau lebih dikenal dengan istilah blended learning dapat diimplementasikan dengan baik.
Abstract views: 880
,
PDF downloads: 701
Downloads
References
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111–119.
Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 74.
Destiana, I. D., Rahayu, W. E., Mukminah, N., & Yudianto, O. (2019). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Agroindustri Politeknik Negeri Subang. EDUFORTECH, 4(2).
Eryilmaz, M. (2015). The Effectiveness Of Blended Learning Environments. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 8(4), 251–256. https://doi.org/10.19030/cier.v8i4.9433
Fakhri, M. M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., Satnur, M. A., & Fajrin, F. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157-169.
Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.
Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1
Hadiansyah, M. H. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KEMAHIRAN MENYIMAK DI MAN 1 TULUNGAGUNG. 9.
Hamzah, F., & Mujib, A. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA PELAJARAN MATEMATIKA. 10(1), 9.
Hariyadi, E., Sejati, A. E., & Zulhija, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19 Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi SMA. 6, 12.
Hasanah, H., Jamaluddin, J., & FAKHRI, M. M. (2020). EFEKTIVITAS MODEL BLENDED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1).
Ma’rufah, L. A., & Arsanti, M. (2022). Inovasi dan Strategi Pembelajaran untuk Menghadapi Era Society 5.0. 6.
Maulina, M., Sri Andriyani, A., Amin, S., Nasrullah, R., Asdar, A., & Hamsiah, A. (2022). Students’ Perception in Learning English through Blended Learning. Journal of Education and Teaching (JET), 3(1), 50–68.
Nurhadi, N. (2020). BLENDED LEARNING DAN APLIKASINYA DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19. 19, 8.
Renner, D., Laumer, S., & Weitzel, T. (2014). Effectiveness and efficiency of blended learning–A literature review.
Saputra, R., Yuniarti, R., & Gunawan, G. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Implementasi Blended Learning di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 4(3), 283.
Septiana, Y. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Blended Learning pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Akuntansi. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 213–221.
Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., & Aziz, A. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. 7(1), 6.
Utami, L., & Zaim, M. (2022). Students’ Perception toward the Implementation of Blended Learning in Essay Writing Class of the Third Semester Students English Department Universitas Negeri Padang. 11(3), 14.
Yana, D., & Adam, A. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PLATFORM LMS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. JURNAL DIMENSI, 8(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ansarullah S. Tabbu, Hasriyanti, Nur Aisyah Mukhtar, Muh. Nur Sulaiman, Rosidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id