Pelatihan Implementasi Media Berbasis IT Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Di Sulawesi Selatan

Authors

  • Sutarsi Suhaeb Universitas Negeri Makassar
  • Anita Candra Dewi Universitas Negeri Makassar
  • Nuridayanti Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i1.322

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Media Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Teknologi Informasi

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini mengeksplorasi implementasi media berbasis teknologi informasi (IT) dalam pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Kurikulum Merdeka di Sulawesi Selatan, Indonesia. Metode eksperimental digunakan untuk menilai efektivitas media IT dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, keterlibatan siswa, dan aksesibilitas materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis IT secara signifikan mendukung pembelajaran mandiri, penyesuaian kecepatan belajar, dan pemantauan perkembangan siswa secara real-time, serta memfasilitasi pengembangan keterampilan abad ke-21. Program pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan media IT dalam pembelajaran berdiferensiasi juga dijelaskan, menargetkan peningkatan kualitas pendidikan di wilayah tersebut. Penelitian ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, guru, dan orang tua dalam meningkatkan infrastruktur IT, serta menyediakan pelatihan guru untuk mengoptimalkan penggunaan media berbasis IT. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, penelitian ini menegaskan potensi besar media berbasis IT dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, interaktif, dan relevan di era digital

Abstract views: 291 , PDF downloads: 335

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angkouw, L. G., Oroh, E. Z., Wuntu, C. N., & Maukar, M. (2021). Poetry in English language teaching: A systematic review. Tondano, April 15-16, 2021 Steering Committee: Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M. Pd (Rektor) Prof. Dr. Philotheus EA Tuerah, M. Si, DEA (Direktur) Dr. Sjeddy R. Watung, MAP (Asdir I), 101. unika.ac.id

Aprilia, C. A., Shofia, N. A., & Sari, W. N. (2021). Pentingnya Kontribusi Orang Tua Terhadap Lembaga Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(1), 20-30. journal-nusantara.com

Arief, A. K. (2022). … Dalam Perspektif Alqur'an Dan Hadis Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin 'Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan. AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam. unismuh.ac.id

Astutik, Y., Agustina, S., Megawati, F., & Anggraini, R. (2023). Increasing English teachers' innovation through training on teaching modules development with digital technology integration. Journal of Community Service and Empowerment, 4(3), 459-466. umm.ac.id

Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum Merdeka: Problematik Guru dalam Implementasi Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65-70. jisma.org

Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 303-314. undiksha.ac.id

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219. idm.or.id

Dewi, B. E. K. & Sumarni, W. (2020). Efektivitas penggunaan media e-learning berbasis website terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Chemistry in Education. unnes.ac.id

Dirgantoro, K. P. S., & Soesanto, R. H. (2023). Towards a Paradigm Shift: Analysis of Student Teachers’ and Teacher Education Institutions’ Readiness on Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 185-201. kemdikbud.go.id

Fathurrahman, F. & Fitrah, M. (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. teknokrat.ac.id

Fatmawati, E. (2020). Kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. IBTIDA'. stitaf.ac.id

Firnando, H. G. (2024). Peran Pendidik dalam Implementasi Desain Pembelajaran Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Studi Edukasi Integratif. pustaka.biz.id

Gheyssens, E., Coubergs, C., Griful-Freixenet, J., Engels, N., & Struyven, K. (2022). Differentiated instruction: the diversity of teachers’ philosophy and praxis to adapt teaching to students’ interests, readiness and learning profiles. International Journal of Inclusive Education, 26(14), 1383-1400. [HTML]

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. lppmbinabangsa.id

Handayani, W., Kuswandi, D., & Arifin, I. (2023). Pembelajaran Berbasis STEAM untuk Perkembangan Kognitif pada Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 770-778. ppjpaud.org

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01-18. ummat.ac.id

Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28-35. astinamandiri.com

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan. unj.ac.id

Khairun, N., Syafitri, E., Wulandari, S., Sugesti, P., & Indria, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis IT Mahasiswa FKIP Universitas Asahan. GERAM. uir.ac.id

