Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru SDN 1 Centre Patalassang Di Kabupaten Takalar
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i1.27Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah, Takalar, Pelatihan, GuruAbstract
Salah satu usaha agar mutu pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan adalah dengan memperbaiki proses belajar di dalam maupun di luar kelas. Proses belajar mengajar ini dapat diperbaiki salah satunya adalah dengan cara mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan hal yang sangat penting sehingga wajib ada pada semua sekolah-sekolah di Indonesia, salah satunya di SD 1 Centre Patalassang, Kabupaten Takalar. Metode Pelaksanaan Pengabdian yang dilakukan adalah ceramah, diskusi, serta evaluasi. Adapun hasil evaluasi dari pre-test dan post-test yang diperoleh adalah rata-rata skor jawaban peserta pelatihan sebesar 31,75 persen atau kategori rendah, sedangkan rata-rata skor jawaban post-test peserta pelatihan sebesar 87,41 persen kategori sangat tinggi. Ini berarti program ini dianggap berhasil karena skor jawaban post-test peserta pelatihan lebih tinggi dibandingkan dengan skor jawaban pre-test.
Abstract views: 421
,
PDF downloads: 292
Downloads
References
Aqib, Z., Maftuh, M., & Sujak, dan K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SMP, SMA, SMK. Yrama Widya.
Bahri, A., Sahribulan, S., & Hidayat, W. (2022). PELATIHAN PENGEMBANGAN WEBSITE SEKOLAH BAGI GURU DAN TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TAKALAR. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1426-1431.
Czarl, A., & Belovecz, M. (2007). Role of Research and Development in the 21st Century”. Revista Informatica Economica, 4(44).
Dantes, N. (2006). Penelitian Tindakan Kelas: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan dalam Rangka Peningkatan Profesionalisme Guru. Disampaikan dalam Pelatihan bagi Guruguru di Kabupaten Karangasem, 1–19.
Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-test dan post-test terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW, DEV.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 1(2), 81-88.
Isjoni. (2006). Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan. Yayasan Obor Indonesia.
Isma, A., Rakib, M., Marhawati, Surianto, D. F., & M Miftach Fakhri. (2023). Pelatihan Pembuatan Bakso Sayur Bernilai Gizi Tinggi Sebagai Alternatif Peluang Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 51–57. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/TEKNOVOKASI/article/view/15
Isma, A., Ryketeng, M., & Hasdiansa, I. W. (2022). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. MALAQBIQ, 1(2), 1-9. Retrieved from https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/malaqbiq/article/view/312
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Latihan Profesi Guru Universitas Pendidikan Ganesha, P. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Alamat http://plpg.undiksha.ac.id/uploaded/content/ Penelitian%20Tindakan%20Kelas%20_PTK_.pdf.
No, U.-U. R. I. (n.d.). 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Rahayu, S. (2007). Menumbuhkan minat meneliti guru dengan penelitian tindakan kelas. Efisiensi: Kajian ilmu administrasi: Vol. VII (Issue 2, pp. 100-110,). https://journal.uny.ac.id/index.php/efisiensi/article/view/3919
Tabbu, M. A. S., Mannan, A., Haris, H., Uca, U., Hasriyanti, H., & Sahribulan, S. (2022). PELATIHAN APLIKASI ArcGIS 10.8 SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI BAGI GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1881-1887.
Wardani, I. G. A. K. (2014). Modul 1. Hakikat Penelitian Tindakan Kelas. Diperoleh tanggal. http://repository.ut.ac.id/4153/1/IDIK4008-M1.pdf
Weil, D. N. (2009). Economic Growth. Singapore:Pearson-Addison Wesley.
Yuliwati, F., Suprihatiningrum, J., & Rokhimawan, M. A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Pedagogia. PT Pustaka Insan Madani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Miftach Fakhri Fakhri, Muhammad Fajar B, Akmal Hidayat, Dewi Fatmarani Surianto, Andika Isma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com