PKM Pelatihan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.273Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, SMKAbstract
Artikel ini membahas program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan memperkuat profil Pancasila di kalangan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Program ini didesain untuk memberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai Pancasila, serta mendorong implementasi praktis nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari siswa. Strategi pendekatan melibatkan Forum Group Discussion (FGD) dan bimbingan langsung kepada guru dan siswa. Kegiatan pelatihan mencakup pemahaman mendalam, workshop interaktif, studi kasus, simulasi, dan pembuatan proyek bersama. Langkah-langkah tindak lanjut termasuk pembentukan kelompok monitor, integrasi nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum, pengembangan program lanjutan, kolaborasi dengan orang tua dan komunitas, keterlibatan guru dan staf sekolah, serta evaluasi berkala. Hasil program menunjukkan perubahan positif dalam perilaku siswa dan hubungan baik antara siswa dan guru. Program ini juga memberikan kontribusi pada peningkatan hubungan sekolah-dunia industri. Artikel ini memberikan panduan bagi pengembangan program serupa di lembaga pendidikan vokasi. Evaluasi dan umpan balik berkala diimplementasikan untuk memastikan keberlanjutan dan perluasan dampak program ini dalam membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila
Downloads
References
Jamaluddin. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila MelaluiKegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar . Jurnal Cakrawala Pendas. 8(3).
Nurasiah, I. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu. 6(3).
Rachmawati, N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basiedu. 6(2).
Rusnaini. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional. 27(2).
Susilawati, E. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodi. 25(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wirawan Setialaksana, Ambo Dalle, Nurlaela, Ashar Pramono, Rusli Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.