Pendampingan Guru SD Dalam Penulisan Soal Matematika Berbasis Konteks
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.189Keywords:
Pendampingan, Penullisan Soal, Matematika Berbasis Konteks, KonteksAbstract
Kegiatan pengabdian ini diperuntukkan memberikan solusi pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD) melalui pelatihan pendampingan kepada guru dengan fokus pada penulisan soal matematika berbasis konteks. Pelatihan ini menggabungkan dua komponen utama, yaitu sajian materi dan kegiatan praktek. Materi pelatihan melibatkan konsep pembelajaran matematika realistik, penulisan konteks matematika, dan pengaitan konteks dalam pembelajaran matematika. Kegiatan praktek melibatkan peserta dalam pembuatan dan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Matematika Realistik. Tim pelaksana terdiri dari para ahli pendidikan matematika dan matematika yang telah mengembangkan pembelajaran matematika dan program terkait. Pelatihan ini melibatkan 38 guru SD di kabupaten Gowa, dengan peserta aktif dalam menerima materi, interaksi, dan memberikan respon terhadap kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan pengetahuan guru tentang penggunaan soal konteks sebagai media pembelajaran, menggiring kegiatan pembelajaran peserta didik dengan lebih baik, dan meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi, kreativitas guru, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.


Downloads
References
ALTAYLAR, B., & KAZAK, S. (2021). The Effect of Realistic Mathematics Education on Sixth Grade Students’ Statistical Thinking. In Acta Didactica Napocensia (Vol. 14, Issue 1, pp. 76–90). Babes-Bolyai University. https://doi.org/10.24193/adn.14.1.6
Amin, S. M., Lukito, A., & Lutfianto, M. (2018). Students’ Mathematisation in Solving Mathematical Literacy Problems with Space and Shape Contents. Journal of Physics …. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012083
Amirullah, & Nasrullah. (2018). Penggunaan Tarser dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat Tingkat SMP. Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 114–119.
Bachtiar, M. Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411
Fennema, E., Sowder, J., & Carpenter, T. P. (1999). Mathematics Classrooms that Promote Understanding. Routledge.
Gasiewski, J. A., Eagan, M. K., Garcia, G. A., Hurtado, S., & Chang, M. J. (2012). From Gatekeeping to Engagement : A Multicontextual , Mixed Method Study of Student Academic Engagement in Introductory STEM Courses. 229–261. https://doi.org/10.1007/s11162-011-9247-y
Krainer, K. (n.d.). Teachers as Stakeholders in Mathematics Education Research. 11(1), 49–60.
Ma, J., Li, D., & Zhu, D. (2012). Developing Students ’ Comprehensive Abilities Through Mathematical Modeling Teaching. 109, 608–611. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.109.608
Nasrullah. (2014). Kontribusi Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Faktor AIK dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II / 3 SMPN 2 Makassar. Kreano, 5(1), 48–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3277
Nasrullah, & Baharman. (2016). Pengaruh SMP Virtual terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. 662–666.
Nasrullah, N. (2015). Pengaruh Model PMK Terhadap Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Tingkat SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 12. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.3340
Nasrullah, N., Sanusi, W., & Abdy, M. (2020). MPM Berbasis Konteks dan Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru Matematika Tingkat SMP. Dedikasi, 22(2), 187–191. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i2.16137
Nasrullah, N., Suradi, S., & Hamda, H. (2015). APM konsep pecahan terpadu pendekatan Matematika realistik. Seminar Nasional Pengabdian Kepada …, 395–398. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/11599
Perdana, S. A., & Ramadhona, R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Inkuiri Untuk Mata Kuliah Statistika Pendidikan Di Masa New Normal. 2, 185–193.
Tahmir, S., Nasrullah, N., & Nurwana, S. (2020). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa SMA. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(1), 30. https://doi.org/10.35580/imed15289
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nasrullah, Usman Mulbar, Irwan, Rosidah, Alimuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.