Design Alat Peraga IPA dan Kebermanfaatannya Berdasarkan Hasil Workshop Terhadap Alumni Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i2.376Keywords:
Design, Kebermanfaatan, Alat Peraga IPAAbstract
Penggunaan alat peraga IPA merupakan format pembelajaran yang mengintegrasikan pemahaman dan pemanfaatan IPA ke dalam rangkaian proses belajar mengajar sehingga siswa dapat secara mandiri memperoleh pengetahuan proses. Hasil penelitian yang didapatkan yakni respon alumni yang mengetahui tentang design alat peraga, yang menjawab sangat setuju sebesar 64,7%, yang menjawab setuju sebesar 29,4% dan yang lainnya tidak setuju. Dan respon alumni tentang kebermanfaatan alat peraga yang menjawab dengan berbagai respon positif yaitu salah satunya “bermanfaat untuk memudahkan dalam menyampaikan materi".


Downloads
References
Jamzuri, dkk. (2007). Design dan Pembuatan Alat Peraga IPA. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Pambudi, B., Efendi, R., B., Novianti, L., A., dkk. (2018). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28-33.
Retnanigsih, C. (2023). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Di Kelas IV SD Negeri 6 Buntok. Jurnal Saintifik (Multi Science Journal), 21(1), 17-24.
Yelianti, U., Anggraeni, E., & Asra, R. (2019). Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Biologi Bagi Guru-guru SMP Negeri 22 Kota Jambi dan SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 79-85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifda Nur Hikmahwati Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.