Edukasi Anti Bullying dan Penyebaran Hoaks Berbasis Perspektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v3i1.633Keywords:
Pengabdian Masyarakat, Bullying, Hoaks, Guru PAI, Islam, Literasi InformasiAbstract
Fenomena bullying dan penyebaran hoaks menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan, khususnya di era digital yang memungkinkan informasi tersebar secara cepat tanpa verifikasi. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam menangkal dampak negatif tersebut melalui pendidikan akhlak dan literasi nilai keislaman. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru PAI terhadap isu perundungan dan hoaks, serta membekali mereka dengan pendekatan pembelajaran berbasis perspektif Islam. Kegiatan dilaksanakan di Balai Pelatihan Keagamaan Provinsi dengan melibatkan 40 guru PAI sebagai peserta. Metode yang digunakan berupa pelatihan interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan refleksi pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta memperoleh peningkatan pemahaman tentang bentuk-bentuk bullying, prinsip ukhuwah Islamiyah, serta konsep tabayyun dalam menyikapi informasi digital. Sebagian besar guru juga menyatakan komitmennya untuk mengintegrasikan materi pelatihan ke dalam RPP dan aktivitas pembelajaran. Kegiatan ini membuktikan bahwa edukasi sosial berbasis nilai Islam mampu menjadi pendekatan yang efektif dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak, kritis, dan bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan era informasi.
Abstract views: 90
,
PDF downloads: 115
Downloads
References
Adima, M. F., Baharudin, Syafe’i, I., Zulaikha, S., Susilawati, B., & Shabira, Q. (2025). Digital Literacy Trends in Islamic Perspective in Higher Education: A Bibliometric Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(12), 1012–1026. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i12.9847
Azizah, M. N., Raihan, Aini, N., Herlangga, E., & Rosa, A. (2025). Telaah Etika Penyampaian Informasi Berdasarkan Hadis dalam Menanggulangi Hoaks di Masyarakat. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 158–164. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2644
Bahari, M., Judrah, Muh. J., Jamaluddin, J., & Muhsin, M. (2024). Implementasi Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Bullying. Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 5(1), 8–14. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v5i1.3188
Bustomi, A. A., Sholahuddin, A., Hariyanto, T., Suadi, & Rofik, A. (2023). ANTI HOAX AND MEDIA LITERACY IN PESANTREN IN THE POST-TRUTH ERA. International Journal of Humanities Technology and Civilization, 8, 99–108. https://doi.org/10.15282/ijhtc.v8i2.9859
Fauzi, A., & Muttaqin, A. I. (2024). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU VERBAL BULLYING. MUMTAZ : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 065. https://doi.org/10.69552/mumtaz.v3i2.2630
Fikri, L. H. (2023). Pendidikan Agama Islam dan literasi Media Sosial dalam Menghadapi Era Informasi Bagi Generasi Muda Indonesia. Journal of Education and Religious Studies, 3(3), 103–111. https://doi.org/10.57060/jers.v3i03.123
Kambali, K., Muslikh, M., Hidayat, A., & Abdurakhman, R. N. (2023). Religion in Cyberspace: Islamic Religious Education in Social Media. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01). https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3886
Latipah, E., Abdillah, abdillah, & Saehudin, S. (2025). Mengatasi Perundungan (Bullying) di Kalangan Siswa Berbasis Pendidikan Akhlak al-Ghazali. TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 44–60. https://doi.org/10.69768/jt.v3i1.66
Masykur, R., Irwandani, I., Aridan, M., Susilowati, N. E., & Soeharto, S. (2023). Developing and Validating E-Learning Module for Islamic Higher Education Digital Literacy in Preventing Hoax (EMODILPH). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 8(2), 341–355. https://doi.org/10.24042/tadris.v8i2.14549
Nurpriatna, A., Afifah, Y. A., & Shalehah, N. W. (2025). Pendidikan Islam dan Literasi Digital: Strategi Mengatasi Hoaks dan Konten Negatif di Kalangan Remaja Muslim. TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 104–113. https://doi.org/10.69768/jt.v3i1.71
Putra, H. R., Rohmani, A. F., & Abdulhakim, L. (2025). Empowering Muslim Adolescents through Progressive Islamic Digital Literacy to Combat Cyberbullying. Multicultural Islamic Education Review, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.23917/mier.v3i1.9916
Ramli, A., Dhahri, I., Solehuddin, M., Rahmah, S., Haris, M., & Lubis, F. M. (2023). The Urgency of Islamic Character Education to Anticipate Bullying Behavior in Boarding Schools. At-Ta’dib, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9823
Rizqi, S. A., Salsabila, S., Hafiansyah, M. B., & Rosyidi, M. (2024). Strategi Islam dalam Pencegahan Bullying Anak-Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.734
Sabila, A. T., & Mutrofin. (2023). Urgensi Peningkatan Kualitas Literasi Keislaman Melalui Digitalisasi (Studi Pada Followers Tiktok Da’i Muda Husain Basyaiban). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(1), 45–66. https://m.bisnis.com/amp/read/20230308/101/1apjii-pengguna-internet-di-indonesia-
Syahfitra, Y., Aripin, S., & Kandedes, I. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Masalah Bullying. Rayah Al-Islam, 7(3), 1514–1529. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.864
Yahya, M. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran di Wilayah Banyumas. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 609–616. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.317
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irwansyah Suwahyu, Muhammad Asriadi, Muhammad Fajar B., Syahrul, Nurul Mukhlisah Abdal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com