Strategi Peningkatan Kemampuan Bepikir Kritis: Pelatihan HOTS Untuk Guru SMP Di Kabupaten Luwu Utara

Authors

  • Hilda Ashari Universitas Negeri Makassar
  • Dyah Vitalocca Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Mukhlisah Abdal Universitas Negeri Makassar
  • Elfira Makmur Universitas Negeri Makassar
  • Nuridayanti Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i1.292

Keywords:

Pelatihan, HOTS, Kompetensi Guru

Abstract

Mitra Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah UPT SMP Negeri 1 Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Permasalahan spesifik yang berhasil diidentifikasi bersama oleh Tim Pengabdi dengan para guru peserta sosialisasi adalah para guru mengalami kesulitan dalam menerapkan dan membuat soal-soal HOTS pada pembelajaran, kurangnya informasi dan minimnya pelatihan dalam menyusun soal berbasis HOTS, perlunya dilaksanakan pembinaan dari pihak yang kompeten dalam menyusun soal-soal HOTS sehingga dapat diterapkan pada saat proses belajar mengajar di kelas. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa pelatihan yang dimulai dengan tahapan persiapan kemudian tahap pelaksanaan. Dalam melaksanakan kegiatan pelatihan HOTS, terdapat beberapa metode yang digunakan, yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode latihan. Kegiatan ini diikuti oleh 30 guru di beberapa SMP Kabupaten Luwu Utara sebagai peserta. Hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan HOTS bagi guru SMP, Kabupaten Luwu Utara ini berhasil sesuai dengan yang direncanakan dan memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan, jumlah kehadiran peserta dalam setiap sesi materi, serta berdasarkan wawancara langsung dengan peserta. Kegiatan ini juga telah mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan motivasi para guru untuk membuat soal-soal berbasis HOTS yang akan diterapkan dalam proses belajar mengajar.

Abstract views: 80 , PDF downloads: 64

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariawan, R., Zetriuslita, Z., Anggara, R. P., & Winanda, S. V. (2022). Pelatihan Penyusunan Soal Hots Bagi Guru Matematika. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65–74. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i1.207

Hartini, T. I., & Martin, M. (2019). Pelatihan Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) bagi Guru-Guru Fisika di SMA Di Kota Depok. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 27–29. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.453

Nusivera, E., Indah Rahmayanti, & Trie Utari Dewi. (2023). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Hots Bagi Guru SMP. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.27036

Rulyansah, A. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal HOTS dengan Memanfaatkan Quizizz untuk Guru Sekolah Dasar Pedesaan. Indonesia Berdaya, 3(1), 165–172. https://doi.org/10.47679/ib.2022195

Siregar, P. S., & Hatika, R. G. (2021). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis HOTs Menggunakan Socrative di MA Nurul Iman Mahato. Jurna Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1213–1218. https://doi.org/10.30653/002.202164.810

Syafitri, A., & Anggraini, D. P. (2023). Workshop Pembuatan Soal Hots Bagi Guru Di Sma Negeri 1 Secanggang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 34–39.

Utara, B., & Wahdini, E. (2023). Seribu sungai. Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru SDN Banjarmasin Utara, 1(1), 1–6.

Wulandari, W., Marhami, M., Rohantizani, R., & Muliana, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Dan Kreativitas Guru Smp Melalui Pelatihan Pembuatan Soal-Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(2), 321. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i2.752

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Ashari, H., Dyah Vitalocca, Nurul Mukhlisah Abdal, Elfira Makmur, & Nuridayanti. (2024). Strategi Peningkatan Kemampuan Bepikir Kritis: Pelatihan HOTS Untuk Guru SMP Di Kabupaten Luwu Utara. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i1.292