PKM Mandiri Pelatihan Aplikasi Spektroskopi IR Dalam Mengidentifikasi Struktur Molekul Bagi Mahasiswa Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA UNM

Authors

  • Sitti Faika Ahsan Universitas Negeri Makassar
  • Netti Herawati Universitas Negeri Makassar
  • Muharram Universitas Negeri Makassar
  • Nurlita Pertiwi Universitas Negeri Makassar
  • Dyah Darma Andayani Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.160

Keywords:

mahasiswa pendidikan kimia, spektroskopi, ftir

Abstract

Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah mahasiswa pendidikan kimia prodi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar. Mahasiswa kimia membutuhkan kemampuan dan konsep yang jelas tentang ilmu spektroskopi guna memahami symbol-simbol yang mewakili penentuan struktur suatu senyawa. terutama pemahaman tentang spektrum Spektrosfotometri Infra Merah (FTIR), hanya saja mahasiswa mendapatkan kesulitan  dalam mengolah hasil FTIR yang pada akhirnya  menjadi boomerang bagi mahasiswa kimia terutama bagi mahasiswa Pendidikan kimia. Spektrosfotometri Infra Merah (FTIR), adalah salah satu metode penentuan gugus fungsi suatu molekul berdasarkan interaksi molekul dengan radiasi elektromagnetik dengan kisaran Panjang gelombang 0.75-1000 µm. dengan menggunakan Metode Transfer ilmu dan pengetahuan (IPTEKS) yang dilakukan oleh tim pengabdi melalui proses mendengar, mengetahui, mencoba, mengevaluasi dan melaksanakan memberikan hasil yang cukup signifikan. Dimana dari hasil pretest yang sebelum hampir 60% belum dapat menginterpretasikan hasil kromatogram FTIR setelah mengikuti PKM ini, meningkat menjadi 70% mampu mengerjakan soal kromatogram FTIR, dimana berdasarkan survey hal ini disebabkan cara panitia PKM dalam menjelaskan materi sangat mudah dipahami oleh peserta.

Abstract views: 767 , PDF downloads: 889

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anim-Eduful, B., & Adu-Gyamfi, K. (2022). Chemistry students' conceptual understanding of organic qualitative analysis. Pedagogical Research, 7(4).

Berthomieu, C., & Hienerwadel, R. (2009). Fourier transform infrared (FTIR) spectroscopy. Photosynthesis Research 101, 157-170.

Ebbing, D. D., & Gammon, S. D. (2007). General Chemistry (K. Heinle, Ed.). Houghton Mifflin Company.

Kovarik, M. L., Clapis, J. R., & Romano-Pringle, K. A. (2020). Review of Student-Built Spectroscopy Instrumentation Projects. J. Chem. Education 97, 2185-2195.

Kozman, R., & Russell, J. (2005). Students Becoming Chemists: Developing Representational Competence. https://doi.org/DOI: 10.1007/1-4020-3613-2_8

Shidiq, A. S., Permanasari, A., & Hernani, H. (2019). Simple, Portable, and Inexpensive Spectrophotometers for High Schools Lab Activity. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 438.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Ahsan, S. F., Herawati, N., Muharram, Pertiwi, N., & Dyah Darma Andayani. (2023). PKM Mandiri Pelatihan Aplikasi Spektroskopi IR Dalam Mengidentifikasi Struktur Molekul Bagi Mahasiswa Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA UNM. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 151–155. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.160

Issue

Section

Articles