Pengabdian Mahasiswa Asistensi Mengajar Program Kampus Merdeka di SMK Negeri 2 Barru
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v3i2.636Keywords:
Asistensi Mengajar, Kampus Merdeka, SMK, Barru, PendidikanAbstract
Kegiatan asistensi mengajar di SMK 2 Negeri Barru merupakan program yang dilaksanakan sebagai bentuk penerapan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama masa studi di perguruan tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah serta memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa dalam mengajar dan berinteraksi dengan siswa di lingkungan pendidikan. Selama kegiatan ini, mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan pembelajaran, seperti menyampaikan materi pelajaran, memberikan penjelasan tambahan, serta melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa. Kegiatan asistensi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa, termasuk kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Selain itu, kegiatan ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berkolaborasi dengan guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif, serta membangun hubungan yang baik antara mahasiswa, guru, dan siswa. Dengan adanya kegiatan asistensi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SMK 2 Negeri Barru, sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik yang lebih profesional di masa depan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan feedback yang konstruktif baik bagi mahasiswa maupun bagi pihak sekolah untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Implementasi asistensi mengajar ini menjadi bagian dari upaya memperkuat hubungan antara dunia pendidikan tinggi dan pendidikan menengah dalam rangka menciptakan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Abstract views: 155
,
PDF downloads: 188
Downloads
References
Amalaia Adhani (2020)modul penelitian 2 (Kualitatif) (PSI 309) Metode Observasi dalam penelitian kualitatif
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sabana, M. dan Sunarti. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia; Berbagai Pendekatan, Metode Teknik dan Media Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Baso Riadi Husda, Aminuddin, Sudarmanto Jayanegara, Ahmad Rizal Abdullah, Dary Mochamad Rifqie, Dodi Saung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com