Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Authors

  • Dyah Darma Andayani Universitas Negeri Makassar
  • Fhatiah Adiba Universitas Negeri Makassar
  • Andi Baso Kaswar Universitas Negeri Makassar
  • Gufran Darma Dirawan Universitas Negeri Makassar
  • Ridwansyah Universitas Negeri Makassar
  • Marwan Eka Ramdhany Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.109

Keywords:

media pembelajaran, aplikasi, case-based learnng, project based learning, merdeka belajar

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka belajar menuntut guru untuk lebih menerapkan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Namun, ketersediaan teknologi tidak membuat penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi menjadi lazim dalam kelas terutama di sekolah-sekolah kabupaten Takalar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru-guru di Kabupaten Takalar dalam memanfaatkan aplikasi media yang tersedia secara online dalam mengembangkan media pembelajaran sebagai bagian perangkat pembelajaran pada kurikulum Merdeka Belajar yang digunakan. Pelatihan dilakukan dengan menggabungkan metode case-based method dan project-based learning. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru-guru di kabupaten Takalar telah mampu mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif baik dalam menyampaikan materi pembelajaran maupun dalam bentuk evaluasi pembelajaran .

Abstract views: 331 , PDF downloads: 277

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1).

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70.

Hidayatullah, A. (2018). Digital learning. UMSurabaya Publishing.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 1–16.

Sudjimat, D. A., & ST, M. P. (2022). Implementasi Project-Based Learning dan Pengembangan Karakter Pekerja Abad XXI. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Andayani, D. D., Fhatiah Adiba, Andi Baso Kaswar, Gufran Darma Dirawan, Ridwansyah, & Marwan Eka Ramdhany. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi . Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 106–111. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.109

Issue

Section

Articles