Peningkatan Jangkauan Pasar UMKM Waralaba Roti Eenaaak Makassar

Authors

  • Warka Syachbrani Universitas Negeri Makassar
  • Nurafni Oktaviyah Universitas Negeri Makassar
  • Masdar Ryketeng Universitas Negeri Makassar
  • Irwandi Irwandi Universitas Negeri Makassar
  • Ahsani Paramita Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i2.457

Keywords:

Culinary Bakery, digital marketing, food and beverage, Franchise Business, MSMEs

Abstract

Mitra kegiatan pengabdian ini adalah Usaha Waralaba Roti Eenaaak  Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masalahnya adalah: (1) kurangnya kesadaran dalam menggunakan fasilitas pemasaran digital oleh mitra, (2) kecenderungan konsumen yang lebih tertarik dengan pemasaran digital, (3) jumlah penjualan usaha makanan yang stagnan bahkan cenderung menurun dari hari ke hari, dan (4) mudahnya mengakses pemesan digital dengan biaya murah bahkan gratis. Metode kegiatan yang digunakan adalah: tutorial, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam mengimplementasikan pemasaran digital, (2) mitra dapat memasarkan produknya di media sosial.

Abstract views: 120 , PDF downloads: 138

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal),6(2), 233-247.

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68-73.

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran digital marketing sebagai upaya peningkatan omset penjualan

bagi klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117-120.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9 (1), 25-43.

Komalasari, D., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press, 1-83.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Paramita, A. (2024). Peningkatan Jangkauan Produk dengan Pemasaran Digital pada Usaha Jus Buah Toddoppuli. Jurnal Sipakatau: Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 18-22.

Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Sihombing, NS, Pardede, E., Sihombing, A., & Dewantara, N. (2022). PemasaranDigital. Penerbit Widina.

Syachbrani, W. (2020). Analisis Prospek Pengembangan Kunjungan Wisata Pantai Kabupaten Takalar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 280-287.

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Syachbrani, W., Oktaviyah, N., Ryketeng, M., Irwandi, I., & Paramita, A. (2024). Peningkatan Jangkauan Pasar UMKM Waralaba Roti Eenaaak Makassar. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 118–123. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i2.457

Issue

Section

Articles