Peningkatan Jangkauan Pasar UMKM Waralaba Roti Eenaaak Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i2.457Keywords:
Culinary Bakery, digital marketing, food and beverage, Franchise Business, MSMEsAbstract
Mitra kegiatan pengabdian ini adalah Usaha Waralaba Roti Eenaaak Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masalahnya adalah: (1) kurangnya kesadaran dalam menggunakan fasilitas pemasaran digital oleh mitra, (2) kecenderungan konsumen yang lebih tertarik dengan pemasaran digital, (3) jumlah penjualan usaha makanan yang stagnan bahkan cenderung menurun dari hari ke hari, dan (4) mudahnya mengakses pemesan digital dengan biaya murah bahkan gratis. Metode kegiatan yang digunakan adalah: tutorial, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam mengimplementasikan pemasaran digital, (2) mitra dapat memasarkan produknya di media sosial.


Downloads
References
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal),6(2), 233-247.
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68-73.
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran digital marketing sebagai upaya peningkatan omset penjualan
bagi klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117-120.
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9 (1), 25-43.
Komalasari, D., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press, 1-83.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Paramita, A. (2024). Peningkatan Jangkauan Produk dengan Pemasaran Digital pada Usaha Jus Buah Toddoppuli. Jurnal Sipakatau: Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 18-22.
Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.
Sihombing, NS, Pardede, E., Sihombing, A., & Dewantara, N. (2022). PemasaranDigital. Penerbit Widina.
Syachbrani, W. (2020). Analisis Prospek Pengembangan Kunjungan Wisata Pantai Kabupaten Takalar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 280-287.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Warka Syachbrani, Nurafni Oktaviyah, Masdar Ryketeng, Irwandi Irwandi, Ahsani Paramita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.