Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui PKM

Authors

  • Ahmad Zaki Universitas Negeri Makassar
  • Usman Mulbar Universitas Negeri Makassar
  • Nasrullah Universitas Negeri Makassar
  • Alimuddin Universitas Negeri Makassar
  • Ilham Minggi Universitas Negeri Makassar
  • Sutamrin Universitas Negeri Makassar
  • Hisyam Ihsan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.114

Keywords:

PKM, Media Pembelajaran, IT, Pelatihan dan Bimbingan

Abstract

Program PKM dilakukan dengan metode memberikan pelatihan, bimbingan, dan pendampingan kepada peserta mengenai pelatihan pengembangan media pembelajaran terintegrasi teknologi informasi yang dilakukan secara luring. Tujuan pelaksanaan PKM yaitu (1) untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan peserta mengenai pengembangan media pembelajaran, (2) untuk meningkatkan pengetahuan mengenai teknologi informasi, (3) untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan media pembelajaran terintegrasi teknologi informasi, dan (4) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan media pembelajaran terintegrasi teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan program PKM yaitu (1) meningkatnya kompetensi dan pengetahuan peserta mengenai pengembangan media pembelajaran, (2) meningkatnya pengetahuan mengenai teknologi informasi, (3) meningkatnya kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan media pembelajaran terintegrasi teknologi informasi, dan (4) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan media pembelajaran terintegrasi teknologi informasi dalam proses pembelajaran.

Abstract views: 278 , PDF downloads: 288

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin, Mulbar, U., Nasrullah. 2018, 2019, 2020, 2021. PKM Pembelajaran Matematika Realistik untuk Guru Sekolah Dasar. Laporan PKM LPM Universitas Negeri Makassar.

Apriyanto. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe STAD (Students Teams – Achievement Divisions) pada Siswa Kelas VIII SMP. Tidak diterbitkan.

Arifin, Martoenoes. 2005. Filsafat Pendidikan. FIP Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Koehler, M., & Mishra, P. (2005). What happens when teachers design educational technology? The development of technological pedagogical content knowledge. Journal of Educational Computing Research, 32(2), 131

Loughran, J., Mullhall, P., & Berry, A. (2004). In search of pedagogical content knowledge in science: Developing ways of articulating and documenting professional practice. Journal of Research in Science Teaching, 41(4), 370

Loughran, J., Berry, A., & Mullhall, P. (2006). Understanding and developing science teachers’ pedagogical content knowledge. Rotterdam, The Netherlands: Sense Publishers.

Loughran, J., Mulhall, P., & Berry, A. (2008). Exploring pedagogical content knowledge in science teacher education. International Journal of Science Education, 30 (10), 1301

Magnusson, S., & Krajcik, J. S. (1993). Teacher Knowledge and Representation of Content in Instruction about Heat Energy and Temperature (ERIC Document No. 387313).

Mulbar, Jalaluddin. 2003. Realistic Mathematics Education (RME) dan Matematika Modern (New Mathematics). Eksponen Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 4 No.3. Hal 218 – 228.

Ramadhan, Hammad. 2009. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Indonesia. (http ://h4mm4d.wordpress.com/2009/02/27/ pendidikan-matematika-realistik-pmri-indonesia.htm)

Purnamawati, Mulbar, U., Zaki, A. 2018. PKM Guru Sekolah di Kecamatan Tinggimoncong Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Laporan PKM LPM Universitas Negeri Makassar.

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Ahmad Zaki, Usman Mulbar, Nasrullah, Alimuddin, Ilham Minggi, Sutamrin, & Hisyam Ihsan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui PKM. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 123–128. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.114

Issue

Section

Articles