Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Model Pembelajaran Berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka

Authors

  • Haris Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Ansarullah S. Tabbu Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Rais Abidin Universitas Negeri Makassar
  • Ramli Umar Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Yusuf Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Enhancing Pedagogical Competence, Teacher, Training, Differentiated Learning, merdeka curriculum

Abstract

Pelatihan "Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Model Pembelajaran Berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka" merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDIT Darussalam. Metode pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pedagogik guru terhadap prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, kemampuan implementasi pembelajaran berdiferensiasi, dan kemampuan evaluasi sesuai prinsip pembelajaran berdiferensiasi. Kegiatan pelatihan dilakukan selama dua hari dengan melibatkan berbagai tahapan, seperti persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta refleksi. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kompetensi pedagogik guru setelah mengikuti pelatihan. Analisis hasil menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman guru terhadap prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, kemampuan implementasi pembelajaran berdiferensiasi, dan kemampuan evaluasi sesuai prinsip pembelajaran berdiferensiasi. Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di SDIT Darussalam.

Abstract views: 59 , PDF downloads: 34

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, B., Wandari, W., Nugraha, A., Saparudin, I., & Tasman, M. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Hypothetical Learning Trajectory. Abdi Wiralodra Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31943/abdi.v5i1.91

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Ikhsan, M., & Haris, H. (2022). EKOWISATA RAMMANG-RAMMANG SEBAGAI LABORATORIUM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL GEOGRAFI DI KABUPATEN MAROS. JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 3(2), 43–51. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.15366

Indriani, F., Satrianawati, S., & Hidayah, N. (2022). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Sekolah Penggerak Di SD Muhammadiyah Wonokromo 1 Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 4, Issue 1).

Islami, A. V., & Sunni, M. A. (2023). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Abdimas Darma Bkati, 2(2).

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Maryani, I., Suyatno, & Martaningsih, S. T. (2022). Pendampingan guru SD di Kecamatan Sanden dalam mengembangkan virtual project-based learning sebagai implementasi kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Novita, M., Kusumaningsih, W., Wardana, Y. S., Behera, S. K., Mujiono, & Iskandar, F. (2022). Advancing Indonesian Education Through the Three Penggerak Programs. Kne Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i19.12462

Pasaribu, M. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Seni Tari Terhadap Motivasi Dan Keterlibatan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 285–304. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i1.1327

Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(01), 89–96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692

Prasetyo, Y. D., Syahmani, S., Sasmita, F. D., Misbah, M., Azhari, A., Warohmah, A., Masila, R., & Anadia, N. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Penyusunan Bahan Ajar Kimia Berbasis STEM di Lingkungan Lahan Basah dalam Kurikulum Merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i4.10176

Primasatya, N., Mujiwati, E. S., Damariswara, R., Basori, M., Saidah, K., Nurfianto, D. M., & Bintari, L. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru Kecamatan Banyakan Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.29407/dedikasi.v3i2.21407

Putri, N. S. (2024). Pengelolaan Minat Belajar Siswa: Studi Implementasi Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Karimahtauhid, 3(1), 229–253. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11633

Rasdi, Suran Ningsih, A., Niravita, A., Irawaty, Hanum, H. L., Saman, M., Indriyani, W., Febriani, D. A., & Sugiyono, T. (2023). Penguatan Diferensiasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang Guna Optimalisasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.150

Ria, T. N., & Kurniati, L. (2023). PELATIHAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI GURU-GURU SMPN 4 DEMAK. JURNAL AWAM, 3(1).

Subekti, A. (2023). Supervisi Akademik Berbantuan Google Workspace for Education Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 57–70. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1045

Wang, L., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jagomipa Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Wardany, O. F., Sani, Y., Herlina, H., & Setyaningsih, S. (2023). Tantangan dan Kebutuhan Guru SDLB dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lampung. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 19(2).

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Haris, Muh. Ansarullah S. Tabbu, Muh. Rais Abidin, Ramli Umar, & Muh. Yusuf. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Model Pembelajaran Berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 47–53. Retrieved from https://journal.diginus.id/VOKATEK/article/view/354

Issue

Section

Articles