PKM Pengembangan Literasi Digital: Membuat Cerita Rakyat Komik Digital Kabupaten Majene
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.192Keywords:
Literasi Digital, Cerita Rakyat, Komik Digital, CanvaAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan masyarakat sekolah yaitu guru dan siswa melalui pengembangan cerita rakyat dalam bentuk komik digital menggunakan aplikasi Canva. Literasi digital menjadi keterampilan yang sangat penting dalam era teknologi informasi saat ini, dan penggunaan media visual seperti komik dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi digital. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan bimbingan kepada peserta dalam menggunakan aplikasi Canva untuk membuat cerita rakyat dalam bentuk komik digital. Selama pelatihan, peserta diberikan panduan tentang cara menggambarkan cerita rakyat secara visual, mengintegrasikannya dengan teknologi digital, dan menyajikannya dalam format komik yang menarik. Selain itu, peserta juga diajarkan tentang penggunaan media sosial dan platform digital lainnya untuk berbagi karya mereka. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan literasi digital peserta, peningkatan apresiasi terhadap warisan budaya lokal melalui pengembangan cerita rakyat, dan peningkatan keterampilan kreatif dalam menggunakan teknologi digital. Selain itu, hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas peserta yaitu guru dan siswa menunjukkan respon positif dan baik atas pelatihan yang telah dilakukan. Dengan demikian, PKM ini memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan literasi digital dan mempromosikan warisan budaya lokal melalui teknologi digital, serta memberikan peluang bagi masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi dalam dunia digital yang terus berkembang.


Downloads
References
Ahmadi, M., Ardianti, S., & Pratiwi, I. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat sendang widodari kabupaten kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55
Arum, D., Suryaningtyas, W., & Soemantri, S. (2021). Efektivitas komik digital sebagai media pembelajaran daring pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Journal of Education and Teaching (Jet), 3(1), 24-36. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.127
Hamzah, A. and Basuki, U. (2022). Peningkatan literasi digital untuk mencegah penyebaran hoax bagi guru sdn teruman bantul. Abdiformatika Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 92-97. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.168
Husna, A., Yuliani, D., Rachmawati, T., Anggraini, D., Anwar, R., & Utomo, R. (2021). Program literasi digital untuk pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial di desa sedayu, muntilan, magelang. Community Empowerment, 6(2), 156-166. https://doi.org/10.31603/ce.4259
Junindra, A., Fitri, H., Putri, A., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain pembelajaran ips dan pkn berbasis literasi ict (information and communication technology) pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264-6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827
Muhammadi, M., Taufina, T., & Chandra, C. (2018). Literasi membaca untuk memantapkan nilai sosial siswa sd. Litera, 17(2). https://doi.org/10.21831/ltr.v17i2.16830
Nurhayaty, E., Pramularso, E., Marginingsih, R., & Susilowati, I. (2022). Pelatihan membuat media promosi sederhana dengan aplikasi canva di yayasan desa hijau. Jurnal Abdimas Bsi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69-77. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522
Prasanti, D. and Indriani, S. (2017). Pelatihan literasi media digital bagi murid-murid armidale english college (aec) di soreang kabupaten bandung selatan. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 157-165. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.15364
Putra, E., Marwa, J., Moedjahedy, J., Pungus, S., & Adam, S. (2022). Literasi digital game online terhadap perkembangan otak manusia di siswa smk kristen dian halmahera maluku utara. SSJ, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.31154/servitium.v1i1.4
Sumantri, M. and Putri, A. (2022). Pemanfaatan komik digital pada pembelajaran ipa di kelas tinggi sekolah dasar. Perduli Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 67-73. https://doi.org/10.21009/perduli.v2i2.28048
Syahmi, F., Ulfa, S., & Susilaningsih, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis smartphone untuk siswa sekolah dasar. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81-90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081
Widyatama, R., Adiprabowo, V., Nur, F., Pinasti, Z., & Alfi, K. (2021). Peningkatan kemampuan masyarakat dalam mendeteksi informasi hoaks di media sosial di era pendemi covid-19. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 445. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35457
Wijayati, H. and Widhiyoga, G. (2022). Pelatihan merancang program literasi ramah anak bagi guru guna meningkatkan minat baca siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(1), 8-18. https://doi.org/10.36341/jpm.v6i1.2672
Çetin, E. (2021). Digital storytelling in teacher education and its effect on the digital literacy of pre-service teachers. Thinking Skills and Creativity, 39, 100760. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100760
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asis Nojeng, Asri Ismail, M. Miftach Fakhri, Dary Mochamad Rifqie, Muhammad Ansarullah S. Tabbu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.