Pendampingan Guru SD Dalam Penulisan Soal Matematika Berbasis Konteks

Authors

  • Nasrullah Universitas Negeri Makassar
  • Usman Mulbar Universitas Negeri Makassar
  • Irwan Universitas Negeri Makassar
  • Rosidah Universitas Negeri Makassar
  • Alimuddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.189

Keywords:

Pendampingan, Penullisan Soal, Matematika Berbasis Konteks, Konteks

Abstract

Kegiatan pengabdian ini diperuntukkan memberikan solusi pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD) melalui pelatihan pendampingan kepada guru dengan fokus pada penulisan soal matematika berbasis konteks. Pelatihan ini menggabungkan dua komponen utama, yaitu sajian materi dan kegiatan praktek. Materi pelatihan melibatkan konsep pembelajaran matematika realistik, penulisan konteks matematika, dan pengaitan konteks dalam pembelajaran matematika. Kegiatan praktek melibatkan peserta dalam pembuatan dan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Matematika Realistik. Tim pelaksana terdiri dari para ahli pendidikan matematika dan matematika yang telah mengembangkan pembelajaran matematika dan program terkait. Pelatihan ini melibatkan 38 guru SD di kabupaten Gowa, dengan peserta aktif dalam menerima materi, interaksi, dan memberikan respon terhadap kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan pengetahuan guru tentang penggunaan soal konteks sebagai media pembelajaran, menggiring kegiatan pembelajaran peserta didik dengan lebih baik, dan meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi, kreativitas guru, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Abstract views: 66 , PDF downloads: 74

Downloads

Download data is not yet available.

References

ALTAYLAR, B., & KAZAK, S. (2021). The Effect of Realistic Mathematics Education on Sixth Grade Students’ Statistical Thinking. In Acta Didactica Napocensia (Vol. 14, Issue 1, pp. 76–90). Babes-Bolyai University. https://doi.org/10.24193/adn.14.1.6

Amin, S. M., Lukito, A., & Lutfianto, M. (2018). Students’ Mathematisation in Solving Mathematical Literacy Problems with Space and Shape Contents. Journal of Physics …. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012083

Amirullah, & Nasrullah. (2018). Penggunaan Tarser dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat Tingkat SMP. Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 114–119.

Bachtiar, M. Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411

Fennema, E., Sowder, J., & Carpenter, T. P. (1999). Mathematics Classrooms that Promote Understanding. Routledge.

Gasiewski, J. A., Eagan, M. K., Garcia, G. A., Hurtado, S., & Chang, M. J. (2012). From Gatekeeping to Engagement : A Multicontextual , Mixed Method Study of Student Academic Engagement in Introductory STEM Courses. 229–261. https://doi.org/10.1007/s11162-011-9247-y

Krainer, K. (n.d.). Teachers as Stakeholders in Mathematics Education Research. 11(1), 49–60.

Ma, J., Li, D., & Zhu, D. (2012). Developing Students ’ Comprehensive Abilities Through Mathematical Modeling Teaching. 109, 608–611. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.109.608

Nasrullah. (2014). Kontribusi Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Faktor AIK dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II / 3 SMPN 2 Makassar. Kreano, 5(1), 48–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3277

Nasrullah, & Baharman. (2016). Pengaruh SMP Virtual terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. 662–666.

Nasrullah, N. (2015). Pengaruh Model PMK Terhadap Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Tingkat SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 12. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.3340

Nasrullah, N., Sanusi, W., & Abdy, M. (2020). MPM Berbasis Konteks dan Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru Matematika Tingkat SMP. Dedikasi, 22(2), 187–191. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i2.16137

Nasrullah, N., Suradi, S., & Hamda, H. (2015). APM konsep pecahan terpadu pendekatan Matematika realistik. Seminar Nasional Pengabdian Kepada …, 395–398. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/11599

Perdana, S. A., & Ramadhona, R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Inkuiri Untuk Mata Kuliah Statistika Pendidikan Di Masa New Normal. 2, 185–193.

Tahmir, S., Nasrullah, N., & Nurwana, S. (2020). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa SMA. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(1), 30. https://doi.org/10.35580/imed15289

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Nasrullah, Usman Mulbar, Irwan, Rosidah, & Alimuddin. (2023). Pendampingan Guru SD Dalam Penulisan Soal Matematika Berbasis Konteks. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 207–212. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.189

Issue

Section

Articles