Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.109Keywords:
media pembelajaran, aplikasi, case-based learnng, project based learning, merdeka belajarAbstract
Penerapan kurikulum merdeka belajar menuntut guru untuk lebih menerapkan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Namun, ketersediaan teknologi tidak membuat penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi menjadi lazim dalam kelas terutama di sekolah-sekolah kabupaten Takalar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru-guru di Kabupaten Takalar dalam memanfaatkan aplikasi media yang tersedia secara online dalam mengembangkan media pembelajaran sebagai bagian perangkat pembelajaran pada kurikulum Merdeka Belajar yang digunakan. Pelatihan dilakukan dengan menggabungkan metode case-based method dan project-based learning. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru-guru di kabupaten Takalar telah mampu mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif baik dalam menyampaikan materi pembelajaran maupun dalam bentuk evaluasi pembelajaran .
Abstract views: 331
,
PDF downloads: 277
Downloads
References
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1).
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70.
Hidayatullah, A. (2018). Digital learning. UMSurabaya Publishing.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 1–16.
Sudjimat, D. A., & ST, M. P. (2022). Implementasi Project-Based Learning dan Pengembangan Karakter Pekerja Abad XXI. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dyah Darma Andayani, Fhatiah Adiba, Andi Baso Kaswar, Gufran Darma Dirawan, Ridwansyah, Marwan Eka Ramdhany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com