Analisis Penggunaan Aplikasi ChatGPT: Model Pembelajaran Campuran Pada Mahasiswa STEAM
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.620Keywords:
Aplikasi ChatGPT, analisis deskriptif, pembelajaran campuran, STEMAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan aplikasi ChatGPT dalam konteks pembelajaran campuran di disiplin ilmu STEM di perguruan tinggi negeri. Data primer diperoleh dari 72 responden, yang merupakan mahasiswa STEM, melalui kuesioner online pada 24 Oktober 2023. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis karakteristik responden dan merinci tanggapan mereka. Analisis menyatakan bahwa mayoritas responden adalah perempuan dengan rata-rata usia 19 tahun, berasal dari berbagai semester dan angkatan, serta memiliki pendidikan terakhir SMA/SMK/sederajat. Sebagian besar dari mereka memiliki kemampuan komputer menengah, mengakses internet setiap hari, dan menggunakan smartphone. Penggunaan aplikasi Chat GPT dalam pembelajaran campuran STEM dinilai positif dalam aspek penggunaan, efektivitas, masa depan, dan penerapan. Aplikasi ini dianggap dapat memberikan solusi terhadap berbagai masalah, memungkinkan interaksi manusia-mesin yang alami, dan menjadi alat bermanfaat dalam pembelajaran, terutama pada mata pelajaran seperti matematika dan pemahaman bahasa asing atau materi kompleks.
Abstract views: 105
,
PDF downloads: 97
Downloads
References
An'ars, M. G., Hendrastuty, N., Damayanti, D., & Putra, A. D. (2023). Perancangan teks promosi UMKM Sikop Arrum Batik menggunakan program berbasis AI ChatGPT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 4(1), 11-18.
Baharuddin, B., Angielevi, D., & Prawitasari, D. S. (2023, November). Analisis performa ChatGPT dalam kasus problem-based learning. In Prosiding Seminar Sains Nasional dan Teknologi (Vol. 13, No. 1, pp. 101-107).
Hidayah, N. (2020). Efektivitas blended learning dalam proses pembelajaran, 14(1).
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling, 6(1).
Maulana, M. J., & Darmawan, C. (2023). Penggunaan ChatGPT dalam pendidikan berdasarkan perspektif etika akademik, 10.
Misnawati, M. (2023, April). ChatGPT: Keuntungan, risiko, dan penggunaan bijak dalam era kecerdasan buatan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 2, No. 1, pp. 54-67).
Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2020). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap mutu pendidikan di madrasah bertaraf internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75-87.
Nursanjaya, N. (2021). Memahami prosedur penelitian kualitatif: Panduan praktis untuk memudahkan mahasiswa. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 126-141.
Pramesthi, I. G. A. A. D., Persada, S. F., & Apriyansyah, B. (2021). Analisis tabulasi silang pada penggunaan selebriti endorser internasional: Studi kasus pada Nu Green Tea Indonesia. Jurnal Sains dan Seni ITS, 10(1), D59-D64.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.
Purnamasari, I., & Hayati, M. N. (2018). Analisis deskriptif pada faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, 6(2).
Ratten, V., & Jones, P. (2023). Generative artificial intelligence (ChatGPT): Implications for management educators. The International Journal of Management Education, 21(3), 100857.
Sánchez-Ruiz, L. M., et al. (2023). ChatGPT challenges blended learning methodologies in engineering education: A case study in mathematics. Applied Sciences, 13(10), 6039. https://doi.org/10.3390/app13106039
Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). Peran artificial intelligence ChatGPT dalam perencanaan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Masokan: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 1-18.
Singh, O. P. (2023). Artificial intelligence in the era of ChatGPT: Opportunities and challenges in mental health care. Indian Journal of Psychiatry, 65(3), 297.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Aeni Rahman, Azzah Ulima Rahma, Muh Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id