Program Kelas Hitung Hebat untuk Meningkatkan Penguasaan Perkalian Dasar Siswa Kelas VII
Keywords:
Kuliah kerja nyata tematik, Literasi numerasi, Perkalian dasar, Perkalian bersusun, Pelajaran interaktifAbstract
Penguasaan perkalian dasar 1–10 merupakan keterampilan numerasi penting yang harus dikuasai sejak sekolah dasar, namun sebagian besar siswa kelas VII SMPN 1 Lamuru masih menunjukkan kesulitan dalam mengingat dan menerapkan operasi perkalian. Program Kelas Hitung Hebat dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kemampuan tersebut melalui permainan, latihan berulang, penyetoran hafalan, bimbingan langsung, dan pengenalan perkalian bersusun. Kegiatan dilakukan selama lima pertemuan yang melibatkan 27 siswa dengan evaluasi berupa pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 51,11 pada pre-test menjadi 86,48 pada post-test, yang menandakan adanya peningkatan numerasi yang signifikan. Selain itu, program ini berdampak positif pada sikap siswa berupa peningkatan kepercayaan diri dan keaktifan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, program ini terbukti efektif dalam memperkuat kemampuan numerasi dasar siswa dan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang membantu mereka lebih siap menghadapi materi matematika selanjutnya.
Abstract views: 24
,
PDF downloads: 10
Downloads
References
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370–2376.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224
Barokah, A., Wiharja, A., Sekarwangi, D. P., & Khoerunnissa, V. (2024). Studi Literatur: Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Game pada Materi Perkalian di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13330–13338. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14669
Damaiyanti, D. S., Jaza, D. A., Kintoko, & Santoso, E. (2022). Pelaksanaan Kegiatan Numerasi Menggunakan Metode Jarimatika Pada Siswa Sekolah Dasar Program Kampus Mengajar Angkatan 4. Indonesian Journal Of Community Service, 2(4), 422–427.
https://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/221
Hamda, H., Wahyullah, A., & Nasrullah, N. (2025). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Numerasi ditinjau dari Gaya Belajar. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 4(3), 183–195.
https://doi.org/10.53696/venn.v4i3.295
Hasibuan, K. N., Irawan, W. H., & Abdussakir, A. (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Operasi Perkalian Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1668–1674. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2400
Hermini, T. (2025). Inovasi Metode Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kesejahteraan Emosional Siswa di UPTD SDN 30 Sungailiat. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(2 Mei), 2248–2258. https://ipssj.com/index.php/ojs/article/view/313
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68.
https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Kulimbang, E., Maniboey, L. C., & Efendi, R. (2025). Deskripsi Konsep Perkalian sebagai Penjumlahan Berulang. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 4(1), 22–34.
https://doi.org/10.62388/prisma.v4i1.541
Kurniati, N., Prabawanto, S., & Haeruddin, H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Terhadap Konsep Perkalian Beserta Rekomendasi Desain Pembelajaran Konsep Perkalian. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1703–1714. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.13968
Lisa, D., Nasution, M., Siregar, T., Harahap, A., Zainuddin, Z., & Amir, A. (2024). Penggunaan Permainan Edukatif: Suit Perkalian dalam Pembelajaran Matematika. CENDEKIA : Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.62335/wh0cpn12
Maulinisa, D. N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Matematika, 47–58.
https://doi.org/10.18592/jpm.v10i1.10248
Naufal, N., Kurnia, S., Khairunnisa, A., Sadiah, L. H., Hidayati, N., Ariati, C., Elsa, H. A., & Suhendra. (2023). Pembelajaran Operasi Perkalian Menggunakan Metode Jarimatika dan Lidimatika. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1), 47–54. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1218
Nufus, H., Sudi Prayitno, Baidowi, B., & Turmuzi, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 246–259. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.133
Pemu, N. (2023). Deskripsi kesempatan belajar literasi matematika siswa kelas VIII tingkat SMP: Description of opportunities to learn mathematical literacy for class VIII junior high school level students. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33506/jme.v1i2.2862
Putri, N. T. A., & Sya, M. F. (2025). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Operasi Perkalian Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 4(8), 5917–5925.
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i8.19007
Rohim, M. A. M., Theis, R., & Anwar, K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Masalah Berdasarkan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 388–396. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1549
Sarumaha, R. (2020). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian dengan Metode Latis Di Kelas VII Smp Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1608
Siregar, N. A., Harahap, N. R., & Harahap, H. S. (2023). Hubungan antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di MTs Alwashliyah Pantai Cermin. Jurnal Ilmiah Edunomika, 7(1), 1–13. https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/8307
Tri Lestari, R., Adrias, A., & Putri Zulkarnaini, A. (2025). Analisis Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perkalian di Sekolah Dasar. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i2.471
Wahyuni, S., & Darmawan, P. (2023). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa dan Solusinya: Penerapan Metode APKL dan Diagram Fishbone. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 3(1), 49–71. https://doi.org/10.51574/kognitif.v3i1.745
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nasrullah Pemu, Nurul Qalbi Rahman, Musyawir, Nur Rahmah Yunita Abar, St. Nurhilmah Busrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com