Persepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi Kota Makassar terhadap Efektivitas Penggunaan Chatbot AI sebagai Media Bantu Pembelajaran Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v3i2.621Keywords:
chatbot AI, mahasiswa teknik, pembelajaran interaktifAbstract
Teknologi semakin berkembang pesat di era digital ini, dan penggunaan kecerdasan buatan (AI) semakin umum digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Salah satu bentuk AI yang digunakan dalam pendidikan adalah chatbot. Maka dari itu, artikel ini menganalisis persepsi mahasiswa perguruan tinggi di kota Makassar terkhusus pada fakultas teknik terhadap efektivitas penggunaan chatbot AI sebagai media bantu pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pengisian kuesioner secara online. Sampel penelitian terdiri dari 76 mahasiswa teknik di Perguruan Tinggi Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa bahwa chatbot AI membantu dalam proses pembelajaran, memfasilitasi pemerolehan dan berbagi pengetahuan, serta menerapkan pengetahuan dalam kegiatan belajar dan penugasan. Selain itu, mahasiswa juga merasa bahwa chatbot AI memberikan manfaat yang lebih besar dari yang mereka perkirakan dan memenuhi harapan mereka sebagai media bantu pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang penggunaan chatbot AI dalam konteks pendidikan dan bagaimana persepsi mahasiswa terhadap teknologi ini.
Abstract views: 128
,
PDF downloads: 123
Downloads
References
Ardiansyah, R., Marya, D., & Novianti, A. (2023). Penggunaan metode string matching pada sistem informasi mahasiswa Polinema dengan chatbot. JURNAL ELTEK. https://doi.org/10.33795/eltek.v21i1.381
Adamopoulou, E., & Moussiades, L. (2020). An overview of chatbot technology. In I. Maglogiannis, L. Iliadis, & E. Pimenidis (Eds.), Artificial intelligence applications and innovations (Vol. 584, pp. 373–383). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-49186-4_31
Al-Sharafi, M. A., Al-Emran, M., Iranmanesh, M., Al-Qaysi, N., Lahad, N. A., & Arpaci, I. (2023). Understanding the impact of knowledge management factors on the sustainable use of AI-based chatbots for educational purposes using a hybrid SEM-ANN approach. Taylor & Francis. https://www.tandfonline.com/doi/citedby/10.1080/10494820.2022.2075014?scroll=top&needAccess=true
Budi, I., Putrayasa, I., Wisudariani, N., & Sudiana, I. (2024). PERAN DAN TANTANGAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MASA DEPAN. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.51878/learning.v4i4.3767
Dhewy, R. C. (2022). Pelatihan analisis data kuantitatif untuk penulisan karya ilmiah mahasiswa. J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2(3), Article 3. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. J. Ilm. Pendidik. Holistik JIPH, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Hans, R. (2023). Rumus Excel dasar untuk analisis statistik deskriptif. DQLab. https://dqlab.id/rumus-excel-dasar-untuk-analisis-statistik-deskriptif
Hanif, Z. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Whatsapp Chatbot.
Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis kemampuan pedagogi guru SMK yang sedang mengambil pendidikan profesi guru dengan metode deskriptif kuantitatif dan metode kualitatif. INVOTEK J. Inov. Vokasional Dan Teknol., 20(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652
Nirwani, N., & Priyanto, P. (2024). Integrasi Artificial Intelligence dalam pembelajaran bahasa di SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.36858
Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., Hernawati, & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat kecerdasan buatan ChatGPT untuk membantu penulisan ilmiah. TEMATIK, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1291
Poeteri, N. A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). Persepsi generasi milenial terhadap platform peer-to-peer lending berdasarkan karakteristik demografi. J. Indones. Sos. Teknol., 2(03), 411–426. https://doi.org/10.59141/jist.v2i03.106
Rahayu, S., & Noviansyah. (2023). Pemanfaatan aplikasi Mendeley dan Google Form dalam pembuatan referensi dan kuesioner tugas akhir mahasiswa. Jurnal UMMAT, 6(1). https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/6576/pdf
Rukmana, A. Y., Supriandi, S., & Wirawan, R. (2023). Penggunaan teknologi dalam pendidikan: Analisis literatur mengenai efektivitas dan implementasi. Jurnal Pendidik. West Sci., 1(07), Article 07. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.541
Rukmana, A. Y., Supriandi, S., & Wirawan, R. (2023). Exploring the effectiveness of chatbot AI in interactive learning: A case study in technological education. 20, 2023.
Ruskamto, M., Pragiwani, M., & Anhar, M. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas website, citra instansi terhadap kepuasan masyarakat pada kantor administrasi hukum umum Cikini Jakarta (KEMENKUMHAM). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Website Citra Instansi Terhadap Kepuasan Masy. Pada Kant. Adm. Huk. Umum Cikini Jkt. KEMENKUMHAM. https://doi.org/10/2/Artikel%20Bahasa%20Inggris.pdf
Santika, A. A., Saragih, T. H., & Muliadi, M. M. (2023). Penerapan skala Likert pada klasifikasi tingkat kepuasan pelanggan agen Brilink menggunakan Random Forest. JUSTIN J. Sist. Dan Teknol. Inf., 11(3), 405–411. https://doi.org/10.26418/justin.v11i3.62086
Sudipa, I. G. I. et al. (2023). Teknik visualisasi data. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sugiono, S. (2021). Pemanfaatan chatbot pada masa pandemi COVID-19: Kajian fenomena society 5.0. J. PIKOM Penelit. Komun. Dan Pembang., 22(2), Article 2. https://doi.org/10.31346/jpikom.v22i2.3833
Wijirahayu, S., Roza, E., & Fathin, A. A. (2024). Pendampingan Pengayaan Buku Ajar dengan E-Book dan Multi Media Berbasis AI. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i4.896
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andi Nurul Inaya, Athiyyah Anandira, Muh Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id