KANTIN (Kajian Rutin): Inovasi Pelatihan Menulis dan Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah UNM

Authors

  • Rudi Amir Universitas Negeri Makassar
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Negeri Makassar
  • Yolandika Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Nur Alamsyah Universitas Negeri Makassar
  • Marwan Ramdhany Edy Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v3i2.638

Keywords:

Karya Ilmiah, Participatory Action Research, Publikasi Akademik, Pengembangan, Budaya Akademik

Abstract

Pendidikan tinggi memegang peranan strategis dalam mencetak generasi intelektual. Namun, kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa masih menjadi tantangan utama yang dipengaruhi oleh minimnya pelatihan dan budaya literasi akademik. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Makassar menginisiasi program inovatif bernama KANTIN (Kajian Rutin) sebagai wadah pelatihan menulis dan publikasi ilmiah yang sistematis dan berkelanjutan. Program ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan 40 mahasiswa dalam kegiatan rutin mingguan berupa pelatihan, praktik menulis, diskusi, dan pendampingan publikasi. Hasil evaluasi menunjukkan 87,5% peserta mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis, mencakup perbaikan struktur penulisan, penggunaan bahasa akademik, dan teknik sitasi. Program ini menghasilkan 26 artikel, dengan 10 artikel dikirim ke jurnal nasional dan 4 di antaranya berhasil diterima untuk publikasi. Selain itu, program ini berhasil membentuk komunitas literasi akademik yang aktif dan kolaboratif. KANTIN terbukti efektif dalam membangun budaya akademik yang produktif, meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa, dan berpotensi menjadi model yang dapat direplikasi di lingkungan pendidikan tinggi lainnya.

Abstract views: 93 , PDF downloads: 55

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Gusty, S., Hidayat, A., Tandungan, E. S., Tikupadang, W. K., Ahmad, S. N., Tumbo, A., ... & Gustang, A. (2023). Merayakan kemerdekaan (Refleksi dosen dalam membangun generasi penerus bangsa). TOHAR MEDIA.

Karadona, R. I., & Sari, A. P. (2025). Nature-based school for strengthening Islamic character education: A case study from Indonesia. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 9(1), 21–34.

Khaerul, K. U., Asisah, N., Muttaqin, Z., Anam, M. M., & Aziza, R. R. (2022). Peningkatan kualitas taman pendidikan Al-Qur'an (TPQ) melalui metode participatory action research (PAR). Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 411–416.

Setiani, H. (2018). Analisis campur kode ujaran partisipan pada kegiatan kantin (kajian rutin) lembaga dakwah kampus (LDK) Baabussalam Untirta [Disertasi doktoral, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa].

Siswadi, S., & Syaifuddin, A. (2024). Penelitian tindakan partisipatif metode par (participatory action research) tantangan dan peluang dalam pemberdayaan komunitas. Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 19(2), 111–125.

Umayyah, U., & Ubaidillah, M. H. (2023). PAR (participatory action research): Pengelolaan sampah rumah tangga di lingkungan desa Kunjorowesi. Jurnal Abdidas, 4(6), 562–573.

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Amir, R., Rahmawati, R., Arsyad, Y., Alamsyah, M. N., & Edy, M. R. (2025). KANTIN (Kajian Rutin): Inovasi Pelatihan Menulis dan Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah UNM. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 112–117. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v3i2.638

Issue

Section

Articles