Persepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi Kota Makassar terhadap Efektivitas Penggunaan Chatbot AI sebagai Media Bantu Pembelajaran Interaktif

Authors

  • Andi Nurul Inaya Universitas Negeri Makassar
  • Athiyyah Anandira Universitas Negeri Makassar
  • Muh Akbar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.621

Keywords:

chatbot AI, mahasiswa teknik, pembelajaran interaktif

Abstract

Teknologi semakin berkembang pesat di era digital ini, dan penggunaan kecerdasan buatan (AI) semakin umum digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Salah satu bentuk AI yang digunakan dalam pendidikan adalah chatbot. Maka dari itu, artikel ini menganalisis persepsi mahasiswa perguruan tinggi di kota Makassar terkhusus pada fakultas teknik terhadap efektivitas penggunaan chatbot AI sebagai media bantu pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pengisian kuesioner secara online. Sampel penelitian terdiri dari 76 mahasiswa teknik di Perguruan Tinggi Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa bahwa chatbot AI membantu dalam proses pembelajaran, memfasilitasi pemerolehan dan berbagi pengetahuan, serta menerapkan pengetahuan dalam kegiatan belajar dan penugasan. Selain itu, mahasiswa juga merasa bahwa chatbot AI memberikan manfaat yang lebih besar dari yang mereka perkirakan dan memenuhi harapan mereka sebagai media bantu pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang penggunaan chatbot AI dalam konteks pendidikan dan bagaimana persepsi mahasiswa terhadap teknologi ini.

Abstract views: 128 , PDF downloads: 123

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, R., Marya, D., & Novianti, A. (2023). Penggunaan metode string matching pada sistem informasi mahasiswa Polinema dengan chatbot. JURNAL ELTEK. https://doi.org/10.33795/eltek.v21i1.381

Adamopoulou, E., & Moussiades, L. (2020). An overview of chatbot technology. In I. Maglogiannis, L. Iliadis, & E. Pimenidis (Eds.), Artificial intelligence applications and innovations (Vol. 584, pp. 373–383). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-49186-4_31

Al-Sharafi, M. A., Al-Emran, M., Iranmanesh, M., Al-Qaysi, N., Lahad, N. A., & Arpaci, I. (2023). Understanding the impact of knowledge management factors on the sustainable use of AI-based chatbots for educational purposes using a hybrid SEM-ANN approach. Taylor & Francis. https://www.tandfonline.com/doi/citedby/10.1080/10494820.2022.2075014?scroll=top&needAccess=true

Budi, I., Putrayasa, I., Wisudariani, N., & Sudiana, I. (2024). PERAN DAN TANTANGAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MASA DEPAN. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.51878/learning.v4i4.3767

Dhewy, R. C. (2022). Pelatihan analisis data kuantitatif untuk penulisan karya ilmiah mahasiswa. J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2(3), Article 3. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. J. Ilm. Pendidik. Holistik JIPH, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hans, R. (2023). Rumus Excel dasar untuk analisis statistik deskriptif. DQLab. https://dqlab.id/rumus-excel-dasar-untuk-analisis-statistik-deskriptif

Hanif, Z. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Whatsapp Chatbot.

Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis kemampuan pedagogi guru SMK yang sedang mengambil pendidikan profesi guru dengan metode deskriptif kuantitatif dan metode kualitatif. INVOTEK J. Inov. Vokasional Dan Teknol., 20(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652

Nirwani, N., & Priyanto, P. (2024). Integrasi Artificial Intelligence dalam pembelajaran bahasa di SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.36858

Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., Hernawati, & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat kecerdasan buatan ChatGPT untuk membantu penulisan ilmiah. TEMATIK, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1291

Poeteri, N. A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). Persepsi generasi milenial terhadap platform peer-to-peer lending berdasarkan karakteristik demografi. J. Indones. Sos. Teknol., 2(03), 411–426. https://doi.org/10.59141/jist.v2i03.106

Rahayu, S., & Noviansyah. (2023). Pemanfaatan aplikasi Mendeley dan Google Form dalam pembuatan referensi dan kuesioner tugas akhir mahasiswa. Jurnal UMMAT, 6(1). https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/6576/pdf

Rukmana, A. Y., Supriandi, S., & Wirawan, R. (2023). Penggunaan teknologi dalam pendidikan: Analisis literatur mengenai efektivitas dan implementasi. Jurnal Pendidik. West Sci., 1(07), Article 07. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.541

Rukmana, A. Y., Supriandi, S., & Wirawan, R. (2023). Exploring the effectiveness of chatbot AI in interactive learning: A case study in technological education. 20, 2023.

Ruskamto, M., Pragiwani, M., & Anhar, M. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas website, citra instansi terhadap kepuasan masyarakat pada kantor administrasi hukum umum Cikini Jakarta (KEMENKUMHAM). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Website Citra Instansi Terhadap Kepuasan Masy. Pada Kant. Adm. Huk. Umum Cikini Jkt. KEMENKUMHAM. https://doi.org/10/2/Artikel%20Bahasa%20Inggris.pdf

Santika, A. A., Saragih, T. H., & Muliadi, M. M. (2023). Penerapan skala Likert pada klasifikasi tingkat kepuasan pelanggan agen Brilink menggunakan Random Forest. JUSTIN J. Sist. Dan Teknol. Inf., 11(3), 405–411. https://doi.org/10.26418/justin.v11i3.62086

Sudipa, I. G. I. et al. (2023). Teknik visualisasi data. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sugiono, S. (2021). Pemanfaatan chatbot pada masa pandemi COVID-19: Kajian fenomena society 5.0. J. PIKOM Penelit. Komun. Dan Pembang., 22(2), Article 2. https://doi.org/10.31346/jpikom.v22i2.3833

Wijirahayu, S., Roza, E., & Fathin, A. A. (2024). Pendampingan Pengayaan Buku Ajar dengan E-Book dan Multi Media Berbasis AI. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i4.896

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Andi Nurul Inaya, Athiyyah Anandira, & Akbar, M. (2025). Persepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi Kota Makassar terhadap Efektivitas Penggunaan Chatbot AI sebagai Media Bantu Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Terapan, 3(2), 102–109. https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.621

Issue

Section

Articles