Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Di SMK Negeri 2 Gowa
Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Gowa
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.573Keywords:
Media Sosial, Prestasi AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi akademik peserta didik di SMK Negeri 2 Gowa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media sosial, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi akademik. Penelitian dilaksanakan pada Juli hingga September 2024 dengan populasi sebanyak 72 peserta didik kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik dari kelas XI TKJ B, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, uji koefisien determinasi, dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,170 tergolong sangat lemah, sehingga hipotesis nol (H₀) diterima. Penggunaan media sosial diketahui berkontribusi sebesar 31,8% terhadap prestasi akademik, sedangkan 68,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi akademik peserta didik di SMK Negeri 2 Gowa relatif rendah.
Abstract views: 150
,
PDF downloads: 177
Downloads
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian (R. Abubakar, Ed.; 1st ed., Vol. 1). 2021.
Agustiah, D., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 181.
Akın, A., Altundağ, Y., Turan, M. E., & Akın, U. (2014). The Validity and Reliability of the Turkish Version of the Smart Phone Addiction Scale-short Form for Adolescent. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 74–77.
Amin, N. R., & Garancang, S. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1).
Andini, R. (2022). Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Pendidikan: Evaluasi Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 72–85.
Asmawati, H. T., & Hartati, D. (2021). Hubungan Antara Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Mahapeserta didik di Perguruan Tinggi Kota Pekanbaru. Jurnal Gema Pustakawan, 9(2), 160–161.
Fajar, H., & Irwansyah, M. (2021). Analisis Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Akademik di Era Digital. . Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 18(2), 95–104.
Fauzia, S., Istirohmana, N., Lestari, P., & Azizah, N. M. (2023). Dampak penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik. Jurnal Belaindika:Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan., 5(1), 22.
Greenhow, C., & and Lewin, C. (2016). Social media and education: reconceptualizing the boundaries of formal and informal learning. Learning, Media and Technology, 41(1), 6–30.
Masrukhin, N. (2021). Analisis Regresi dalam Penelitian (1st ed., Vol. 1). Pustaka Pendidikan.
Nafessa, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone (Android) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Lintongnihuta. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3k), 2(2), 206–214.
Naffessa, N. (2021). Dampak Media Sosial terhadap Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(4), 225–239.
Nuraini, S. (2023). Reliabilitas Instrumen Penelitian dalam Pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 120–134.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145.
P. P. Jati. (2016). Analisis Pengaruh Aplikasi Whatsapp terhadap Kinerja Karyawan pada PT. First Position Group”. Pengaruh, Anal. Whatsapp, Apl. Kinerja, Terhadap Pada, Karyawan. Jurnal Teknologi, 1(1).
Pratiwi, S. (2023). Media Sosial sebagai Sumber Belajar: Dampaknya terhadap Motivasi dan Prestasi Akademik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 56–70.
Putri Khairunningtas. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kota Binjai. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
R. Fauzia. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 18(2).
Rahmat, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keterlibatan Akademik Peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 9(1), 105–118.
Rahmawati, V. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Tes Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Di Kelas XI SMK Negeri 1 Surabaya. Journal of Global and Multidisciplinary, 1, 367–371.
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. McGraw-Hill Medical Publishing.
Sari, L. (2021). Skala Likert dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Psikometri Pendidikan, 19(2), 45–57.
Sutrisno, M. (2023). Manajemen Waktu dan Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran. . Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(3), 97–111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhayi Musdira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id