PKM Literasi Keuangan Bagi Anak di Tahfiz Weekend Antang
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i1.298Keywords:
Literasi Keuangan, anak, TWK AntangAbstract
Literasi keuangan menjadi hal penting yang harus dipelajari oleh masyarakat dunia seiring dengan kebutuhan akan ketrampilan masyarakat di zaman digitalisasi meliputi literasi, dasar, kompetensi, dan karakter. Pemahaman literasi keuangan merupakan bekal yang sangat penting untuk anak-anak miliki ketika memasuki usia produktif pada masa mendatang (essential life skills).Mitra merupakan kisaran anak berusia 7-12 tahun di TWK Antang Blok 10, Jl. Biola Raya yang memiliki pemahaman yang belum memadai tentang konsep dasar keuangan. Konsep-konsep ini harus disampaikan secara sederhana dan mudah dimengerti serta di sertai dengan contoh yang terjadi di keseharian anak dan disesuaikan juga dengan tingkat perkembangan pemahaman anak-anak terhadap literasi keuangan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan yang melaui beberapa tahapan yaitu: persiapan, pelaksanaan kegiatan, Diskusi, evaluasi dan pembuatan laporan. Kegiatan ini mendapat antusias anak-anak sehingga peserta yang ikut dalam penyuluhan ini mampu memahami pengelolaan keuangan.
Abstract views: 135
,
PDF downloads: 84
Downloads
References
Amagir.A., Groot, W., Brink, H.M.V.D and Wilshchult.A. 2018. A review of financial-literacy education programs for children and adolescents. Economics Social and Economic Education. Journals. SagePub.Com.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Literasi finansial. Jakarta: Tim GLN Kemendikbud.
Muliati, F.D. 2022. “Ini Bukti Makin Banyak Warga RI Gak Bayar Pinjol, Cek Datanya” CNBC Indonesia.
Rapih, S. 2016. Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Solaria. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Suryanto, S., Irnawati, J., dan Febriana, H. T. 2022. Memupuk Kecakapan Anak Usia Dini. Kegiatan PKM Universitas Pamulang. https://manajemen.unpam.ac.id/memupuk-kecakapan-literasi-keuangan-pada-anak-usai-dini/
OJK, Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. Jakarta: OJK.
Pramita, M., Syarah. E.S., Risnawati. R., and Tanjung, K.S.2023. Early childhood financial literacy: A systematic literature review. Atfaluna Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol 6. No 1. P.P. 1-11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irmawati, A. Ratna Sari, Hikmah Niar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com