Pelatihan Mikrokontroller Berbasis Arduino Uno untuk Pemuda di Kelurahan Maccini Parang Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.186Keywords:
Pelatihan, Mikrokontroller, Arduino, Internet of ThingsAbstract
Peningkatan kecepatan aksesibilitas informasi yang ditandai oleh lahirnya teknologi digital telah mengubah cara kita menjalani kehidupan kita sehari-hari. Keterampilan pada bidang teknologi ini dapat membantu kita mengatasi berbagai tantangan di era digital. Dari sekian banyaknya keterampilan dalam bidang teknologi dan informasi saat ini, kemampuan dan penguasaan dalam bidang Internet of Things (IoT) menjadi salah satu bidang yang cukup penting. Salah satu aspek kunci untuk dapat memahami teknologi Internet of things adalah dengan menguasai komponen mikrokontroller. Komponen tersebut adalah bagian utama dalam teknologi IoT. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berbentuk pelatihan dengan tema “Pelatihan Mikrokontroller Berbasis Arduino Uno Untuk Pemuda di Kelurahan Maccini Parang Kota Makassar”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pada peseta tentang teknologi IoT khusunya Mikrokontroller yang menjadi komponen utamanya. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan melakukan observasi awal dan berkoordinasi dengan ketua RT pada salah satu lokasi di Kelurahan Maccini Parang sebagai mitra kegiatan ini, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan kegiatan pelatihan. Adapun metode pelaksanaannya yaitu pemberian materi tentang mikrokontroller berbasis Arduino Uno, serta pengerjaan simulasi dan praktek penggunaan mikrokontroller itu sendiri.
Downloads
References
Arduino, B. (2015). Arduino Uno.
Badan Pusat Statistik Kota Makassar. (2022). Cancer research. Diambil dari https://makassarkota.bps.go.id/indicator/12/73/1/jumlah-
penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kota-makassar.html
Czarl, A., & Belovecz, M. (2007). Role of Research and Development in the 21st Century. Revista Informatica Economica, 4(44), 25-28.
Dharmawan, H. A. (2017). Mikrokontroler: konsep dasar dan praktis. Universitas Brawijaya Press.
Fuada, S., & Azizah, N. (2023). Penggunaan Augmented Reality di Google Chrome Android Sebagai Media Pengenalan Binatang Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 9(1), 56-64.
Isjoni. (2006). Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan. Yayasan Obor Indonesia.
Koch, Chlosta. S, & Klandt. H. 2006. Project Seminar Business Plan Development-An Analysis Of Integrative Project-Based Project-Based Entrepreneurship Education. Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability. Volume II (2). May. Page 1-16.
Lasonen, Johanna, Vesterinen, & Pirkko. 2000. Finland Work-Based Learning in Vocational Higher Education Programmes: A Finish Case of Project Learning. Paper Presentation. Institut for Educational Research University of Jyvakyla. Page 3-18
Mariawan, I.M., Rapi, N.K., & Yasa, P. 2017. Pelatihan Dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SD Di Kebendesaan Mengesta. International Journal of Community Service Learning. Vol.1 (1) 43-47.
Rizal, M., Sondak, D. E., Ashari, I. F., Suryawan, M. A., Mahmudi, A. A., Hidayat, W., ... & Simarmata, J. (2023). Konsep dan Implementasi Internet of Things. Yayasan Kita Menulis.
Surip. 2011. Implementasi model project work dalam pembelajaran mixing bahan kimia untuk meningkatkan karakter kerja professional peserta didik. Yogyakarta.PTK (tidak dipublikasikan)
Weil, D. N. (2009). Economic Growth. Singapore:Pearson-Addison Wesley.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ridwansyah, Putri Ida Sunaryathy Samad, Nuridayanti, Dary Mochamad Rifqie, Sudarmanto Jayanegara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.