PKM Pengenalan Uji Bahan Alam HPLC Untuk Analisis Obat Tradisonal Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Kimia
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.115Keywords:
HPLC, Mahasiswa Kimia, Obat TradisionalAbstract
Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah mahasiswa tingkat akhir prodi Kimia Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar. Ditemukan bahwa kebanyakan mahasiswa tingkat akhir masih banyak yang belum mengenal lebih dalam dan mengoperasikan instrument Kromatographi Cair Kinerja Tinggi (HPLC). Sulawesi Selatan sebagai salah satu Kawasan industri memerlukan tenaga kompetitif yang memiliki kemampuan mengoperasikan alat instrument dilaboratorium yang menunjang analisis suatu sampel terutama bahan alam. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan dibekali pengetahuan bagaimana cara mengoperasikan alat HPLC. Metode blanded learning (BL) menjadi salah satu metode yang cukup efektif berupa ceramah dan diskusi dikelas dilanjutkan dengan praktek langsung di laboratorium instrument Jurusan kimia. Hasil kemitraan menunjukkan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam teknik analisis sampel obat tradisional menggunakan instrument HPLC dan tingkat kepercaayn diri mereka dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus perkuliahan.
Abstract views: 781
,
PDF downloads: 842
Downloads
References
Hadiyanto, Ali, R. M., & Juwita, M. (2020). Enhancing EFL Students’ Soft and Hard Skills Through Blended Learning Activities. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 509.
Hadiyanto, Noferdiman, Moehamin, & Yuliusman. (2017). Assesing Students and Graduates Soft Skills and Competitivenes PEOPLE: International Journal of Social Sciences 3 (2), 1885-1906.
Maharani, E. T. W., & Yusrin. (2019). Urgensi Materi Instrumentasi Kimia Bagi Mahasiswa Analis Kesehatan Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(2), 188-194.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sitti Faika, Netti Herawati, Pince Salempa, Muh. Syahrir, Ramdani, Muh. Yunus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com