Mahmud, A. F., Umahuk, S., Fudji, S. R., Noh, S. A., Soleman, F., & Gafar, A. (2023). Building Students' Communication Skills in Learning English through Lesson Study at Senior High School. Journal of Languages and Language Teaching, 11(1), 72-82. undikma.ac.id

Mengistie, S. M. (2020). Primary school teachers' knowledge, attitude and practice of differentiated instruction. International Journal of Curriculum and Instruction. globets.org

Mizela, D., Prihantoro, P., & Hidayah, J. (2023). The assesment of english language teaching in merdeka curriculum at junior high school at Rejang Lebong. iaincurup.ac.id

Muchlasin, I., Ambarwati, R. U., Diyan, D., & Muyasaroh, K. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technologi) dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Social Science Academic, 2(1), 97-104. insuriponorogo.ac.id

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research. politeknikpratama.ac.id

Nurholifah, L., & Zakia, N. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Implementasi Quizizz dalam Konteks Pendidikan Digital. An-Nashr: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 51-61. asy-syifa.id

OKTAVIA, T. (2023). THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM MERDEKA (IKM) IN THE PERSPECTIVE OF ENGLISH LEARNING (Descriptive Qualitative at 7th Grade Students of …. ikippgriptk.ac.id

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1-10. unipma.ac.id

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar. kemdikbud.go.id

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy. staimuhblora.ac.id

Ricks, J. I. (2024). State Institutions in Northeast Thailand. State Institutions, Civic Associations, and Identity Demands: Regional Movements in Greater Southeast Asia, 106. oapen.org

Said, A. A., Amirullah, A., & Baa, S. (2023). THE IMPLEMENTATION OF MERDEKA CURRICULUM IN MAKASSAR SOUTH SULAWESI: EFL ISLAMIC SCHOOL TEACHERS’PERCEPTIONS. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(3), 579-596. journalfkipuniversitasbosowa.org

Saputra, F. D. (2023). The PROBLEMS IN IMPLEMENTING THE INDEPENDENT CURRICULUM IN ENGLISH SUBJECTS IN KUBU RAYA. KHELIE: Khatulistiwa English Language and Linguistics, 1(1), 54-64. iainptk.ac.id

Sari, S. M. (2023). VIDEO MEDIA-BASED LEARNING MODEL ON ECOSYSTEM SCIENCE MATERIAL FOR GRADE V STUDENTS IN SDN BEUTONG. In International Conference on Education, Science, Technology and Health (ICONESTH) (pp. 681-690). bbg.ac.id

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126. alqolam.ac.id

Srimuliyani, S. (2023). Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan. j-edu.org

Subekti, I. (2022). Pengorganisasian Dalam Pendidikan. TANJAK: Journal of Education and Teaching. stainkepri.ac.id

Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480. westscience-press.com

Suliani, M., & Ahmad, A. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Negeri 6 HSS di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2). unsika.ac.id

Susyanti, A. M. & Halim, H. (2020). Strategi Pencegahan Pernikahan Usia Dini Melalui Penerapan Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (Pik-R) Di Smk Negeri 1 Bulukumba. Jurnal Administrasi Negara. archive.org

Sutarningsih, N. L. (2022). Model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD. Journal of Education Action Research. undiksha.ac.id

Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1-11. jonedu.org

Wahyudin, A. Y., & Ramadhan, R. (2023). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Mobile Bagi Guru Sman 5 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 201-207. teknokrat.ac.id

Watini, S. (2022). Problematika pembelajaran daring berbasis teknologi informasi pada paud di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. archive.org

WENDRATAMA, E., APRILIA, M. P., SARI, Y. A., KURNIA, N., & UTOMO, W. P. Domesticating WhatsApp Groups: Indonesian Women’s Experience with Misinformation and Hate Speech in the 2019 Election. ukm.my

Wibowo, D. (2020). The role of school culture in teacher professional development for peace education:

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Sutarsi Suhaeb, Anita Candra Dewi, & Nuridayanti. (2024). Pelatihan Implementasi Media Berbasis IT Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Di Sulawesi Selatan. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 5–16. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i1.322