PKM Digitalisasi Pembelajaran: Meningkatkan Literasi Digital Melalui Aplikasi Kinemaster
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.191Keywords:
Literasi Digital, KinemasterAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menggali potensi penggunaan teknologi dalam meningkatkan literasi digital di kalangan pelajar melalui pemanfaatan aplikasi Kinemaster sebagai alat pembelajaran yang inovatif. Literasi digital menjadi unsur kunci dalam kesuksesan individu dalam masyarakat berbasis teknologi informasi saat ini, dan penerapan teknologi multimedia seperti Kinemaster dapat berperan penting dalam mencapai tujuan ini. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah pelatihan kepada peserta, terutama pelajar dan guru, dalam penggunaan aplikasi Kinemaster untuk membuat konten multimedia yang mendukung pembelajaran. Peserta diajarkan cara mengedit video, menambahkan elemen-elemen multimedia, dan memproduksi materi pembelajaran yang menarik dengan aplikasi ini. Hasil dari kegiatan ini mencakup peningkatan keterampilan literasi digital peserta, peningkatan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi untuk tujuan pembelajaran, dan peningkatan minat mereka dalam eksplorasi kreatif melalui multimedia. Selain itu, PKM ini menghasilkan berbagai konten pembelajaran multimedia yang dapat digunakan oleh peserta sebagai sumber belajar tambahan dan dapat dibagikan dengan masyarakat secara lebih luas. PKM ini memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan literasi digital di kalangan pelajar, memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis teknologi, dan menciptakan kesempatan bagi peserta untuk menjadi produsen konten multimedia yang lebih terampil dan bertanggung jawab. Selain itu, pemanfaatan aplikasi Kinemaster sebagai alat pembelajaran dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan yang lebih modern dan menarik.
Downloads
References
Hakiki, M., Apdoludin, N., Wulandari, T., Sabir, A., & Pitra, D. (2023). Workshop dan pelatihan penerapan e-learning (learning management system) melalui manajemen kelas pada smk negeri 6 muara bungo. I-Com Indonesian Community Journal, 3(1), 299-307. https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2256
Liza, K. and Andriyanti, E. (2020). Digital literacy scale of english pre-service teachers and their perceived readiness toward the application of digital technologies. Journal of Education and Learning (Edulearn), 14(1), 74-79. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.13925
Nurilham, A., Purwitasari, D., & Fatichah, C. (2018). Ekstraksi frasa kunci pada penggabungan klaster berdasarkan maximum-common-subgraph. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (Jnteti), 7(3). https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i3.432
Oktoviana, L., Hasanah, D., Sulandra, I., Susiswo, S., Lestari, T., & Nurhakiki, R. (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah dari hasil penelitian bagi guru matematika smk kota kediri. Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.3820
Setiawan, H. and Tasmi, T. (2023). Pengenalan pembelajaran tik di tk indo global mandiri. Akm Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 225-232. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.851
Surijah, E. (2020). Editorial. Anima Indonesian Psychological Journal, 35(2). https://doi.org/10.24123/aipj.v35i2.2904
Syazali, M., Affandi, L., Nursaptini, N., Rahmatih, A., & Astria, F. (2020). Preliminary analysis kesulitan mahasiswa s-1 pgsd dalam mereview artikel ilmiah di jurnal. Progres Pendidikan, 1(3), 177-184. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.19. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100760
Wuisan, D. (2022). Pengenalan kewirausahaan di era digitalisasi pada remaja ppa aletheia di jawa timur. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (Pkm-Csr), 5, 1-10. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v5i0.1812
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asri Ismail, Asis Nojeng, M. Miftach Fakhri, Rosidah, Asham Bin Jamaluddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.